Manfaat media sosial saat ini semakin luas, bukan saja untuk menjaring pertemanan tetapi sudah masuk ke tahap membangun usaha, salah satunya bisnis online.

Pengguna media sosial sebagian besar adalah generasi milenial yang semakin jeli melihat peluang bisnis melalui media sosial sebagai sarana promosi.

Terbukti, banyak sekali akun di Instagram yang fungsinya beralih menjadi online shop.

Ini yang membuat pemilik bisnis besar atau kecil harus lebih cerdas dalam menggunakan fitur-fitur Instagram untuk mencari perhatian konsumen. 

Jika Anda ingin bisnis Anda sukses, terapkan 5 rahasia jitu berbisnis di instagram ini :

1. Tonjolkan karakter utama bisnis Anda

Profil Instagram adalah etalase online bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, ciptakan karakter utama bisnis Anda untuk memudahkan konsumen membedakan bisnis Anda dengan bisnis lainnya. 

Anda bisa membuat nama bisnis yang menarik, bio yang lengkap, serta tampilan feed dengan foto dan video yang berkarakter dan berkualitas tinggi untuk menarik perhatian konsumen. 

Mau Tips Membuat Feed Instagram Yang Rapi Dan Menarik Untuk Jualan : Baca Disini

Pakai caption yang menarik dan mudah dimengerti untuk menjelaskan produk dan brand Anda.

2. Perluas jangkauan bisnis Anda dengan menggunakan hashtag 

Penggunaan hashtag yang tepat merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis untuk menjangkau audiens dan calon pelanggan yang lebih luas. 

Manfaat utama dari hashtag antara lain mencari calon pelanggan dan inspirasi produk/kolaborasi dengan kreator lain, serta membuat calon pelanggan menemukan bisnis Anda. 

Strategi penggunaan hashtag juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa membuat hashtag khusus yang unik sesuai karakter bisnis Anda. misalnya “ #digitalinformation “ #jasaantar “ #bisniscake “ 

Anda juga bisa menggunakan hashtag yang relevan yang sudah ada sebelumnya. Maksimal 15 sampai 20 hashtag dalam satu postingan sudah cukup efisien

Baca juga : 4 Tools Aplikasi Untuk Optimasi Instagram 

3. Promosikan konten terbaik Anda

Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram untuk mempromosikan produk Anda, seperti menggunakan fitur instagram story menaikan penjualan Anda. 

Ada dua format iklan yang ditawarkan Instagram story, yaitu foto berdurasi 5 detik atau video berdurasi 15 detik, Anda bisa pakai keduanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Namun instagram sudah meluncurkan format iklan baru yaitu carousel ads. Anda bisa menampilkan 3 konten berurutan dalam 1 iklan. Dan sudah terbukti menjadi cara beriklan yang efektif. 

Berikut manfaat Instagram story untuk menaikan penjualan anda :

  • Meningkatkan followers. Tidak jarang banyak orang yang mendapatkan followers baru setelah mengirimkan post melalui stories Instagram.
  • Manfaatkan User Generated Content. Artinya, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengirimkan testimoni dari pelanggan. 
  • Ladang Promosi Gratis. instagram story juga banyak digunakan untuk membagikan atau membuat promosi. 
  • Bahan Undangan ataupun Teasser. Tidak jarang stories juga digunakan untuk mengingatkan akan adanya sesuatu yang seru ataupun acara yang menarik. 

Anda juga bisa menggunakan stiker yang sudah disediakan oleh instagram, seperti polling. Anda bisa minta pendapat kepada followers Anda,

contohnya “ kalau belanja online, kamu lebih suka belanja apa? Fashion / elektronik “

Stiker ini bisa Anda pakai untuk menambah interaksi dengan followers Anda.

stiker ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menggali lebih dalam lagi apa yang sebenarnya calon pelanggan Anda suka.

Masih banyak lagi stiker yang disediakan oleh instagram yang bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan stiker, Anda juga dapat meningkatkan engagement bisnis Anda.

4. Berkreasi dengan konten berformat vertikal 

Format vertikal adalah format baru yang mampu menarik perhatian pelanggan dengan cepat melalui kontennya yang memenuhi seluruh layar. 

Fitur instagram yang cocok untuk konten ini adalah Instagram story dan instagram live.

karena 52% pengguna Instagram lebih tertarik terhadap sebuah brand atau bisnis setelah melihat konten mereka di Instagram stories

Bisnis yang melakukan live mendapatkan lebih banyak jumlah like dibandingkan bisnis yang belum pernah live.

Tentu saja instagram menjadi sosial media dengan peluang bisnis yang menjanjikan. Tunggu apa lagi, buat calon pelanggan anda tertarik di 3 detik pertama anda melakukan live. 

Mau tau tips berbisnis di instagram lainnya : Tips Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Anda. 

5. Bangun interaksi dengan followers Anda 

Anda bisa menggunakan fitur polling untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara aktif, dan mengadakan kontes untuk menyebarkan hashtag brand anda untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi. 

Anda juga dapat mencoba fitur interaktif Instagram, seperti poll stickers dan ask me a question untuk membangun interaksi yang lebih seru dan menyenangkan dengan audiens Anda. 

Semakin banyak interaksi dengan followers Anda, mereka juga akan semakin aktif untuk memberikan engagement berupa like dan komen pada postingan Anda. 

Tidak cuma 5 rahasia ini yang bisa dipakai untuk bisnis Anda, Anda juga bisa membuat bisnis Anda sukses dengan melakukan berbagai cara lainnya.

Salah satunya dengan melakukan promosi yang menarik di instagram, dengan bantuan design feed yang kreatif dan isi konten yang menarik.

Selain itu design feed dan isi konten yang kreatif dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak followers baru setiap harinya.

Memang tidak mudah membuat konten dengan ide yang fresh setiap harinya, namun itu tidak sulit, Anda bisa mempelajarinya di kelas 21HKIG.

Setelah mengikuti kelas ini, Anda akan mendapatkan segudang ide konten yang siap untuk di upload dan sistem yang membuat akun instagram Anda ramai dengan pengunjung setiap harinya.

Dalam berbisnis di instagram Anda harus ingat followers yang banyak adalah kunci utamanya.

Jika followers instagram Anda banyak itu menandakan toko online Anda terpercaya, dan produk-produk Anda tidak di ragukan lagi kualitasnya.

Untuk memperlancar bisnis, Anda harus cari dan pilih strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.