Mungkin dari saya maupun Anda, terkadang merasa sulit atau ribet jika terlalu banyak Dirrect Message yang masuk dan menanyakan hal yang sama secara berulang. Iya kalau mood kita sendang bagus, kalau tidak? Pasti merasa kesal atau jengkel dengan pertanyaan yang sama bukan?

Itu mungkin hal yang lumrah jika Anda seorang pebisnis online yang menggunkan Instagram sebagai media untuk mempromosikan produk Anda, tapi apa Anda tau bahwa sebenarnya kita bisa membalas Dirrect Message Instagram dengan cepat? Atau bisa disebut sebagai auto reply.

Pada masa Blackberry booming dan digunakan sebagai media untuk menjual atau membalas pesan yang masuk dari para calon customer, ada satu trik rahasia yang dimiliki smartphone tersebut yaitu autotext. Anda cukup mengetik suatu kata rahasia dan tekan spasi, maka secara otomatis akan muncul kata atau kalimat yang sudah Anda setting sebelumnya tanpa harus mengetik ulang kalimat tersebut.

Android pun saat ini sudah bisa melakukan hal tersebut, nah ternyata Instagram pun bisa melakukan hal tersebut dan mempermudah Anda untuk membalas pesan yang masuk ke Dirrect Message akun Anda. Tanpa Anda harus mengetik ulang kembali kata- kata yang sama untuk menjawab pertanyaan yangs sama, bagaimana caranya?

Quick reply, Instagram memberikan kemudahan Anda untuk membalas pesan secara cepat menggunakan Quick Reply. Caranya sama seperti Anda membuat autotext, cukup mengetik kalimat yang biasanya Anda ketik untuk membalas pesan dengan pertanyaan yang sama. Bagaimana cara menggunakannya?

Berikut penjelasan bagaimana dan mengapa Anda harus menggunakan Quick Reply untuk membalas Dirrect Message di Instagram.

Sebelum Anda menggunakan fitur terbaru dari Instagram ini, Anda harus mengubah akun Anda menjadi akun bisnis terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengubah akun Anda menjadi akun bisnis, maka fitur ini bisa digunakan. Langkah selanjutnya Anda klik tombol garis tiga yang ada di sudut atas kanan layer Anda jika Ada masuk ke halaman profil Anda, maka nanti akan muncul seperti ini.

Setelah itu Anda klik setting yang ada dibagian bawah layar, kemudian Anda scroll kebawah dan akan menemukan pilihan Quick Replies atau Balasan Cepat jika Anda menggunakan pengaturan berbahasa Indonesia. Anda bisa klik Quick Replies atau balasan cepat untuk menggunakan fitur tersebut

Kemudian muncul tampilan seperti ini, disini Anda cukup klik tanda “+” untuk menambahkan autotext atau kalimat otomatis yang akan Anda gunakan untuk membalas pesan yang masuk secara singkat tanpa harus mengetik ulang kata – kata yang sama. Kemudian Anda tulis judul yang Anda ingin gunakan untuk membuat format kalimat balasan di Dirrect Message akun Anda, setelah Anda membuat kalimat sebagai balasan cepat untuk Dirrect Message Anda. Klik save untuk menyimpan autotext yang sudah Anda buat untuk membalas pesan dengan format yang sama

Sampai sini jangan terburu – buru menganggap Anda sudah berhasil melakukannya, Anda harus melakukan trial dulu dan memastikan benar – benar apa fitur terbaru Instagram Quick Replies yang sudah Anda buat itu berjalan dengan baik atau tidak. Anda dapat mencobanya dengan akun pribadi dan mengirimkan pesan ke akun Bisnis Anda. Atau Anda dapat meminta kerabat, saudara, pasangan , teman atau mantan untuk mencoba mengirkan pesan ke akun bisnis Anda.

Cara untuk mengetahui berfungsi atau tidak, jika ada pesan yang masuk ke Dirrect Message Anda. Anda cukup mengetikkan judul autotext atau kalimat yang sudah Anda buat sebelumnya, kemudian klik send

  

atau jika Anda merasa itu terlalu menyita waktu dan membuat jari Anda harus bekerja dua kali karena mengetik judul autotext, Anda dapat langsung klik tombol balas seperti Anda ingin mengetik sebuah balasan kemudian akan muncul pilihan mana autotext yang ingin Anda gunakan

Sampai sini Anda sudah mengetahui bagaimana membuat autotext di Quick Replies atau balasan cepat di akun bisnis Instagram Anda. Lalu kenapa harus memakai Quick Replies kalau masih bisa dibalas manual? Ada beberapa hal yang bisa menjadi keuntungan Anda tersendiri jika Anda menggunakan fitur terbaru Quick Replies di Instagram, selain memanjakan jari Anda dengan tanpa harus mengetik kalimat yang sama. Ada beberapa hal juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan, berikut alasan kenapa Anda harus menggunakan Quick Replies di akun bisnis Instagram Anda

  1. Menjawab pertanyaan yang sama

Seperti yang sudah saya beritahu kepada Anda, pasti akan ada pesan tentang sebuah pertanyaan yang masuk ke Dirrecet Message Anda dengan mempertanyakan hal yang sama. Misalnya

  • berapa harga produk ini?
  • dikirim dari mana ya?
  • Ada gratis ongkir gak ya?
  • Apa ukuran L masih tersedia?

Pertanyaan yang sebenarnya sudah Anda jelaskan di caption produk yang Anda upload bahkan sudah Anda beritahu di Bio akun bisnis Instagram Anda, baik dari harga, lokasi dan lain – lain. Nah Quick Replies ini sangat berguna untuk membalas hal yang sedikit membuang waktu Anda untuk membalas pertanyaan yang sama

  • Membalas pertanyaan soal Giveaway

Anda sudah pernah melakukan Giveaway untuk menarik pengikut baru atau membuat produk Anda dipasarkan secara massal oleh pengikut Anda dengan cara merepost postingan Anda tentang Giveaway dan mereka menTag temannya untuk follow akun Anda dan bahkan bisa saja teman dari followers Anda ikut meramaikan Giveaway yang Anda lakukan. Dengan cara ini otomatis membuat postingan bahkan akun Anda viral, karena semakin banyak interaksi di suatu postingan, maka postingan tersebut akan muncul dibarisan atas explore.

Tapi apa Anda pernah berpikir bagaimana jika pengikut Anda mengirim pesan terkait dengan Giveaway yang Anda buat, baik dari hadiah atau hal lain. Kalau 1 orang mungkin masih bisa Anda tanggapi dengan santai, kalau 10? 100? Apa Anda akan siap membalas semua pesan dengan cepat? Quick Replies juga bisa berguna untuk menjelaskan apa saja syarat dan ketentuan yang harus mereka penuhi untuk mengikuti Giveaway tersebut. Contoh seperti ini

  • Meningkatkan keterikatan

Beberapa orang atau followers Anda ada yang memberikan komentar postingan Anda atau membalas postingan cerita Anda, mungkin karena memang mereka suka atau ada hal lain. Apapun itu alasannya, Anda dapat membalas mereka di Dirrect Message Anda untuk meningkatkan keterikatan Anda dengan Followers Anda. Toh sekedar ucapan terima kasih tidak akan membuat Anda kehilangan waktu berjam-jam bukan?

  • Sebagai Customer Service

Anda pernah mendapatkan 1 akun yang jika ada Dirrect Message masuk maka akan membalas pesan tersebut dengan cara seperti seorang Customer Service, misal “iya selamat siang, saya dengan Adi. Admin akun ini yang akan membantu Anda jika Anda butuh pertanyaan terkait produk kami, ada yang bisa dibantu?”. Hal seperti ini memang hal kecil, tapi memiliki dampak besar. Karena konsumen merasa dihargai dengan dibantu oleh admin tersebut, tapi apa kalimat greeting tesebut harus diketik manual setiap ada yang mengirimkan pesan? Saya jamin admin tersebut akan mengeluh, untuk mempermudah maka gunakan fitur Quick Replies ini. Jadi konsumen pun merasa seperti raja yang akan dilayani.

Sekarang terserah Anda, masih ingin menggunakan cara manual atau menggunakan Quick Replies untuk mempermudah aktivitas Anda.

Baca Juga : https://blog.amelia.id/uncategorized/cara-memaksimalkan-polling-atau-jajak-pendapat-di-instagram-story/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.