Para pebisnis online tentu ingin agar produk mereka dapat terjual dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Bahkan sebagian besar dari mereka tidak segan mengeluarkan biaya hingga jutaaan rupiah hanya untuk sekedar keperluan promosi.

Teknik promosi yang saat ini sedang populer adalah endorsement. 

Biasanya endorse diberikan kepada artis yang sering muncul di layar TV. Memang, kebanyakan artis mematok tarif yang tinggi. Apalagi jika artis itu mempunyai follower yang sudah banyak di akun instagramnya. Maka, harganya akan semakin mahal!

Mengenal Selebgram Dengan Lebih Dekat

Untuk Anda yang baru terjun di dunia bisnis online dan tertarik untuk mencoba sistem endorsement, Anda tentu akan berpikir dua kali ketika menghabiskan banyak biaya hanya untuk endorse ke artis.

Kini Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak akun terkenal di Instagram dengan jumlah like dan follower tidak kalah banyak dibandingkan artis. Biasanya mereka disebut sebagai selebritis instagram atau selebram.

Para pemilik akun selebram ini tidak berasal dari artis terkenal tetapi orang biasa yang mempunyai keunikan pada setiap posting fotonya. Yang terpenting, harga yang dipatok juga tidak semahal artis. Berikut ini adalah beberapa teknik untuk riset artis atau selebgram untuk promosi;

1. Pelajari Profil Selebgram

Sebelum mulai melakukan endorse, pelajari lebih dulu bagaimana karakter selebgram yang akan dipilih. Sesuaikan jenis produk yang ditawarkan dengan selebgram tersebut. Contohnya, jika Anda menawarkan produk berupa jilbab, pilihlah selebgram yang berhijab atau mempunyai style hijab yang selalu up to date.

2. Periksa Koleksi Foto Selebgram

Selebgram dituntut untuk menjadi pribadi yang unik dan kreatif agar dapat meningkatkan jumlah follower mereka. Kreativitas para selebgram dapat dilihat dari foto – foto yang mereka unggah di akun Instagram. Bila hasil foto mereka terlihat bagus, maka mereka bisa dikatakan termasuk selebgram professional.

3. Periksa Jumlah Komentar dan Like

Banyaknya jumlah follower sebenarnya tidak menentukan selebgram tersebut cocok untuk dijadikan sebagai mitra Anda. Selain melihat jumlah follower, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah komentar dan like di setiap foto yang mereka posting. Ada selebgram yang mempunyai follower kurang dari 50.000 tetapi jumlah like setiap postingannya rata – rata adalah 3.000 likes. Tetapi ada pula selebgram yang memiliki followers lebih dari 100.000 tetapi jumlah like nya hanya sekitar 1.000 likes.

4. Membandingkan Dengan Selebgram Yang Lain

Anda bisa saja mematok budget yang cukup besar untuk promosi produk. Tetapi akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu melakukan riset harga sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan seorang selebgram. Carilah selebgram yang memiliki karakter sesuai dengan produk yang ditawarkan. Tanyakan fee atau harga yang mereka patok sehingga Anda dapat memilih selebgram yang mematok harganya sesuai budget yang telah Anda perkirakan.

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.