Sosial media merupakan salah satu media yang paling berpengaruh dalam membangun sebuah bisnis.

Dan Instagram adalah sosial media yang paling populer dan memerlukan strategi pemasaran yang berbeda.

Jika Anda pengguna Instagram, maka mulai sekarang pelajari apa saja strategi yang tepat untuk mengembangkan “brand” Anda sendiri.

Lantas, bagaimana cara menciptakan strategi Instagram marketing yang tepat?

Tentukan Target Pasar Anda

Tentukan target pasar yang ingin Anda jangkau sebelum Anda mulai melakukan pemasaran di Instagram. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor lainnya, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, minat, dan sebagainya.

Tapi, bagaimana caranya? 

Pertama, Anda bisa menggunakan hashtag yang berkaitan dengan bisnis Anda. 

Lalu, lihat siapa saja yang menggunakan hashtag tersebut dan lihat profilnya. 

Kedua, Anda juga dapat mengikuti beberapa followers dari kompetitor Anda. 

Itulah 2 cara menambah follower Instagram tertarget.

Baca juga: 6 Pola Menaikkan Engagement Dan Followers Di Instagram

Melakukan Analisis Anda Sendiri

Setelah Anda menentukan target pasar Anda, lakukan analisis Anda sendiri untuk melihat apa yang diposting oleh kompetitor Anda.

Jika Anda sudah tahu kompetitor utama Anda, mulailah mempelajari profil Instagram mereka. 

Seperti, postingan apa saja yang memiliki engagement tertinggi, hashtag apa yang mereka gunakan, apa caption mereka, seberapa sering mereka memposting, dan seberapa cepat bisnis mereka berkembang. 

Informasi ini dapat berfungsi sebagai patokan saat Anda mulai mengembangkan akun Anda sendiri.

Anda bisa mencatat setiap peluang yang mungkin mereka lewatkan. 

Membuat Schedule Post

Dalam seminggu rata-rata akun bisnis bisa memposting sekitar enam gambar dan lebih dari 300 postingan per tahun.

Dengan begitu, Anda akan sulit untuk mencari apa yang perlu Anda posting dan apa yang sudah diposting.

Untuk mengurangi hal tersebut, Anda bisa membuat schedule post yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan mengelola postingan Anda. 

Namun, membuat schedule post secara manual hanya akan memakan banyak waktu.

Lantas, apakah ada cara praktis untuk membuat schedule post?

Tentu saja ada.

Anda bisa menggunakan Amelia.id.

Apa itu Amelia.id?

Amelia.id adalah software Instagram marketing yang dimana semua kebutuhan Anda untuk meningkatkan followers dan orderan.

Bukan hanya bisa menjadwalkan postingan, tapi juga bisa mengotomatisasi semua kegiatan akun Instagram Anda.

Seperti, auto follow, auto unfollow, auto DM, auto like, auto repost, user research dan hashtag research.

Selain itu, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dibandingkan dengan software lain.

  • Mengelola banyak akun Instagram dalam satu tempat sehingga Anda tidak perlu membuka banyak aplikasi
  • Meningkatkan traffic sehingga mendatangkan pembeli potensial
  • ​Posting lebih mudah dari komputer sehingga tidak harus repot upload dari handphone
  • ​Schedule otomatis sehingga tidak perlu upload berkali-kali tiap jam
  • Harga yang terjangkau
  • Tim customer service yang siap membantu Anda

Nah, praktis bukan?

So, langsung aja klik disini untuk melihat bagaimana Amelia bisa membantu bisnis Anda.

Baca juga: Tool Instagram Marketing | Ada 5 Yang Wajib Untuk Bisnis Anda

Membangun Bisnis Anda Secara Konsisten

Untuk bisa membangun sebuah bisnis itu memang tidak mudah.

Konten yang tidak beraturan menjadi faktor utama Anda kehilangan banyak followers

Untuk mencegah hal tersebut, maka pertahankan konten Anda secara konsisten.

Tentukan terlebih dahulu seperti apa kepribadian dari “brand” Anda sendiri. 

Seperti, template, warna, gaya tulisan, desain, dan sebagainya.

Tentu saja hal ini dapat membantu “brand” Anda untuk dikenali dan meningkatkan followers.

Baca juga: Bingung Membuat Konten Di Instagram?

Memancing Pembeli

Memancing ikan saja perlu umpan. 

Nah, sama halnya dalam memancing pembeli pun Anda perlu umpan.

Lantas, apa umpan yang tepat untuk memancing pembeli? 

Promosi

Sale, diskon, free, buy 1 get 1, dan penawaran lainnya adalah cara yang terbaik untuk memancing calon pembeli Anda. 

Pastikan, penawaran yang Anda berikan memiliki value

Giveaway 

Apa cara yang tepat untuk memancing calon pembeli Anda? 

Yap, salah satunya dengan menjalankan giveaway.

Pastikan yang mengikuti giveaway ini memenuhi syarat yang telah Anda tentukan.

Seperti, tag ke beberapa teman, spam komentar, repost, dan sebagainya.

Membuat Teaser

Anda bisa membuat teaser untuk menunjukkan kepada calon pembeli Anda tentang produk Anda secara sekilas.

Anda bisa posting teaser tersebut di feed maupun Instagram story.

Baca juga: Tips Membuat Instagram Story Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Siaran Langsung

Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur di Instagram, yaitu Siaran Langsung atau Instagram Live untuk menampilkan produk baru. 

Lalu, arahkan calon pembeli Anda untuk klik link di bio jika mereka ingin membeli.

Nah, itulah beberapa cara menciptakan strategi Instagram marketing yang tepat.

Optimalkan semua strategi tersebut agar bisnis Anda cepat berkembang.

So, selamat mencoba.

Eitss, tapi sebelum itu, jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media yang Anda punya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.