Instagram merupakan sosial media yang sangat booming belakangan ini, bahkan banyak orang yang rela uninstall aplikasi path dan snapchat karena merasa cukup dengan instagram yang sudah memenuhi semua kebutuhan bersosial medianya.

Namun ternyata masih banyak orang yang menggunakan instagram hanya untuk bernarsis ria, kemudian saat ada hasrat untuk berbisnis, mereka belum mengetahui cara yang baik dan benar, akhirnya melakukan banyak kesalahan pada akun jualannya.

Sehingga akun untuk jualannya tidak bertambah followers sama sekali dan juga tidak ada penjualan terjadi dan menyebabkan income-nya tidak bertambah. Boro-boro bertambah, closingan saja tidak ada hehehe….

Jika yang Anda lakukan tidak ada perubahan sama sekali berarti ada kesalahan yang Anda lakukan di akun jualan instagram Anda. Janganlah melakukan hal yang sama untuk berharap hasil yang berbeda!

Baca juga: 3 Keuntungan Akun Profil Bisnis Instagram Untuk Berjualan

Ada beberapa kesalahan yang menghambat penjualan Anda di sosial media instagram. Oleh sebab itu ada 5 hal yang perlu Anda hindari agar tidak melakukan kesalahan di Instagram, yaitu:

1. Spamming (komentar sampah)

spam instagram

Masih banyak akun onlineshop yang melakukan spamming ke akun-akun besar seperti selebgram atau artis, cara ini sangat tidak elegan dan mengganggu banyak pemilik akun. Anda mungkin sering melihat ada komen di akun selebgram seperti ini “mampir kaka… lagi ada diskon nih kaka…” hehe

Cara seperti itu tidak akan berefek pada jualan Anda, yang ada justru tidak berkah disebabkan mengganggu orang dan juga terlihat seperti onlineshop abal-abal yang hanya sekedar mencari perhatian. Oleh sebab itu, hindarilah cara nyampah ini, onlineshop Anda tidak ingin terlihat seperti sampah bukan?

Untuk mendapatkan followers yang berkualitas, cara Anda pun juga harus elegan dan profesional.

2. Jeda Posting

Niat Anda mungkin berjualan dan mendapatkan keuntungan, tapi harus diperhatikan frekuensi posting Anda, baik di lini masa maupun di stories. Jangan terlalu sering posting, karena hal itu bisa mengganggu followers Anda dan sangat beresiko besar di unfollow oleh mereka.

Mungkin Anda pernah melihat orang dengan update IG Stories hingga garis diatas seperti titik titik, sangat membosankan bukan melihatnya? Jika Anda tidak ingin dianggap membosankan, maka hindari terlalu sering update di Instagram. Berikanlah jeda yang cukup agar feed dan IG stories Anda diminati banyak orang.

3. Beli Followers (yang tidak aktif)

Anda tentu pernah ditawari untuk membeli followers supaya terlihat banyak dan ujungnya orang-orang akan ikut follow Anda. Ini merupakan salah satu strategi Instagram marketing yang kurang tepat dan telah dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya memang benar, tapi yang ada jumlah pembeli Anda tidak akan meningkat. Karena sama saja dengan membohongi diri sendiri.

cara mendapatkan follower instagram

 

Untuk apa membeli followers palsu yang tidak pernah berinteraksi sama sekali. Bukankah itu sama seperti boneka pajangan yang tidak akan berpengaruh pada apapun?

4. Enggan Berinteraksi

Saya perhatikan banyak onlineshop yang minim respon terhadap pertanyaan followers di kolom komentar atau pesan langsung, meskipun orderan Anda banyak luangkanlah waktu untuk membalas mereka. Atau Anda juga bisa menekankan di gambar yang diuanggah bahwa respon cepat hanya melalui WhatsApp atau LINE, supaya mereka lantas paham akan hal tersebut. Sehingga bisa memaklumi dan tau apa yang mesti dilakukan.

interaksi di instagram

Saya hanya berniat mengingatkan, salah satu perhitungan algoritma instagram agar feed Anda muncul di followers Anda salahsatunya adalah dengan membangun interaksi Anda dan followers. Jika interaksi Anda dengan followers sangat kurang, maka bersiaplah upload-an Anda tidak akan muncul di news feed mereka.

Baca juga: Strategi Membangun Engagement Instagram Yg Efektif Dan Powerfull

5. Tidak Menggunakan Penanda Pagar (Hashtag)

instagram hashtag

Penanda Pagar ‘#’ mendefinisikan sebuah kata kunci di instagram, demikian halnya saat Anda sedang mengetikan kata kunci di Google. Fungsi ini sangat fital dan berpengaruh besar saat ada orang yang mencari produk Anda.

Semoga 5 kesalahan berjualan di Instagram ini bisa dihindari agar penjualan di bisnis Anda bisa melaju pesat.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.