Membuka usaha yang berkaitan langsung dengan penjualan memang membutuhkan niat yang besar. Apa lagi untuk penjualan yang memang harus memiliki modal dan keberanian untuk tetap maju dan berkembang. 

Tentunya beberpa orang sudah melakukan berbagai cara agar bisnis dan produknya di akui dan kenal banyak orang.

Salah satu caranya dengan melakukan promosi, baik promosi dalam metode online atau offline. Namun di era yang serba digital ini, para pelaku bisnis lebih suka melakukan promosi dengan metode online.

Mereka mempromosikan bisnisnya melalui sosial media. Sosial media yang sedang nge-trend untuk berbisnis adalah instagram. Instagram terbukti memiliki peluang yang lebih banyak untuk menaikan penjualan Anda. 

Dalam sistem pertemanan di Instagram, followers adalah segala-galanya. Tanpa followers , sekeren apa pun sebuah foto atau video yang Anda bagikan akan percuma karena siapa yang mau lihat.

Faktanya, followers memang jadi yang pertama kali melihat konten yang Anda posting, berinterkasi dengan cara memberikan like, komentar, repost dan berpotensi membeli produk dagangan Anda.  

Salah satu kesuksesan berbisnis di instagram adalah dengan memperbanyak followers di akun instagram toko online Anda.

selain itu followers yang tertarget memberikan dampak yang positif dan lebih jelas di bandingkan dengan followers pasif

Pengguna instagram lebih tertarik pada akun instagram yang memiliki design feed yang menarik, rapih, dan unik. Sebuah konten menjadi hal terpenting jika Anda ingin menarik followers lebih banyak lagi. 

Anda adalah identitas akun instagram bisnis online Anda, jadi utamakan hal tersebut untuk membuat konten yang menarik followers tertarget untuk bisnis online Anda. 

Tentu saja yang di maksud dengan followers ini bukan followers yang sembarangan, yang bisa Anda beli yang kebanyakan zonk atau palsu. Sebaik-baiknya followers adalah mereka yang real dan tertarget. 

Lalu bagaimana caranya mendapatkan followers yang real dan tertarget? Baca artikel ini sampe selesai lalu Anda akan menemukan jawabannya. 

Lakukan hal ini untuk menambahkan followers secara tertarget. 

1. Memahami target

Cara untuk mendapatkan followers yang tertarget, Anda harus memahami target yang akan di lakukan peningkatkan pengikut.

kemudian Anda mulai untuk menetapkan target followers baru Anda sesuai dengan bisnis dan produk yang Anda jual. Anda juga bisa mengambil followers dari kompetitor Anda yang mempunyai brand besar dan terkenal.

Kenapa boleh mengambil followers dari kompetitor? Karena disana ada kumpulan calon konsumen tertarget Anda. Anda bisa mem-follow akun-akun tersebut dari kompetitor yang sesuai dengan target Anda.

dalam mencari followers yang tertarget, Anda juga harus tau dan fokus pada tujuan Anda, ini memudahkan Anda lebih cermat dalam memilih followers yang akan Anda targetkan.

2. Cari follower dari Suggested Users

Disini Anda akan mencari buyer persona, yaitu orang yang mirip dengan target yang Anda  incar.

Tak sekedar followers kompetitor yang masih cukup umum, suggested users adalah followers kompetitor yang punya ketertarikan betulan dengan produk yang mereka jual.

Untuk menemukannya, Anda buka salah satu postingan jualan dari kompetitor yang punya banyak komentar.

Kemudian cari orang-orang yang punya buying interest seperti nanya harga, nanya cara order, nanya model, nanya kontak dan sejenisnya.

Jika sudah ketemu, sebaiknya Anda pilih yang akun tidak di private lalu follow akun tersebut. Setelah follow, Anda dapat mencari suggested users dengan klik tombol panah yang ada di sebelah profile-nya.

ini suggested user yang di maksud, Anda bisa follow akun-akun tersebut.

Baca juga : Strategi Meningkatkan Engagement Di Instagram.

3. Cari followers dari hashtag

Manfaatkan hashtag dengan baik dan menggunakannya dengan cerdas, karena hashtag merupakan hal yang sangat penting di instagram.

bukan hanya sekedar untuk membumbui setiap postingan dengan hashtag yang tepat dan relevan,

Namun hashtag yang Anda gunakan juga harus menarik. Gunakan kata-kata yang berbeda dan melakukan pencarian untuk melihat apa yang di sarankan instagram untuk hashtag dengan volume yang lebih tinggi.

Semakin spesifik hashtag-nya semakin bagus, dan semakin banyak orang yang bisa Anda follow dari penggunaan hashtag tersebut.

Dalam penggunaan-nya Anda bisa menggunakan hashtag yang relevan yang sudah ada sebelumnya. Maksimal 15 sampai 20 hashtag dalam satu postingan sudah cukup efisien.

Anda juga harus ingat, patokan atau ukuran hashtag yang Anda cari harus cocok dengan followers yang Anda targetkan. Sehingga Anda dapat menemukan postingan-postingan yang berhubungan dengan target Anda.

Misalkan :

Jika Anda memiliki instagram tools atau software instagram bisnis online, maka target Anda adalah mereka yang memiliki bisnis, dan Anda bisa mencari target menggunakan hashtag bisnis dengan mudah.

Hal yang berbeda jika Anda menjual kosmetik, mencari target dengan hashtag justru akan memunculkan kompetitor Anda. Alih-alih follow follower tertarget, Anda malah akan follow kompetitor Anda.

Strategi Membangun Engagement Instagram Yang Efektif Dan Powerfull : Baca Disini.

4. Memberikan give away yang menarik

Untuk menambah followers intagram tertarget, Anda bisa melakukan give away produk Anda melalui akun instagram Anda atau akun-akun instagram yang sudah terkenal.

Kemudian buat rules semenarik mungkin, salah satu cara yang bisa Anda gunakan seperti peserta giveaway harus mem-follow akun instagram Anda terlebih dulu untuk tau informasi atau aturan give away-nya.

Anda juga bisa melakukan endorse ke beberapa selebgram atau artis terkenal untuk menarik hati konsumen.

Karena followers selebgram atau artis yang banyak akan membantu Anda dalam mempromosikan produk Anda.

Selain produk Anda semakin naik daya tariknya, besar kemungkinan followers selebgram tersebut juga akan mem-follow akun instagram Anda.

Baca juga : Perhatikan Hal Ini,Sebelum Meminta Endorsement Ke Selebgram/Influence

5. Membuat target market

Membangun target market juga merupakan salah satu cara menambah followers instagram tertarget. Siapkan beberapa foto atau video menarik untuk anda posting di akun instagram anda.

Setelah anda selesai memposting foto atau video dengan konten yang menarik dan sesuai dengan produk yang anda jual, cari target market untuk anda follow terlebih dulu.

Lakukan hal tersebut secara rutin dan teratur. Follow target market anda sekitar 20 akun,  dengan konten yang menarik mereka akan senang hati mem-follback Anda di lain waktu.

6. Posting Konten secara teratur

Jika Anda ingin membangun akun dengan pengikut paling banyak di Instagram, penting juga untuk memposting konten yang menarik secara teratur.

Bisnis skala besar atau pun kecil sangat di anjurkan untuk melakukan promosi besar-besaran untuk memperkenalkan produknya ke dunia.

Salah satu caranya dengan membuat konten yang berkaitan dengan bisnis yang dikelola.

Kemudian memposting konten tersebut secara teratur beberapa kali dalam seminggu dengan desain dan isi konten yang berbeda dan kreatif.

Anda tidak perlu menghabiskan budget yang besar untuk menciptakan konten Instagram yang mantap dan menarik.

Cukup dengan smartphone Anda dengan teknik pengambilan gambar yang tepat, sebuah foto yang indah dan menarik dapat Anda dapatkan.

Anda juga bisa mengedit foto yang Anda ambil sendiri untuk menambah daya tarik foto produk Anda.

dan pastikan melalui foto atau video yang Anda posting memberikan ciri khas yang harus orang lain tau dari produk Anda.

Mau tau Cara Membuat Studio Mini Untuk Foto Produk : Baca Disini.

Anda harus ingat ini sebagai acuan Anda dalam membuat konten yang akan Anda posting ke ke instagram. Promosi di media Instagram memang cenderung hard-selling, dengan memposting foto produk setiap hari.

Namun jika hal ini yang Anda lakukan, maka Anda akan kehilangan kesempatan untuk menghasilkan engagement.

Buatlah variasi postingan di akun Instagram Anda dengan gambar yang relevan dengan tema yang menjadi fokus Anda.

selain produk Anda sendiri. Anda juga bisa membuat konten testimoni dari customer yang telah menggunakan produk Anda.

7. Bangun interaksi dengan followers Anda

Berinteraksi dengan followers Anda atau calon followers adalah salah satu cara terbaik untuk membangun followers Anda.

Cari topik yang relevan dengan bisnis Anda dan menyukai foto yang diposting orang lain. Jangan mengandalkan konten Anda sendiri untuk menarik followers baru.

namun jadilah bagian dari percakapan yang lebih besar yang terjadi di seputar hal-hal yang penting bagi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan followers terbanyak di Instagram, Anda perlu berkomentar dan menyukai postingan followers lain sehingga mereka menyadari bahwa Anda adalah seorang yang menguasai di bidang tersebut.

Dalam berinterkasi dengan followers Anda, Anda bisa memanfaatkan stiker-stiker yang ada di instagram stories sebagai sarana Anda untuk membangun engagement yang lebih tinggi.

Stiker-stiker yang bisa Anda gunakan seperti, stiker kuis, ask me a question, polling dan masih banyak lagi. Gunakan stiker-stiker tersebut sesuai dengan kebutuhan konten Anda.

kreasikan semenarik mungkin konten yang akan Anda buat di instagram stories dengan menggunakan stiker-stiker tersebut.

Baca juga : 11 Tips Mengatasi Usaha Yang Sepi Biar Ramai Lagi

Sebaik-baiknya akun instagram bisnis online Anda adalah yang memiliki banyak followers yang real dan tertarget, semakin banyak followers yang di miliki instagram Anda.

maka semakin banyak konsumen dan calon konsumen yang percaya dengan toko online Anda.

selain cara-cara di atas yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan followers lebih banyak, Anda juga bisa menggunakan bantuan dari software instagram Indonesia untuk mendapatkan followers tertarget.

Banyak sekali software instagram indonesia yang menawarkan jasa menaikan followers instagram secara tertarget.

Namun untuk menghindari followers yang fake, ada baiknya Anda membuat konten yang lebih kreatif sehingga dapat menarik banyak followers real.

Anda bisa mempelajari cara membuat konten yang menarik di kelas ini

Tidak hanya itu kelas ini juga memberikan banyak keuntungan dan kemudahan untuk Anda.

Anda juga bisa memahami algoritma instagram yang suka berubah-ubah dengan mudah.

Untuk mendapatkan followers yang lebih banyak dan tertarget sebaiknya Anda menggunakan cara-cara nyata yang memang sudah terbukti hasilnya.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.