Sebelum meraih kesuksesan dalam beriklan di instagram maupun facebook, semestinya pebisnis dianjurkan terlebih dahulu untuk melakukan split test yang gunanya untuk mengetahui campaign dan interest mana yang sesuai dengan produk mereka. Meski demikian walaupun setelah split test berulang-ulang, masih banyak saja pengusaha atau pengiklan yang terus merugi dan belum untung (profit).

split test iklan

Jika Anda merasa iklan Anda terus boncos, baiknya coba evaluasi. Jangan-jangan Anda masih memiliki kesalahan seperti di bawah ini :

1. Terlalu Cepat Menyerah Saat Split Test

Dalam split test tahap awal, tentunya tidak ada jaminan iklan Anda segera profit. Terkadang dibutuhkan usaha berlebih untuk menemukan winning campaign. Jika Anda terlalu cepat menyerah, bagaimana Anda bisa menemukan winning campaign tersebut? Saya sarankan jangan cepat menyerah saat split test (jangan baperan..hehe). Albert Leonardo saja membutuhkan waktu 10 bulan untuk menemukan campaign yang profit.

2. Kurang Bersemangat Membuat Gambar
Atau Video Yang Menarik

Tidak bisa fotografi maupun videografi semestinya tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak membuat konten gambar atau video yang bagus dan menarik untuk iklan Anda. Coba perhatikan bagaimana video atau gambar yang bagus untuk sebuah iklan. Jika gambar atau video Anda masih kurang bagus, tentunya niat dan usaha untuk merubahnya menjadi lebih berkualitas adalah sebuah kewajiban yang tak terelakan. Software, aplikasi editing, dan jasa videografer atau fotografer sudah banyak bertebaran (outsource). Tinggal tergantung kita saja yang mau lebih aktif untuk menggunakannya atau tidak.

3. Enggan Melakukan Research Apakah Produk Tersebut Laris Dijual Atau Tidak?

Tidak semua produk laku dijual di Facebook atau Instagram. Ada jenis produk tertentu yang laku dijual di Facebook tapi tidak laku ketika dijual di Instagram, ataupun juga sebaliknya. Jika produk Anda tidak laku dijual di Facebook, ya jangan memaksakan diri untuk berjualan di sana. Percuma Anda split test dengan beragam cara jika pangsa pasar Anda tidak ada di sana.

4. Belum Memahami Copywriting Yang Baik

Copywriting memang tidak bisa langsung mahir. Diperlukan latihan terus menerus untuk mengasah skill kita. Jadi, mau tidak mau harus tetap ditingkatkan. Cobalah cek dan evaluasi kembali jika iklan Anda masih sering boncos, jangan-jangan teknik copywriting Anda masih kacau atau kurang menarik. Juga bergurulah kepada pakar copywriting yang sukes dalam membuat konten untuk online marketing. Coba intip-intip cara penulisan campaign bisnis lain yang menurut Anda copywriting-nya bagus. Siapa tahu ada inspirasi baru yang bisa dipelajari dari sana.

5. Jarang Belajar Segala Hal Tentang Cara Beriklan

Tidak bisa dipungkiri, dalam beriklan dan berbisnis kita harus banyak-banyak menimba ilmu. Baik dari teman, mentor, buku ataupun seminar. Begitu juga ketika Anda bermain Facebook Ads. Jangan nekad untuk berjalan sendiri. Cobalah cari teman yang bisa diajak sharing supaya bisa bertukar pikiran. Jangan lupa juga untuk selalu belajar kepada orang yang lebih ahli. Follow semua akun social media mereka dan rajin-rajinlah membaca blog atau video yang mereka buat.

Demikian 5 hal yang perlu diperhatikan untuk evaluasi project iklan anda di facebook dan instagram. Semoga menginspirasi!

Baca juga: 4 Manfaat Penting Instagram Ads yang Perlu Diketahui Pebisnis Online

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.