Para pebisnis online tentu ingin agar produk mereka dapat terjual dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

Bahkan sebagian besar dari mereka tidak segan mengeluarkan biaya hingga jutaaan rupiah hanya untuk sekedar keperluan promosi.

Salah satu strategi promosi yang sedang populer saat ini adalah meminta endorsement kepada selebgram atau influencer sosial media.

Endorse adalah cara promosi dengan memanfaatkan seorang selebgram atau influencer yang memiliki pengaruh terhadap keputusan orang lain.

Apa itu Selebgram atau Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang punya banyak audiens di media sosial. Mereka memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikut seperti artis, selebgram, blogger, YouTuber, dan lain sebagainya. 

Dan apa yang mereka pakai, sampaikan, atau lakukan, dapat menginspirasi dan mempengaruhi audiens atau para pengikut untuk mencoba suatu produk.

Selebgram atau influencer biasanya akan mempromosikan sebuah produk melalui akun sosial media mereka baik secara soft selling atau hard selling.

yang di maksud dengan soft selling adalah strategi pemasaran yang berupa penyampaian pesan yang sifatnya emosional.

Strategi ini berupaya menciptakan respon yang di dasarkan pada perilaku, mood, impian, perasaan dan daya tarik emosional. Soft selling tidak langsung berdampak pada penjualan. 

Sedangkan hard selling adalah sebuah strategi pemasaran dengan cara menjual produk secara langsung atau to the point, sehingga jangkauan dan target sasaranya jelas.

Pada umumnya selebgram yang di endorse memiliki pengikut atau follower yang cukup banyak. Semakin banyak follower dan keterlibatannya di akun tersebut maka semakin mahal tarif yang di patok.

Walaupun endorsement jadi strategi pemasaran yang efektif tapi untuk menemukan selebgram yang tepat dengan bisnis anda sangat lah sulit.

Berikut ini adalah beberapa tips meminta endorsement dari selebgram yang tepat dan efektif untuk produk yang Anda miliki :

Jangan sembarangan memilih endorsement 

Ketika anda sedang mencari seorang selebgram untuk di endorse sebaiknya jangan sembarangan memilih. 

Saat ini banyak sekali selebgram yang menawarkan jasa endorse dengan tarif yang menarik dan murah.

Tapi anda harus berhati-hati untuk hal ini karena anda harus tetap memperhatikan relevansi dengan nilai produk anda sehingga dapat membantu mengembangkan brand Anda.

Anda harus bersabar memilih endorsement walau banyak opsi potensial yang dapat anda pilih.

Buatlah keputusan yang paling tepat saat anda menyetujui seorang selebgram untuk meng-endorse produk anda.

Baca juga : Cara Membuat Studio Mini Untuk Foto Produk 

Lihatlah history endorsement mereka 

Melakukan penelitan terhadapat history endorsement mereka dapat membantu anda mendapatkan ide yang baik dan mengetahui bagaimana selebgram tersebut mempromosikan produk.

Selain itu anda bisa memperkirakan apakah produk Anda dapat diterima dengan baik oleh audiens mereka.

Selebgram yang ideal untuk Anda endorse adalah seseorang yang yang mendukung brand atau produk yang sama dengan produk anda atau seorang selebgram yang pernah di endorse oleh pesaing anda sendiri.

Dengan begitu Anda bisa dengan lebih mudah menentukan selebgram atau influencer mana yang akan Anda ajak untuk bekerja sama. 

Melihat profil selebgram 

Memilih selebgram yang tepat terbilang susah-susah gampang karena sekarang sudah banyak selebgram, mungkin tidak bisa terhitung lagi jumlahnya.

Untuk itu Anda harus memilih endorsement selebgram yang relevan atau sesuai dengan produk Anda.

Endorse akan diberikan pada selebgram yang memiliki karakter dan hobi yang cocok dengan produk kita.

Hal ini bertujuan supaya promosi yang di lakukan oleh selebgram tersebut memiliki dampak positif terhadap penjualan produk.

Contohnya : 

Anda menjual produk kecantikan maka carilah selebgram yang memiliki profil cantik dan suka dengan alat kecantikan. Misalkan saja selebgram tersebut sering membuat konten tutorial make up.

Dengan melakukan identifikasi terhadap minat selebgram merupakan elemen penting untuk memastikan bahwa endorsement yang anda lakukan sukses.

Anda dapat mengidentifikasi minat selebgram dengan beberapa pertanyaan berikut :

  • Apa yang di inginkan dan diminati selebgram ini ?
  • Apakah brand saya dapat menarik minat selebgram ?
  • Atau produk saya dapat diarahkan dengan baik oleh selebgram ?

Dengan mengajukan beberapa pertanyaan tersebut, Anda akan mengetahui minat selebgram, dan mengetahui potensi selebgram dalam melakukan endorse.

Identifikasi minat dapat membuat selebgram bisa meng-endorse dengan baik. 

7 Cara Promosi Produk Di Internet : Baca Disini. 

Memastikan audiens mereka tepat untuk produk Anda 

Memastikan audiens selebgram tersebut tepat dengan produk yang Anda miliki adalah elemen penting yang selanjutnya harus menjadi perhatian Anda. 

Sebagai contoh produk Anda adalah produk olahraga maka tidak cocok dengan selebgram yang mempunyai hobi di bidang kecantikan. 

Karena selebgram yang mempunyai minat dalam bidang kecantikan pasti memiliki audiens yang juga gemar dalam hal kecantikan. Jadi produk olahraga Anda tidak akan mendapat banyak peminat.

Karena itulah, Anda harus memperhatikan dengan benar apakah audiens yang dimiliki oleh selebgram tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap produk yang Anda miliki.

Memastikan keterlibatan audiens mereka 

Jika Anda ingin berpromosi dengan cara endorse selebgram maka anda harus mempertimbangkan keterlibatan audiens mereka pada setiap konten.

Anda harus benar-benar memilih selebgram endorse yang memiliki tingkat keterlibatan yang kuat (jumlah komentar dan like) pada setiap postingan mereka.

Misalkan, seorang selebgram memiliki 10 juta follower tapi hanya menerima 10 ribu like atau komentar per postingan

Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan audiens adalah 0,1%. Tentunya rasio keterlibatan audiens ini sangat buruk karena rasio keterlibatan yang ideal adalah sebesar 0,5% atau lebih.

Semakin besar orang yang terlibat dalam setiap postingan endorse Anda maka semakin besar kemungkingan audiens mereka mendengarkan rekomendasi endorse-an Anda.

Baca juga : Seberapa Pentingkah Endorse Artis Atau Selebgram Untuk Penjualan? 

Memperhatikan konten foto di akun instagram 

Meminta endorsement pada selebgram harus memperhatikan foto dan video yang ada pada instagram selebgram.

Para selebgram yang profesional pasti akan menampilkan foto atau video dengan kualitas yang baik dan menarik.

Karena nantinya para selebgram ini akan dinilai bagaimana cara mereka memposting suatu produk. Kualitas foto dan video yang baik dan menarik tentu akan menarik banyak follower.

Dengan melihat foto dan video selebgram, Anda bisa memiliki gambaran bagaimana selebgram tersebut mempresentasikan produk milik Anda.

Pilihlah selebgram yang menampilkan foto dan video dengan menarik supaya banyak di minati oleh audiens. 

Membandingkan dengan selebgram lainnya 

Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka sebaiknya anda mencari beberapa kandidat selebgram.

Anda bisa mematok budget yang sangat besar untuk melakukan promosi pada produk Anda.

Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan selebgram.

Carilah selebgram yang memiliki karakter yang sesuai. Tanyakan harga yang mereka patok untuk sekali endorse, kemudian bandingkan dengan selebgram lainnya. 

Apabila ada selebgram yang sudah cukup terkenal dan mematok harga yang tidak terlalu mahal serta karakter dari selebgram sesuai dengan produk Anda.

Maka sebaiknya Anda memilih selebgram ini untuk bekerjasama.

5 Kesalahan Berjualan Di Instagram Yang Wajib Anda Waspadai : Baca Disini. 

Selain dengan endorse selebgram atau influencer agar usaha sepi Anda kembali ramai. Anda juga bisa menggunakan software instagram Indonesia sebagai asisten pribadi Anda untuk membantu mengelola akun instagram bisnis Anda.

Selain itu Anda juga bisa membuat konten yang lebih kreatif dan menarik lagi untuk menjelaskan produk Anda.

Jika Anda bingung, Anda bisa belajar telebih dulu dalam membuat konten yang menarik sehingga produk ada akan cepat closing.

Anda bisa belajar membuat konten menarik dalam waktu singkat di kelas 21 hari kuliah instagram.

Kelas ini berfungsi membantu Anda yang ingin menaikan followers dalam waktu singkat, sehingga toko online Anda dapat di percaya pelanggan dan calon pembeli.

Bukan hanya itu kelas tersebut, membantu Anda dalam menghadapi algoritma instagram yang mudah berubah-ubah.

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. pilih yang memang sesuai dengan ke inginan dan budget Anda. 

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.