Mungkin anda sudah tahu salah satu fitur andalan instagram saat ini adalah Instagram Stories. Bahkan karena fitur ini, banyak user snapchat yang meng-uninstall aplikasi itu dan berbondong-bondong kembali ke instagram.

Dulu instagram hanya untuk berbagi foto-foto dan gambar saja, tapi dalam perkembangannya sekarang instagram bisa menampilkan video, bahkan hingga live video via instagram stories ini. Perkembangan yang menyenangkan, mengingat generasi millenials selalu ingin eksis dimanapun mereka berada.

Dengan fitur pendukung ini semakin menstimulus mereka untuk menunjukan eksistensinya di dunia maya. Pada tahun 2017 tercatat ada sekitar 45 juta orang Indonesia yang menggunakan instagram, tentunya jumlah ini selalu berkembang hingga detik ini.

Fitur instagram stories ini sudah sepantasnya dimanfaatkan oleh anda sebagai pebisnis online untuk melejitkan penjualan, juga untuk meningkatkan awareness (popularitas) brand Anda. Ada beberapa alasan kenapa anda harus memanfaatkan fitur ini, diantaranya adalah:

1. Jumlah Pengguna Aktif Yang Tinggi

instagram stories penjualan

Secara keseluruhan jumlah pengguna aktif bulanan Instagram kini sudah mencapai kisaran 800 juta, menurut keterangan Carolyn Everson, Vice President Global Marketing Solutions Facebook selaku perusahaan induk Instagram. Sebanyak 500 juta dari angka tersebut merupakan pengguna aktif harian yang setidaknya membuka aplikasi Instagram sebanyak satu kali tiap hari.

Dari data tersebut, sudah pasti Instagram merupakan sosial media yang baik untuk menjadi salah satu chanel Anda untuk memasarkan produk.

2. IG Stories Banyak Dilihat User

instagram stories penjualan

 

Seperti yang anda ketahui, tata letak Instagram Stories berada di bagian atas newsfeed Instagram. Hal ini men-trigger user Instagram untuk lebih melihat Instagram Stories dibandingkan newsfeed Instagram. Ditambah lagi dengan perubahan pola algoritma Instagram yang membuat sesuatu yang Anda posting tidak langsung dilihat oleh semua followers anda.

Hal tersebut menjadikan Instagram Stories lebih unggul. Karena apa yang Anda posting langsung muncul dibagian atas. Semakin sering followers anda melihat stories anda, semakin sering stories anda muncul di feed mereka.

3. Bisa Input Hashtag

instagram stories penjualan

Salah satu kekuatan instagram ada pada hashtag atau tagar (penanda pagar) dalam setiap postingan yang memudahkan orang lain untuk mencari apa yang mereka inginkan. Di awal tahun 2018 ini, fitur hashtag juga bisa anda manfaatkan dalam Instagram stories. Kemudian dengan hashtag ini akan memudahkan orang yang akan mencari produk atau brand anda. Karena stories dengan hashtag akan muncul di bagian atas pencarian.

4. Dapat Memasukan Link

Jika followers Anda sudah mencapai 10.000, maka anda bisa menyematkan link website ke dalam Instagram Stories Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan, karena anda dapat dengan mudah men-trigger followers anda untuk segera ‘swipe up’ agar bisa mendapatkan sebuah promo atau mungkin sebuah ebook gratis.

Bahkan bisa dimanfaatkan juga untuk meningkatkan traffic website atau blog jika anda seorang penulis.

5. Membangun Engagement

instagram stories penjualan

Instagram Stories bisa dimanfaatkan untuk membangun engagement anda dan followers anda. Jangan berisi jualan mulu, manfaatkanlah juga untuk berinteraksi. Anda bisa mengedukasi mereka tentang sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda. Bisa juga dengan membuat polling agar hubungan anda dan mereka semakin dekat.

Jika emosional sudah dekat, apapun produk yang anda jual akan laku. Karena keputusan manusia untuk membeli sesuatu itu karena hubungan kedekatan emosional juga.

6. Menjaga Brand Awareness

Sering-seringlah update Instagram Stories yang menarik dan bermanfaat agar followers anda selalu sadar bahwa brand anda itu selalu ada dan perlahan bisa menempel di benak mereka.

7. Tidak Perlu Pusing Menentukan Waktu Posting

Karena Instagram stories bertahan selama 24 jam, jadi Anda tidak perlu khawatir menentukan waktu posting. Berbeda dengan feed Instagram yang memerlukan sedikit trik karena algoritmanya berubah-ubah.

Di instagram stories anda tak perlu pusing memikirkan timing.

Semoga 7 penjelasan ini akan membuka wawasan anda pentingnya eksis di Instagram Stories.

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.