Instagram sangat populer untuk dipakai sebagai media promosi untuk berbagai jenis bisnis atau biasa disebut dengan Instagram Marketing.

Mulai dari fashion, kosmetik, jasa fotografi, kuliner kelas berat hingga makanan ringan.

Promosi tersebut tidak hanya menampilkan produknya di akun Instagram Anda sendiri tapi juga bisa memakai jasa seperti Endorse, Paid Promote maupun Giveaway untuk mempromosikan bisnis Anda.

Karena, Instagram sangat mengunggulkan dalam bentuk visual jadi sebisa mungkin menampilkan foto yang menarik. 

Harus terkonsep agar audiens bisa tahu sedang mempromosikan produk apa.

Ada beberapa strategi yang dapat meningkatkan engagement dan followers Anda, diantaranya:

Endorse

Fenomena endorsement dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang diandalkan oleh pebisnis karena sangat efektif.

Terutama kegiatan dagang yang menggunakan cara pembelian dan pembayaran secara online

Dan salah satu cara menambah follower Instagram tertarget.

Anda pun tidak boleh asal-asalan dalam memilih endorser untuk bisnis Anda.

Jika sang endorser belum pernah memberikan jasa endorse, Anda bisa melihat dari interaksi dengan followersnya.

Semakin banyak komentar dalam setiap postingan mereka maka nilai engagementnya semakin tinggi.

Semakin tinggi nilai engagementnya semakin mempengaruhi efektifitas sebuah endorse.

Anda juga bisa memanfaatkan foto endorse yang mungkin masa postingnya sudah habis untuk dijadikan Paid Promote di tempat lain.

Dengan tujuan bahwa produk yang Anda jual sudah pernah dipakai oleh Selebgram atau Influencer dan yang pasti menarik.

Karena pada hakikatnya tujuan endorsement dilakukan dengan memanfaatkan para pelaku seni hiburan.

Anda harus melakukan mapping terlebih dahulu terhadap calon endorser.

Anda juga harus melihat seberapa banyak pengikut atau followers dari target endorser Anda.

Anda harus bisa menyesuaikan produk dan menyesuaikan pasar yang ada kepada calon endorser.

Misalnya, Anda menjual produk hijab, sebisa mungkin mencari endorser yang menggunakan hijab agar produk Anda bisa tertarget.

Nah, biasanya yang menjadi target untuk endorse yaitu Selebgram ataupun Influencer.

Karena mereka sama-sama memiliki impact dalam hasil pemasaran asalkan Anda benar dalam memilih siapa Selebgram/Influencer yang akan digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau brand Anda.

Baca juga: Jangan Endorse Selebgram Sebelum Anda Baca Ini!

Paid Promote

Paid Promote yang merupakan salah satu bentuk promosi di Instagram.

Biasanya penjual sudah menyiapkan konten promosi berupa foto dan caption

Paid Promote banyak dilakukan oleh pelaku online shop untuk mempromosikan produk mereka di akun publik dengan minimal followers 100k.

Salah metode berbayar yang terbukti bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. 

Lantas, kenapa harus Paid Promote?

  • Murah
  • Efektif
  • Tertarget
  • Cepat

Anda bisa memakai jasa dari akun publik dalam mempromosikan produk Anda.

Giveaway

Giveaway adalah sebuah kontes yang memberikan hadiah berupa uang maupun produk Anda kepada siapa saja yang mengikuti giveaway Anda.

Namun, peserta harus memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut misalnya harus berlangganan (subscribe) email, share ke sosial media lainnya, atau cukup mengirimkan komentar dan spam likes.

Ada beberapa tips agar giveaway yang Anda adakan bisa berhasil, diantaranya: 

Tentukan Tujuan Anda Mengadakan Giveaway

Buatlah rencana atau tujuan Anda secara spesifik.

Misalnya untuk pengenalan produk baru, membangun ikatan dengan followers Anda, untuk mendapatkan follower Instagram tertarget dan sebagainya.

Jelaskan secara detail apa syarat dan ketentuan untuk setiap peserta yang ingin mengikuti program giveaway ini.

Salah satunya melakukan tag, spam likes, comment ataupun share ke teman-teman mereka di sosial media lainnya.

Pastikan batas waktu disampaikan secara jelas karena jika informasi tersebut tidak tersampaikan dengan jelas, maka akan ada 2 kemungkinan.

Pertama, akan ada yang terlalu dini mengikuti giveaway. Kedua, ada yang terlambat mengikuti giveaway.

Dua-duanya dapat memberi dampak negatif bagi bisnis Anda..

Hadiah Harus Sesuai Dengan Target Anda

Agar lebih efektif dan tertarget, Anda bisa memberikan hadiah sesuai dengan produk yang Anda jual.

Jika Anda menjual kosmetik Anda bisa memberikan bedak, lipstick maupun alat make up untuk mereka yang mengikuti giveaway Anda.

Jika perlu Anda bisa memberi tambahan bonus lainnya.

Gunakan Hastag Khusus

Hashtag akan sangat membantu Anda dalam banyak hal, baik dalam menjalankan dan mempromosikan giveaway Anda.

Dengan hashtag Anda bisa dengan mudah mencari postingan dari peserta giveaway.

Anda tinggal search di kolom pencarian maka akan tampil foto atau video yang menggunakan hashtag buatan Anda.

Tidak hanya khusus, namun hashtag Anda juga harus unik dan mudah untuk diingat.

Dan pastikan juga belum pernah digunakan oleh orang lain.

Sebagai contoh, “#giveawaybukualona”, atau sebagainya.

Umumkan Pemenang Giveaway

Jangan lupa untuk mengumumkan pemenang dari giveaway yang Anda adakan.

Anda bisa post pengumuman baik di Instagram Story Anda ataupun di Feed Instagram Anda.

Buat sendiri konsep siapa yang ideal untuk memenangkan giveaway Anda, tentukan nama pemenangnya dan hubungi pemenang secara langsung. 

Dan, tidak ada salahnya jika Anda meminta testimoni dari pemenang dengan meminta mereka foto bersama produk Anda dan tag Anda di Instagram.

Baca juga: Strategi Promosi Bisnis Di Instagram

Nah, kalau Anda sudah mengikuti semua tips-tips diatas.

Dan hasilnya engagement dan juga followers Anda semakin meningkat, maka omset Anda pun juga ikut meningkat.

So, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

Good luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.