Pada artikel lainnya, saya sudah membahas beberapa Media Sosial yang dapat Anda gunakan untuk menjual produk Anda, baik secara visual maupun tulisan. Karena masing – masing platform Media Sosial memiliki cara yang hampir berbeda untuk melakukan pemasaran didalamnya, seperti Twitter dan Instagram. Keduanya memiliki cara yang berbeda untuk melakukan pemasaran, contoh kecilnya yaitu Media Sosial Twitter lebih mengutamakan teks atau dapat dikatakan copywritting, sedangkan platform Media Sosial Instagram lebih mengutamakan visual atau gambar produk yang menarik.

Baca juga : Kekeliruan Dalam Memasarkan Produk Di Instagram dan Facebook

Jangan sampai Anda salah menggunakan platform Media Sosial tersebut dalam melakukan pemasaran, karena jika Anda salah dalam memasarkan produk, maka alhasil sia – sia promosi yang Anda lakukan di Media Sosial tersebut. Karena market di setiap platform Media Sosial tersebut juga berbeda – beda. Nah, di artikel ini saya akan coba bahas tentang platform Media Sosial Instagram, sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa platform Media Sosial Instagram lebih menitik beratkan kepada visual atau gambar. Semakin menarik gambar Anda, maka konsumen juga akan tertarik untuk melihat produk – produk Anda.

Sudah banyak para pebisnis yang menghasilkan omset jutaan, bahkan hingga ratusan juta rupiah perbulannya dengan menggunakan  platform Media Sosial Instagram, karena ada sekitar 800 juta pengguna aktif Instagram setiap bulannya di berbagai negara. Tetapi semenarik apapun produk yang Anda posting di akun Instagram Anda, tidak akan ada hasilnya bila Anda tidak melakukan promosi didalamnya, karena market Anda tidak akan mengetahui produk yang Anda jual. Lalu bagaimana caranya? Nah disini saya mencoba menulis bagaimana cara untuk melakukan promosi di platform Media Sosial Instagram di tengah kesibukan rutinitas saya, yaitu menikmati kopi.

 

1. Instastory

 

 

Beberapa tahun belakangan, pihak Instagram membuat fitur baru yaitu Instastory. Pihak Instagram ingin Anda membagi moment kebahagiaan Anda dalam waktu singkat dengan rentan waktu 24 jam, jadi followers Anda dapat mengetahui momment apa yang sedang Anda ingin bagikan kepada mereka. Nah Anda juga dapat menggunakan fitur ini sebagai media promosi produk Anda supaya followers Anda mengetahui apa yang spesial dari produk atau brand Anda saat ini.

Anda dapat mengunggah saat Anda melakukan Quality Control (QC) produk Anda sebelum dilakukan pengiriman ataupun behind the scene dibalik pembuatan produk anda, jadi followers Anda bisa lebih mengetahui kualitas produk dan toko Anda. Atau Anda dapat membuat banner promo yang terdapat di toko Anda jika Anda sedang melakukan sale atau diskon di produk tertentu, sebisa mungkin promo yang ditawarkan adalah produk yang memang sedang laku keras di toko Anda atau yang sedang boomming saat ini.

Maksimalkan Instastory demi mendapatkan engagement dari followers Anda, agar mereka lebih percaya akan kualitas produk Anda. Anda dapat menggunakan ask & question sebagai contoh supaya Anda mengetahui apa yang followers Anda butuhkan dari toko Anda.

Baca juga : Tips Instagram Stories Untuk Menaikan Penjualan & Brand Awareness

 

2. Endorse

 

 

Sudah tahu kan apa itu endorse? Ya benar sekali, endorse adalah cara pemasaran atau promosi yang menggunakan Selebgram atau artis sebagai medianya. Kenapa harus Selebgram? Karena seorang Selebgram biasanya memiliki followers dengan jumlah banyak, dan kebanyakan dari followersnya itu fanatik terhadap mereka.

Biasanya Selebgram menjadi salah satu incaran para penjual online, mungkin salah satunya adalah Anda untuk digunakan jasanya supaya memasarkan atau mempromosikan produk Anda. Karena selebgram dapat menjadi influencer bagi followersnya, jadi apapun yang mereka gunakan. Biasanya akan menjadi kegunaan para followersnya, dan itu bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan followers bahkan penjualan Anda. Jadi cobalah untuk mencari Selebgram yang memiliki followers fanatik untuk melakukan endorse, supaya Anda dapat meraup keuntungan juga dari promosi Anda.

Baca juga : Cara Endorse Artis atau Selebgram Untuk Branding Dan Promosi Produk

 

3. Give Away

 

Give away merupakan suatu promosi dimana Anda memberikan produk Anda secara gratis sebagai hadiahnya kepada followers Anda. Namun, tetap ada syarat tertentu yang harus mereka lakukan untuk mengikuti program give away. Secara garis besar, give away dilakukan bukan untuk meningkatkan penjualan pada awalnya. Tetapi untuk promosi akun Anda, Branding produk Anda,dan meningkatkan Engagement dengan para followers Anda. Walau pada titik akhirnya juga akan meningkatkan penjualan produk Anda. Selama Anda melakukannya dengan tepat, maka dampak penjualan akan terasa setelah Anda melakukan give away ini.

Biasanya yang digunakan untuk give away adalah Anda sebagai penjual membuat sebuah games atau persyaratan tertentu, dan sebisa mungkin games atau persyaratan itu dapat dilakukan oleh semua kalangan. Giveaway harus dibuat viral, agar banyak yang mengikuti games atau persyaratan yang Anda buat. Contoh salah satu give away yang dapat Anda lakukan adalah, Anda mengharuskan followers Anda untuk melakukan repost atau post ulang postingan Anda tentang giveaway yang Anda buat. Selain post ulang, Anda juga mengharuskan followers Anda comment dan like postingan tersebut, juga harus tag atau mention beberapa temannya untuk memberi tahu give away Anda.

Coba Anda bayangkan, jika followers dari followers Anda melakukan hal yang sama. Maka dengan kata lain, followers yang lain pun akan memposting hal yang sama. akhirnya produk bahkan akun Anda akan menjadi viral karena banyak interaksi yang dilakukan kepada akun Anda.

Sekali lagi Anda harus ingat, give away bukan bertujuan untuk meningkatkan penjualan, tetapi branding. Walaupun nanti di akhir, ada dampak yang akan meningkatkan penjualan dan juga followers.

 

4. Paid Promote

 

 

Berbeda dengan endorse, paid promote adalah Anda menggunakan jasa suatu akun publik untuk memasarkan produk Anda di akun mereka dengan biaya tertentu. Tergantung kebijakan akun tersebut, so harga Anda mungkin masih bisa mengkondisikannya sesuai dengan budget yang Anda miliki. Kenapa harus paid promote? Karena produk Anda akan dipasarkan di akun yang memiliki followers banyak, jadi kemungkinan besar ketertarikan yang didapatkan lebih besar. Biasanya untuk harga, semakin banyak followers dan insight yang dimiliki suatu akun. Maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar, tergantung dari followers akun tersebut.

Disini Anda harus menemukan akun publik yang tepat sesuai produk yang Anda jual, jangan sampai Anda memasarkan produk Anda di tempat yang salah. Misal Anda menjual pakaian wanita, jangan sampai Anda memasarkan produk Anda di akun yang memiliki fokus pada followers laki – laki. Karena itu akan membuat promosi yang Anda lakukan tidak maksimal.

 

5. Instagram Ads

 

 

Pada dasarnya cara untuk melakukan Instagram Ads tidak jauh berbeda dengan Facebook Ads, di Instagram Ads Anda dapat membidik market sesuai yang Anda inginkan. Di Instagram Ads Anda dapat mengetahui mulai dari lokasi, usia bahkan jenis kelamin yang Anda ingin bidik sebagai market Anda. Disisi lain, Instagram Ads juga dapat mengetahui data pengguna, hobi bahkan koneksi mereka. Jadi Anda dapat lebih tertarget untuk membidik market Anda, dan kemungkinan besar target Anda tepat sasaran. Mereka yang sudah Anda tentukan marketnya baik dari biografi atau demografinya, akan mendapatkan postingan iklan Anda di depan mata mereka saat mereka membuka akun Instagram miliknya.

Nah, jadi manfaatkan bagaimana kinerja dari platform Media Sosial Instagram untuk meningkatkan penjualan Anda. Semakin Anda lakukan dengan tepat, maka alhasil penjualan yang Anda dapatkan pun akan semakin meningkat.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.