Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang ramai digunakan oleh kalangan anak muda. Setelah diambil alih oleh facebook, memang banyak gebrakan baru yang dilakukan di instagram dan semakin membuat penggunanya betah menggunakan sosial media ini.

Saya sudah pernah membahas perubahan algoritma Instagram disini. Salah satu penyebab postingan anda dilihat oleh banyak orang adalah “engagement” atau tingkat interaksi pada postingan Anda.

By the way, salah satu penyebab interaksi anda terbangun selain foto dan video yang anda posting adalah “caption” yang anda buat. Terdapat beberapa cara untuk membuat caption di Instagram supaya engagement/ tingkat interaksi anda dan followers meningkat pesat.

Berikut saya jelaskan caranya:

1. Tulislah Caption Yang Sedikit Namun Penuh Makna

Saya bukan mengkambing hitamkan anda yang membuat caption kereta api. Namun demikian,  pengguna lebih menyukai caption yang singkat, padat dan bermakna. Tentu saja makna disini adalah yang bisa dirasakan oleh followers Anda. Bisa berisi informasi yang bermanfaat untuk mereka, bisa juga berisi tentang sesuatu yang kena di hati mereka sehingga mereka merasa ‘ini caption gue banget.’

Dengan caption seperti ini, akan mengundang banyak suka dan komentar dalam lini masa instagram Anda.

2. Ditutup Dengan Kalimat Tanya

Untuk memancing banyak komentar, pancinglah followers anda dengan kalimat tanya. Anda bisa mengupload dua produk dengan jenis yang sama tapi desain yang berbeda, kemudian dilanjutkan dengan caption seperti ini “Anda lebih suka yang kanan atau kiri?”.

Anda juga bisa membuat pertanyaan lain yang mengundang komentar lebih banyak dari biasanya. Karena dengan kalimat tanya, followers Anda akan terpancing untuk menjawab dan ikut berinteraksi dengan anda. Kemudian jika mereka sudah komentar, balaslah komentar mereka agar terjadi interaksi yang lebih intens.

3. Berikan Penanda Pagar

Seusai menulis caption yang sesuai, buatlah hashtag yang sesuai pula dengan postingan anda, tidak perlu terlalu banyak, karena instagram sekarang membatasi penggunaan hashtag dalam sebuah postingan.

Dengan hashtag yang cocok dan ringkas akan memberikan efek elegant status anda dan juga saat ada orang yang mencari hashtag tersebut dan menyukai foto anda, maka dia akan like dan mungkin akan ikut mengomentari juga postingan tersebut.

4. Gunakan Emoticon/ Emoji

Emoji menjadi sarana yang cukup penting untuk membuat caption yang kamu buat terlihat manis, lucu dan menguatkan kesan kamu sedang adalah orang yang ramah.

Penggunaan emoji-emoji ini juga harus sewajarnya. Jangan terlampau banyak. Emoji ini berfungsi sebagai penguat pesan. Misalnya, anda menulis tentang kesedihan anda, maka di akhir kalimat itu ditambahkan emoticon sedih dan sebagainya.

5. Hati-hati Dengan Kekeliruan Pengetikan

Setelah membuat caption, bacalah ulang untuk meminimalisir tulisan yang typo. Anda tidak ingin pesan yang anda sampaikan meleset dimata followers anda bukan? Jadi telitilah caption anda sebelum diposting, karena akan dilihat banyak orang.

6. Buat Tulisan Terputus

Kalau anda ingin membuat followers anda penasaran, buatlah kata-kata diawal yang mengundang orang penasaran, kemudian berikanlah titik-titik dan enter ke bawah sedikit agak banyak. Hal tersebut akan mengundang orang untuk klik ‘see more’ agar bisa membaca caption anda yang menarik itu.

Dengan begitu, maka interaksi anda akan terbangun dengan baik. Tentu saja caption anda harus bagus dan bermanfaat agar orang tidak menyesal telah penasaran dengan caption anda hehehe…

7. Ubah Suaikan Caption Dengan Foto dan Video

Caption adalah pendukung foto atau video yang diupload di instagram. Jadi antara apa yang diunggah dengan caption yang dibuat harus seiring, tidak boleh berseberangan.

Jadi, sesuaikan caption instagram yang kamu buat dengan nuansa, suasana dan pesan yang ingin disampaikan foto atau video yang kamu unggah.

Semoga 7 cara membuat caption di instagram ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.