Cara Membuat Mini Studio Box yang Bagus, Mudah dan Murah

mini studio

Tutorial cara membuat mini studio box/ light tent dengan kualitas photo yang sangat bagus namun dengan biaya murah berikut ini sudah banyak digunakan oleh para online shopper dan para pebisnis online dalam rangka menghasilkan gambar menarik untuk menaikan engagement, profesionalisme dan nilai kepercayaan para loyal customer mereka.

Jadi bagi anda yang baru memulai menggunakan ide mini studio box dalam memaksimalkan tingkat interaksi dan strategi pemasaran anda, baiknya coba cara berikut ini yang dijamin kualitas photo tidak kalah jika anda membeli mini studio mahal yang ada di hardware store. Silahkan menyimak!

Apakah anda adalah tipe orang seperti saya yang pantang membeli sesuatu jika memang bisa mandiri membuat atau menghasilkannya dengan biaya minim bahkan tanpa biaya sama sekali dan dengan hasil jadi (output) yang sama persis atau bahkan lebih memuaskan? Ya, kita termasuk orang-orang kreatif.

Hal inipun terjadi ketika saya pergi ke toko aksesoris kamera langganan saya untuk mencari ide barang yang biasa digunakan dalam hal capturing photo skala kecil waktu itu. Lampu sorot, kain penutup, dll. Betapa kagetnya saya ketika melihat harga satu paket pembuat tenda mini studio yang saya taksir mempunyai harga yang menurut saya tidak logis. Coba membandingkan dengan harga satuan saja jika membeli di toko aksesoris campuran/ hardware atau toko lain yang serupa jelas jauh lebih murah. Ini kok, mahal banget? Aha! Eureka, ide kancil saya tiba-tiba menyala. Males banget deh beli paketan atau satu set, mending coba buat sendiri siapa tau hasilnya lumayan. Dan…hehe

Dengan bahan atau modal utama karton/ kertas kardus biasa saya sudah bisa mendapatkan inexpensive mini studio box light tent dengan kapasitas photo yang tidak kalah bagusnya dengan menggunakan studio mini professional/ fabrication made. Asal mengikuti prosedur berikut;

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan:

  1. Sebuah Kotak Kardus cara membuat mini studio box

Bisa mengguanakan kardus bentuk apa saja selama lampu sorot yang anda gunakan mampu memberikan cahaya kesuluruh sudutnya secara merata. Meski demikian, saya lebih memilih karton berbentuk kubus dimana bisa juga anda dapatkan di mana saja: mini market, toko swalayan, bagian pergudangan mall, dll. Lebih tebal lebih baik dan GRATIS!

2. Kain Penutup

Inipun bisa beragam pilihannya dan anda bebas menentukan mau memakai kain jenis apa. Untuk kotak yang saya punyai saya memakai kain muslin berwarna putih. Belilah secukupnya untuk menutupi seluruh badan karton. Beberapa orang menyarankan penggunaan kain nylon putih ataupun fleece putih. Atau anda juga bisa memakai beberapa potongan kain apapaun termasuk kemeja berwarna putuh asalkan bahan dan warnanya sama dari koleksi kemeja anda yang sudah tidak terpakai.

3. Solatip/ Lakban

Lakban digunakan untuk merekatkan kain dengan sisi kardus dan tentu saja jika anda ingin mencoba berganti jenis kain, hal ini mudah untuk diaplikasikan. Saya menggunakan jenis lakban bening biasa saja. Per roll-nya pun sangat murah.

4. Lem

Anda bisa menggunakan lem bantangan atau lem semprot untuk merekatkan lapisan pada kotak kardus.

5. Kertas Bristol Putih

Berfungsi sebagai latar dan memberikan efek elegan sebagai pelapis dalam badan kotak. Saya menyarankan anda untuk membeli 2-3 lembar dimana 2 lembar berfungsi sebagai alas dan saru lagi sebagai latar belakang. Tergantung luas kotak sebetulnya tapi patokan standarnya seperti itu. Kertas bristol merupakan kertas tebal (0,06 inchi) dan juga berat yang biasa digunakan dalam dunia seni atau seni gambar. Namanya berasal dari wilayah dimana kertas ini pertama dibuat Bristol, Inggris. Jika anda menginginkan latar belakang yang berbeda anda dapat mencoba variasi warna yang berbeda pula.

6. Lampu

Pemilihan lampu yang tepat akan memberikan efek pencahayaan yang baik. Juga merupakan bagian termahal kecuali anda sudah mempunyai lampu tersebut untuk anda gunakan. Menurut saya bagian pencahayaan adalah yang terpenting, tanpa ini anda mustahil bisa mendapatkan kualitas gambar yang anda idam-idamkan.

Saya biasa pergi ke hardware store terdekat dan memilih beberapa bola pijar. Memilih bola lampu biasa tentu akan menghasilan warna cahaya kekuningan bukan? Makannya saya membeli ‘n:vision’ 90 watt equivalent compact florescent bulbs. Pada dasarnya bola lampu ‘full spectrum’ juga pasti ada.

Saya juga menyarankan penggunaan light fixture (tempat penyangga lampu). Jika anda sudah punya aksesoris lampu kerja jenis ini, akan sangat bagus. Kalau belum, saya menyarankan anda membeli ‘Clamp On Work Light’ dengan 2 jenis ukuran yang bisa anda coba.

7. Peralatan Tambahan: Meteran gulung, penggaris/ mistar atau benda apapun yang berbentuk mirip, gunting dan pisau kertas.

cara membuat studio mini

Sekarang, sesudah anda mempersiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Akan saya tunjukan langkah pembuatan tenda studio mini. Begitu selesai nanti, anda dapat mengambil gambar gambar produk yang bersih dan mengagumkan.

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. studio miniAmbil kotak kardus anda beserta meteran gulung  dan spidol. Tandai kurang lebih 2 inchi dari tepi kotak berupa strip/ titik terus sampai memanjang pada semua sisi. Kemudian hubungkan dengan menggunakan mistar/ penggaris sehingga memberikan garis lurus yang berfungsi sebagai patokan untuk anda potong menggunakan pisau nantinya.

 

2. Potong menggunakan pisau lubang kotak pada semua sisi yang telah diberi garis oleh spidol tadi. Kalau sudah, buang bagian atas kotak, namun biarkan saja untuk bagian bawah!

3. Sekarang, ambil kertas bristol. Buatlah tanda kertas bristol dengan spidol selebar 2 inchi berupa strip sebanyak 16 kali. Kemudian gunting sehingga menghasilkan pita bristol.

4. Lem pita bristol pada bagian dalam kotak. Pastikan sisi pita yang terkena spidol, menjadi bagian yang ditempel tujuannya supaya tidak terlihat.

5. Ambil satu lembaran lain kertas bristol dan gunting, sehingga lebarnya sama dengan lebar dalam kotak dan panjangnya lebih panjang dari kotak.

mini studio box dan cara membuatnya6. Tempatkan ukuran memanjang kertas bristol tadi ke dalam kotak. Sehingga posisinya sedikit melengkung ke bawah. Jangan sampai kusut, karena akan terlihat pada photo anda. Potong kelebihan panjang kertas bristol yang muncul di bagian atas kotak.

7. Gunting ukuran kain penutup sesuai luasan lubang pada ketiga sisi samping kotak. Dan gunting ukuran besar kain penutup untuk bagian atap.

8. Lakban kain penutup untuk menutupi sisi lubang pada sisi kotak kecuali satu bagian depan.

Sehingga hasilnya seperti di bawah!

SELESAI!

Yang anda butuhkan sekarang hanya tinggal sebuah lampu sorot untuk anda letakkan di atas bagian atap.

Ada bebepa variasi yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan photo sesuai yang anda inginkan. Jika anda mendapat masalah terkait bayangan, anda bisa memindahkan pencahayaan pada bagian samping. Jika anda mengalami masalah vignetting, gunakan hood lensa atau dekatkan lensa dengan object photo. Photoshop juga bisa menjadi alat yang praktis. Jika kamera dan lensa anda kurang bersih, saya menggunakan photoshop untuk membersihkan debu yang timbul akibat lensa kotor ataupun hanya untuk sekedar menambah kecerahannya saja.

Yuk lihat hasilnya!

Demikian tutorial ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi ya! Selamat mencoba!