Memaksimalkan penggunaan Instagram dalam berbisnis sangatlah penting.

Kenapa?

Agar bisnis Anda semakin berkembang dan omset Anda pun ikut meningkat.

Nah, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah strategi membangun engagement di Instagram Anda.

Ada banyak strategi yang bisa Anda terapkan

Mulai dari cara memaksimalkan feed, Instagram story, caption, hashtag dan sebagainya.

Oke, tanpa berlama-lama lagi, mari kita bedah satu-persatu.

Memaksimalkan Feed di Instagram

Sebagai seorang pebisnis online, Anda diwajibkan untuk mengerjakan sesuatu secara totalitas.

Bahkan hal sekecil apapun Anda harus perhatikan.

Mengapa?

Agar bisnis Anda bisa berjalan lancar dan bisa mencapai goal yang telah Anda buat.

Pasti mau kan?

Nah, Anda perlu kerja yang ekstra dalam memikirkan segala hal.

Salah satunya dalam memaksimalkan penggunaan sosial media yang Anda gunakan dalam berbisnis.

Apalagi jika Anda menggunakan Instagram dalam melakukan pemasaran produk.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan feed.

Mengatur feed itu susah-susah gampang.

Kenapa?

Mungkin menurut Anda bagus tetapi belum tentu para pembeli Anda sependapat dengan Anda.

Apalagi tugas Anda adalah memposting foto/video, sebisa mungkin untuk membuat calon pembeli Anda tertarik.

Buatlah konten yang semenarik mungkin, Anda bisa foto produk Anda secara detail.

Mulai tampak depan, belakang, samping. Lalu, Anda perlu mengatur tata letak, kecerahan, contrast dan sebagainya.

Bahkan Anda bisa membuat kolase untuk foto tampak depan, belakang dan samping dalam satu foto saja.

Ini akan mempermudah pembeli Anda untuk melihat secara detail dalam satu waktu.

Sangat efektif bukan?

Nah, banyak loh aplikasi photo editor yang dapat membantu Anda untuk membuat feed Anda makin menarik.

Seperti, Photogrid, Canva, Watermark, VSCO dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Memaksimalkan Instagram Story

Siapa sih yang tak mengenal salah satu fitur Instagram yang di adaptasi dari snapchat ini.

Yap, Instagram Story adalah fitur yang telah mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian.

Anda tau ngga sih apa itu Instagram Story?

Instagram Story merupakan konten singkat yang akan lenyap dalam waktu 24 jam.

Fitur ini akan mempermudah Anda untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Anda bisa membagikan cerita Anda dalam fitur ini.

Bagi Anda para pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan Instagram Story untuk mempromosikan brand Anda.

Instagram Story bisa menjadi fitur yang sempurna bagi para pebisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian pembeli.

Inilah beberapa keunggulan Instagram Story untuk bisnis Anda:

  • Jumlah pengguna yang cukup banyak
  • Dapat memasukkan hashtag
  • Dapat memasukkan link
  • Dapat menjaga brand awareness
  • Dan banyak dilihat orang

Selain itu, masih banyak keuntungan dalam menggunakan Instagram Story, diantaranya:

  • Pertama, dapat meningkatkan traffic
  • Kedua, dapat meningkatkan followers
  • Ketiga, tak perlu Anda ragukan lagi. Yang pasti penjualan Anda akan semakin meningkat
  • Dan terakhir, dapat meningkatkan engagement Anda. Anda bisa membuat story dengan memberikan sebuah pertanyaan yang dapat memicu interaksi.

Baca juga: Tips Optimasi Fitur Instagram Stories Untuk Meningkatkan Penjualan

Memaksimalkan Penggunaan Caption

Tak lengkap bila rasanya posting foto tidak menggunakan caption ibarat aku tanpa kamu. Hehehe

Walaupun Instagram sangat mengunggulkan visualnya, tapi jangan sampai Anda melupakan penggunaan caption.

Apalagi jika Anda berbisnis melalui Instagram.

Yap, karena fungsi caption itu sendiri untuk memberikan informasi tentang produk apa yang Anda jual.

Nah, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Baca juga: Tips Membuat Caption Instagram Dengan Tingkat Interaksi Tinggi

Memaksimalkan Penggunaan Hashtag

Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan hashtag yang relevan.

Yang dimaksud dengan relevan adalah penggunaan hashtag yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

Kenapa harus relevan?

Karena, hashtag itu merupakan salah satu bagian penting dalam Instagram marketing, banyak yang tidak memahami apa fungsi dari hashtag ini.

Dengan adanya algoritma terbaru di Instagram, untuk penggunaan hashtag yang relevan adalah 3 sampai 5 hashtag.

Lantas, apakah itu hashtag?

Yaitu kata-kata untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih spesifik dalam sosial media, dan di sisi lain juga hashtag mempermudah orang lain untuk mencari topik yang saling berhubungan.

Dalam dunia Digital Marketing, khususnya Instagram marketing, hashtag berguna untuk menggelompokkan sebuah tema atau informasi produk agar orang lain atau calon pembeli dapat menemukan informasi yang Anda sampaikan pada sebuah akun dengan hashtag tertentu.

Lalu apa aja sih fungsi hashtag dalam Instagram Marketing?

Inilah beberapa fungsi hashtag yang Anda harus pahami, adalah:

  1. Mempermudah semua orang menemukan postingan Anda
  2. Mempermudah pencarian lokasi
  3. Mempermudah pencarian target pembeli
  4. Mempermudah promosi produk
  5. Menjangkau pembeli yang lebih luas
  6. Dapat banyak followers/likes

Baca juga: Cara Menggunakan Hashtag Di Instagram

Memaksimalkan Waktu Posting

Sebagai pelaku Instagram marketing, siapa sih yang ngga mau postingannya dilihat banyak orang?

Pasti mau kan?

Karena, semakin banyaknya orang yang melihat, semakin banyak pula orang yang akan tertarik dengan produk Anda dan Anda tinggal closing saja.

Tapi dengan adanya algoritma terbaru Instagram, tidak semua postingan akan terlihat pada followers Anda.

Nah, Anda perlu menentukan waktu posting secara rutin tanpa mengganggu followers Anda dengan update yang berlebihan.

Kenapa?

Yang pastinya agar lebih efektif dan tertarget.

Kapan waktu terbaik untuk posting?

Waktu terbaik untuk posting di Instagram yaitu dari hari Senin – Jumat mulai pukul 12.00 – 13.00.

Karena, pada jam segitu banyak orang-orang yang sedang makan siang atau istirahat dan biasanya mereka akan lebih sering mengecek gadgetnya untuk melihat sosial media yang mereka punya.

Nah, selain itu ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan waktu posting adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan Anda bisa melihat hasilnya.

Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan – biasa berupa likes dan komentar) paling tinggi.

Untuk mendapatkan engagement yang tinggi pada instagram, Anda harus punya followers yang banyak.

Manfaat lainnya dari jumlah followers yang banyak dapat membuat toko online Anda terpercaya dan mendatangkan orderan yang banyak.

Cara mendatangkan followers baru setiap harinya, Anda harus membuat konten menarik yang bisa Anda posting setiap harinya secara konsisten.

Dalam membuat konten yang menarik memang bukan perkara yang mudah, Anda membutuhkan bimbingan untuk bisa menguasainya.

Eits… Anda jangan khawatir, ada kelas yang bisa membantu Anda untuk mewujudkannya.

Kelas Itu adalah 21HKIG, Di kelas ini Anda di bimbing oleh Rico Huang selama 21 hari untuk mengerjakan tantangan yang sudah di berikan.

Setelah mengikuti kelas ini Anda akan mendapatkan ini :

  • Rahasia memproduksi konten yang mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan followers baru setiap hari.
  • Rahasia mendatangkan interaksi di akun Instagram Anda dan optimasi agar followers meningkat.
  • Rahasia melejitkan pertumbuhan followers di Instagram tanpa ribet dalam waktu singkat.

Masih banyak yang bisa Anda dapatkan dari kelas ini. Anda bisa langsung cek di sini 21HKIG

Yap, kelas 21 HARI KULIAH INSTAGRAM adalah pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan Anda dalam membangun bisnis di instagram.

Kelas ini sudah terbukti

Ngga percaya?

Anda bisa langsung cek saja di 21HKIG

Jangan sampai menyesal, karena penyesalan selalu datang belakangan. Hehehe.

Nah, itulah beberapa strategi membangun engagement di Instagram.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media yang Anda punya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.