Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai tips untuk meningkatkan engagement di Instagram.

Sangat disarankan untuk membaca artikel yang pertama, setelah itu lanjut membaca artikel ini.

Tapi tidak ada larangan untuk Anda yang hanya ingin membaca artikel ini saja.

Secara ringkas, di artikel pertama sudah membahas beberapa tips untuk meningkatkan engagement di Instagram.

Seperti, membuat pencitraan brand Anda, hastag yang relevan, gunakan iklan di video dan sebagainya.

Maka, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita membahas bagian selanjutnya.

1. Call To Action (CTA)

Pengguna Instagram yang menjadi target market Anda mungkin tertarik dengan iklan yang Anda buat, tetapi pastikan bahwa bukan hanya tertarik dengan iklan Anda.

Tetapi benar-benar tertarik dengan produk Anda dengan menggiring mereka untuk mengklik CTA yang sudah Anda atur untuk menuju ke website atau kontak Anda.

CTA bisa dimasukkan kedalam gambar atau video.

Tetapi cara yang paling ampuh untuk meningkatkan tingkat interaksi dan membuat pengguna Instagram untuk mengklik tombol atau link tersebut adalah menggunakan CTA resmi yang sudah disediakan oleh pihak Instagram saat Anda memulai atau membuat iklan.

Biasanya CTA itu muncul dibawah postingan Anda, CTA yang tertulis disana biasanya tergantung link yang Anda buat.

CTA berfungsi untuk membuat mindset pengguna yang tertarik dengan produk Anda akan langsung menghubungi Anda untuk melakukan transaksi.

Biasanya CTA yang disediakan oleh pihak Instagram adalah “Pelajari Lebih Lanjut” atau “Pesan Sekarang” atau “Panggil Sekarang” yang akan menarik perhatian pengikut atau pengguna lain yang menjadi target market Anda.

2. Libatkan Konten Followers

Sebuah konten yang dibuat oleh followers atau pembeli yang sudah melakukan pembelian produk adalah sebuah sebuah wadah yang baik bagi pebisnis yang melakukan pemasaran produknya.

Konten ini bisa sebuah testimoni pembelian atau bahkan cerita bagaimana rasanya melakukan pembelian produk.

Hal ini adalah kesempatan baik untuk Anda mendapatkan engagement lebih untuk produk Anda.

Karena bisa disebut ini adalah cara pemasaran gratis dan yang pasti akan membuat pengikut Anda yang lain lebih tertarik dengan produk Anda karena sudah ada bukti nyata.

Cara untuk menentukan pemenang adalah dengan memantau dan memilih gambar-gambar terbaik yang bisa menarik pengguna lain atau pengikut yang belum menggunakan jasa Anda.

3. Menggunakan Jasa Influencer

Influencer di Instagram atau biasa disebut Selebgram semakin menjadi hal yang dibutuhkan belakangan ini.

Karena untuk mengenalkan produk Anda kepada pengikut mereka dan jika banyak interaksi akan menjadi viral dan masuk ke eksplore.

Berarti secara tidak langsung hanya dengan sekali biaya post, sudah banyak menjangkau pengguna lain.

Influrncer atau Selebgram itu “Independent”, kerena mereka memperkenalkan Brand Anda tanpa terikat oleh brand lain secara bersamaan.

Jadi dapat membuat followers mereka yakin dengan produk yang Anda jual, dan akan menambah bahwa akun Anda bukan lah akun penipu.

Lalu bagaimana cara memilih Influencer atau Selebgram yang tepat untuk produk Anda?

Anda harus hati–hati jika ingin menggunakan  jasa Influencer atau Selebgram, karena tidak semua Influencer atau Selebgram dapat membuat produk Anda laku keras.

Bahkan mungkin hanya sedikit bertambah pengikut, Influencer atau Selebgram semacam ini harus berhati–hati.

Sebelum Anda menggunakan jasanya, lihat dulu testimoni yang sudah menggunakan jasanya, dan Anda harus menentukan produk yang Anda jual sesuai dengan segmen pengikut mereka.

Jadi tidak akan sia–sia biaya yang Anda keluarkan.

Anda harus mengerti bagaimana cara kerja seorang Influencer atau Selebgram, Anda harus mengetahui bagaimana strategi mereka dalam menampilkan Iklan Anda.

Anda dapat melakukan uji coba singkat untuk melihat bagaimana respon pengikutnya dengan brand Anda.

Jika memang tidak membuahkan hasil yang maksimal.

Anda dapat merubah strategi atau bahkan menarik jasa dari dia.

Selain itu Anda juga harus megetahui bagaimana alat yang mereka punya, tim mereka, bahkan dari tempat dimana mereka melakukan iklan untuk produk Anda.

Jangan sampai biaya yang Anda keluarkan terbuang percuma dengan hasil yang biasa saja.

Baca juga: 4 Trik Efektif Cara Meminta Endorsement Ke Artis Dan Selebgram

4. Gunakan SEO

Bagaimana caranya jika bermain SEO di Instagram? Lalu memang ada hubunganya SEO dengan Instagram?

Instagram dan SEO bisa dibilang tidak terlalu berhubungan dekat dibanding Website dengan SEO.

Tapi ada beberapa strategi yang bisa dilakukan dengan akun Instagram Anda supaya semakin kompetitif.

Ada dua bidang utama yang mempengaruhi SEO dengan akun Instagram Anda, yaitu nama akun dan nama profil.

Nama akun adalah nama yang menggunakan @ dibagian depannya, sedangkan nama profil adalah nama yang letaknya ada di bawah foto profil Anda.

Lalu hubungannya apa?

Buatlah nama akun yang menggambarkan produk Anda, misal Anda menjual gamis.

Anda bisa membuat @gamismurah atau lain–lain, dan buat nama profil Anda juga sesuai dengan produk Anda seperti Gamis Murah diskon 50%.

Kenapa harus sesuai dengan yang Anda jual?

Karena nama profil dan nama akun akan masuk ke kolom pencarian, jadi jika nama Akun Anda tidak berkaitan.

Maka akan sulit orang mencari akun Anda.

5. Adakan Kontes

Kontes di Instagram adalah suatu alat yang memiliki dampak baik, kontes bisa berupa sebuah Give Away.

Anda dapat membuat Give Away tersendiri atau mensponsori Give Away yagn dilakukan oleh akun lain dengan tujuan mempromote akun bisnis Anda.

Biasanya menghasilkan 3,5 lebih banyak likes dan 64 kali lebih banyak komentar dibanding Anda posting biasa.

Ini berarti ada sumber daya yang besar dan relatif belum dimanfaatkan oleh para pebisnis lain dan Anda dapat memanfaatkan hal tersebut.

Menjalankan kontes ini memerlukan perencanaan, misal Anda melakukan Give Away yang bekerja sama dengan akun tertentu.

Anda harus memiliki persyaratan untuk meningkatkan jangkauan akun Anda dan harus memiliki aturan atau tujuan dari kontes yang Anda lakukan, misalnya :

  • Follow akun Anda untuk meraih kesempatan memenangkan hadiah tertentu.
  • Komentari postingan dimana Anda melakukan kontes dan men”tag” teman untuk Follow akun Anda.
  • Memposting ulang postingan yang Anda posting diakun mereka untuk menunjukkan kepada pengikut mereka kalau Anda sedang melakukan kontes.
  • Dll.

Dengan aturan yang Anda buat, maka secara tidak langsung mereka yang mengikuti kontes Anda akan memperkenalkan akun Anda kepada pengikut mereka.

Sehingga akun Anda meraih jangkauan yang lebih luas, dan memiliki interaksi lebih dari biasanya.

Buat iklan Instagram dengan strategi kontes, interaksi yang akan terjadi akan lebih meningkat dari biasanya.

Dan kemungkinan untuk penjualan produk Anda semakin besar, karena selain iklan, mereka yang tertarik dengan kontes Anda  akan melakukan pemasaran tersendiri di akun mereka atas kontes yang Anda buat.

Setelah Anda memulai kontes, Anda harus memantau kontes dan promosi yang Anda jalankan.

Jangan sampai Anda tidak memantau sehingga Anda tidak mengetahui perkembangan dari akun Anda baik dari segi interaksi maupun ketertarikan yang terjadi.

Anda bisa menggunakan hastag tertentu untuk memantau bagaimana kontes yang Anda jalankan efektif atau tidak.

Ini merupakan salah satu cara menambah follower Instagram tertarget.

Baca juga: Cara Menambah Follower Tertarget Yang Efektif Dan Gratis

6. Gunakan Filter Photo

Instagram belakangan ini semakin memperbaiki aplikasinya supaya menyamankan penggunanya, begitu juga dengan Filter Effect di dalamnya.

Hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat foto produk di akun Anda memiliki ciri khas tersendiri, atau bisa dibilang sebuah identitas yang akun Anda miliki.

Bukan hanya di aplikasi Instagram saja, Anda juga dapat menggunakan aplikasi lain untuk membuat Filter Effect untuk foto produk Anda.

Pada pembahasan diatas bahwa Instagram adalah platform yang lebih mengunggulkan dari visualisasinya, jadi wajar jika pihak Instagram terus memperbaharui fitur Filter Effect yang mereka miliki.

Jadi Anda manfaatkan fitur yang dibuat oleh pihak Instagram atau Anda dapat memanfaatkan dari aplikasi Filter Effect yang lain.

Tunjukkan identitas atau perbedaan akun bisnis Anda dengan akun kompetitor atau akun bisnis yang menjual produk serupa dengan produk Anda.

Jadi manfaatkan Filter Effect dengan sebaik mungkin, karena jika Anda tidak melakukan perubahan pada postingan Anda.

Maka ketertarikan yang terjadi tidak akan sebesar jika Anda membuat sebuah inovasi terbaru untuk postingan Anda dengan ide–ide cemerlang yang Anda miliki.

7. Gunakan Emoticon

Emoticon atau Emoji belakangan ini semakin banyak di gunakan untuk mengekspresikan suatu kata–kata ketika menulis sesuatu, termasuk di caption Instagram.

Bahkan hampir 50% dari komentar atau caption Instagram itu menggunakan emoticon.

Lebih dari sekitar 2.623 emoticon yang tersedia (atau mungkin sekarang sudah lebih).

Bisa Anda jadikan suatu strategi untuk membuat akun bisnis dengan brand Anda dapat dikenal atau memiliki identitas dibandingkan dengan akun bisnis lain supaya tidak terlihat terlalu formal atau kaku.

Tetapi sebelum Anda benar–benar menggunakan emoticon untuk akun bisnis Anda, Anda harus lebih dahulu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:

Pertama, pertimbangkan apakah brand Anda harus menggunakan emoticon, misalnya dalam hal menawarkan produk. Apakah harus menggunakan emoticon untuk menunjukkannya?

Kedua, Anda harus memahami makna dari emoticon yang akan Anda gunakan untuk memastikan penggunaannya sesuai dan berapa banyak dan seberapa sering Anda harus menggunakan emoticon untuk meningkatkan engagement.

Anda harus ingat, penggunaan emoticon harus melihat kedua pilihan diatas.

Selain itu juga, penggunaan emoticon mencerminkan pendapat dari pengikut tentang postingan Anda.

Untuk memastikan segementasi pasar atau pengikut Anda bisa melalui penggunaan emoticon, Anda dapat melihat dan memantau postingan Anda.

8. Pelajari Interaksi Konten Anda

Untuk meningkatkan ketertarikan atau interaksi dari akun Anda, Anda harus memperlajari “Formula” dari konten yang Anda buat untuk memperbaiki cara strategi pemasaran akun Instagram Anda.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, bisa dengan mengidentifikasi hastag yang paling relevan dan efektif atau dari konten postingan Anda.

Atau dengan cara mencari tahu waktu yang terbaik untuk memposting konten di akun Instagram bisnis Anda.

Melalui pemantauan tersebut, Anda dapat mengembangkan bagaimana cara terbaik untuk memasarkan brand untuk produk Anda.

Anda juga dapat melihat interaksi konten Anda melalui analistik yang disediakan oleh pihak Instagram untuk mengetahui postingan yang seperti apa yang memiliki ketertarikan untuk pengguna lain.

9. Promosikan Akun Instagram Anda di Media Social Lainnya

Mempromosikan akun Instagram sebenarnya memiliki banyak cara, ada dengan cara manual atau tidak.

Cara manual yaitu seperti memberitahukan kepada kerabat, saudara atau teman–teman dekat tentang akun yang Anda miliki, tapi apakah efektif?

Tidak, hanya membuang waktu dan tenaga.

Iya kalau mereka yang Anda beritahu benar–benar mengikuti akun Anda, kalau hanya sekedar menghargai Anda kemudian berhenti mengikuti karena tidak tertarik.

Bisa saja kemungkinan itu terjadi, bukan?

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah mempromosikan akun Instagram Anda di akun media sosial lain yang Anda miliki, misalnya Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Selain itu Anda dapat menggunakan cara promosi saling silang, yaitu menautkan akun instagram Anda di setiap postingan media sosial Anda yang lain.

Misal Anda membuat postingan di twitter, maka Anda tidak lupa untuk menyantumkan link akun Instagram Anda untuk di ikuti oleh pengikut Anda di Twitter.

Begitu juga dengan akun media sosial Anda yang lain jika Anda ingin mempromosikan akun Instagram Anda.

10. Konversikan Pengikut Instagram Menjadi Pelanggan Email

Email, semua orang yang memiliki media sosial pasti memiliki email.

Atau mungkin tanpa media sosial pun mereka memiliki Email, karena smartphone sekarang biasanya memerlukan email sebagai alat untuk back up atau sinkronisasi data. Termasuk Anda, bukan?

Email tetap menjadi media utama untuk membangun suatu hubungan, baik pekerjaan atau apapun.

Nah untuk Anda seorang pebisnis, email pun menjadi alat yang sangat penting untuk menghubungkan Anda dengan pelanggan Anda.

Itulah sebabnya beberapa brand besar akan berusaha untuk mengubah pengikut Instagram mereka menjadi pelanggan email, untuk apa?

Untuk menjadikan mereka target market yang terbilang efektif karena sudah mengetahui bagaimana kualitas brand Anda.

Ada 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk “memaksa” para pengguna Instagram untuk mengikuti Anda melalui email.

  1. Buat penawaran yang dapat di klik di postingan Anda tergantung target Anda, jadi Anda menawarkan hadiah, gratis ongkir, promo atau diskon tergantung dari target Anda.
  2. Setelah mereka klik link tersebut, pastikan halaman link yang Anda buat menampilkan ajakan untuk mengisi sebuah formulir yang berisi data pengiriman email.
  3. Buat pesan secara efektif untuk pelanggan baru, sehingga mereka pun dapat info–info penting yang mereka butuhkan untuk mengembangkan hubungan dengan mereka.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan engagement di Instagram.

Instagram akan terus mengalami perubahan, pebisnis lain pun akan semakin bertumbuh bersama dengan perkembangan Instagram.

Strategi dan cara berjualan Instagram juga akan berkembang.

Jadi jangan sampai Anda tertinggal untuk mempelajari seluk beluk Instagram marketing supaya Anda tetap dapat bersaing dengang pebisnis lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.