Setiap bisnis pasti pernah mengalami yang namanya periode buruk. Seperti roda kehidupan, usaha kadang di atas tapi kadang juga di bawah. Pasti selalu ada hambatan.

Dan harus bisa diselesaikan dengan bijak meski jalannya tidak semulus yang di bayangkan. 

Situasi semacam ini paling sering di alami pemula yang baru terjun ke dunia bisnis. Wajar bersikap panik saat tau bisnisnya diambang kehancuran karena sepi pembeli. 

Beberapa mungkin bisa mengatasi situasi ini, tapi banyak juga yang harus gulung tikar karena tidak mampu bertahan.

Ada kiat yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda bertahan dan produk laris manis. Salah satunya dengan melakukan pemasaran produk. 

Pemasaran merupakan elemen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan strategi pemasaran yang tepat, produk Anda akan laku keras di pasaran.

Banyak pelaku bisnis yang masih berfikir keras mencari strategi yang tepat untuk bisnis mereka. 

Jika Anda tidak melakukan pemasaran dan perencanaan yang tepat, besar kemungkinan bisnis atau usaha Anda akan sepi pembeli. 

Ada banyak sebab kenapa usaha sepi, mungkin saja kualitas produk jelek, harga terlalu mahal, SDM tidak kompeten, atau layanan yang kurang optimal. 

Untuk keluar dari periode usaha sepi, solusinya yaitu membuat perencanaan dan strategi pemasaran yang tepat.  

Berikut ini adalah 11 tips yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda agar ramai lagi :

1. Evaluasi

Ambil jeda waktu sebentar untuk sekadar membuat evaluasi. Penjelasannya seperti ini, mengambil jeda waktu saat usaha sepi bisa memberi penghematan untuk operasional. 

Percuma saja tetap beroperasi tapi tidak ada pemasukan sama sekali. Ini waktu yang tepat untuk Anda melakukan evaluasi bisnis secara keseluruhan.

Dari bagian awal hingga akhir termasuk perkembangan produk, sumber daya, layanan, arus kas, juga kemampuan staff.

Dari sini Anda bisa mendapat jawaban mana kelemahan dan kekuatan bisnis atau usaha Anda. 

2. Berhitung

Tidak cuma menyangkut kas saja, berhitung bisa terkait banyak hal. Berhitung yang dimaksud lebih seperti mengelola aset yang dipunya. 

Pasti ada banyak yang terlupa saat dulu sedang berjaya, dan kini waktunya mengelola mumpung lagi tidak banyak aktivitas bisnis.

Mengelola suatu bisnis bisa dimulai dengan menghitung beban biaya yang harus dikeluarkan, ini termasuk jatuh tempo, gaji pegawai, tanggungan listrik, sewa lokasi, juga lainnya.

Hal semacam ini harus mulai dihitung supaya bisnis tak makin terpuruk karena usaha sepi.

3. Ubah strategi

Kembali lagi, strategi menjadi salah satu faktor yang sangat di pikirkan dan di pertimbangkan keberhasilannya.

Untuk itu Anda tidak bisa sembangaran dalam menentukan strategi yang akan Anda pakai untuk bisnis Anda.

Strategi yang monoton atau yang itu-itu saja menjadi penyebab usaha Anda sepi pembeli.

Pasar sudah tumbuh dan berubah, seharusnya Anda mengganti strategi pemasaran produk Anda dan mengikuti yang sedang nge-trend sekarang ini.

Usaha sepi bisa memberi waktu lebih untuk berpikir membuat strategi pemasaran yang baru.

terkait rencana pemasaran jangka pendek dan jangka panjang. Strategi yang dimaksud termasuk merubah dari offline ke online, seperti melakukan pemasaran lewat sosial media. 

Sosial media yang sedang ngetrend untuk berjualan online adalah instagram.

Dengan banyaknya fitur-fitur yang di berikan oleh instagram semakin memudahkan Anda untuk mempromosikan dan memasarkan produk Anda.

Baca juga : Cara Termudah Jualan Laris Di Instagram 

Berikut ini, Fitur-fitur instagram yang bisa Anda pakai untuk meningkatkan penjualan Anda:

Insight

Insight Fitur audience insight akan memberikan masukan bagi Anda pengguna Instagram bisnis untuk menganalisis siapa saja yang masuk ke profil bisnis Anda.

Seperti informasi demografi, usia serta minat pelanggan terhadap bisnis Anda dan ini dapat membantu Anda untuk mengetahui preferensi dari pelanggan 

Yang mem-follow instagram Amelia softaware lebih banyak mereka yang berusia 18-24 tahun dan followers amelia software lebih banyak yang tinggal di jabodetabek 

Auto Reply 

Tipe konsumen Indonesia memiliki ciri khas yang unik dalam komunikasi yang disebut social-commerce.

Konsumen sangat menggandrungi chatting dengan menanyakan berbagai macam informasi, termasuk yang sudah tertera.

Untuk tetap bisa mengontrol komunikasi dengan pelanggan, Instagram bisnis memiliki fitur auto-reply atau balasan cepat. Fungsi fitur ini mirip dengan frequently ask question (FAQ). 

Anda bisa menemukannya di menu Setting kemudian pilih Pengaturan Bisnis dan pilih Balasan Cepat.

Kemudian tulis balasan yang bersifat baku untuk mempecepat respons ke konsumen. Setelah berhasil di gunakan, Anda bisa memilih ikon pesan yang berjajar dengan ikon GIF, foto, dan hati.

Untuk menambah interkasi dengan audiens Anda, Anda bisa menggunakan Instagram stories dan direct message (DM). Karena masih banyak sekali pelanggan yang mengirimkan pertanyaan melalui direct message (DM). 

untuk tau lebih detail lagi mengenai produk yang Anda jual atau promosikan lewat instagram. 

Anda bisa memakai instagram stories untuk menaikan penjualan Anda. Sekaligus mempromosikan produk Anda, masukan produk ada dalam bentuk foto atau video dan kreasikan stories Anda dengan kreatif.

Membangun interaksi dengan audiens Anda, dapat membuat toko online Anda bisa kembali aktif, dan ramai lagi.

Filter box

Fitur ini bisa memudahkan Anda untuk menyaring pesan yang masuk. Anda bisa menandai beberapa pesan masuk untuk menentukan mana yang harus di tinjau ulang dan mana yang sekadar lewat melihat-lihat. 

Filter ini juga bisa menyaring pesan mana saja yang belum sempat dibaca untuk menjaga engagement antara pebisnis dan pelangngannya.

Perhatikan Hal ini, Sebelum Meminta Endorsement Ke Selebgram/Influencer : Baca Disini. 

Gambar 1
Gambar 2

Siaran langsung atau live 

Selain Instagram Stories, fitur siaran langsung live juga menarik perhatian calon pembeli.

Instagram mengklaim bisnis yang melakukan siaran langsung mendapat like 1,5 kali lebih banyak dibanding akun yang belum pernah melakukan Live sama sekali.

Konten yang bisa Anda share saat melakukan siaran live di instagram sangat beragam, seperti menunjukan cara pembuatan produk Anda kepada audiens Anda. 

Ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara Anda dan audiens. Agar mereka lebih percaya kepada toko online Anda dan tidak ragu untuk membeli produk Anda. 

Memperlihatkan proses pengemasaan barang juga bisa Anda siarkan saat live, hal ini untuk menambah kepercayaan audiens Anda jika produknya di kemas dengan baik dan aman. 

IGTV 

Fitur igtv ini memberikan durasi yang lebih panjang samapi 60 menit, dengan durasi yang panjang bisa Anda gunakan untuk membangun brand bisnis Anda lebih detail atau lebih jelas lagi. 

Konten yang bisa Anda upload di igtv juga sangat beragam, seperti : 

  • Demonstrasi produk : cocok untuk memperkenalkan produk baru sambil memberikan penjelasan tentang fungsi produk dan cara menggunakannya
  • Behind-the-scenes : tunjukkan proses operasional bisnis Anda di balik layar, jika perlu perkenalkan pula anggota tim yang berjasa dalam proses tersebut.
  • Teaser/trailer : tidak hanya cocok bagi Anda yang bekerja di industri film, tapi juga bisa diterapkan saat Anda hendak merilis produk baru untuk membangun hype.
  • Inspiration/insight : memberikan contoh penggunaan produk Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Itu beberapa fitur dari instagram yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan Anda. mari kita lanjut ke tips berikutnya agar usaha Anda yang sepi bisa ramai lagi

Mau Tau Tips Melayani Dan Menangani Komplain Dari Pembeli : Baca Disini. 

4. Membangun relasi 

Membangun relasi ini harus Anda lakukan karena ini bisa berguna saat usaha sepi. Relasi bisnis bisa memberi perbandingan apa yang salah dengan metode bisnis yang Anda pakai. 

Yang paling utama, relasi bisnis bisa memberi pengaruh banyak terkait pemasaran.

Untuk sekelas perusahaan, membangun relasi bisnis dengan konsumen itu wajib hukumnya. 

meski mungkin saja konsumen tidak akan membeli lagi. Bagaimana pun, konsumen merupakan faktor penting yang bisa mendukung kesuksesan suatu bisnis. 

Untuk itu Anda harus membangun relasi seluas-luasnya untuk membantu Anda dalam mengatasi permasalahan bisnis Anda.

shareing dengan partner bisnis Anda semakin memudahkan Anda dalam mencari solusi bisnis Anda yang sepi jadi ramai lagi.

5. Inovasi

Ini yang selalu didengungkan banyak pakar usaha, inovasi. Memang benar, tanpa ada inovasi suatu bisnis bisa saja sepi karena tak punya hal baru yang ditawarkan ke konsumen/pelanggan. 

Inovasi bisa banyak hal, misalnya dengan merambah dunia online dengan memakai website.

Atau, misal dengan mengembangkan produk baru yang sesuai jaman, meski itu cuma sekedar merubah desain label produk. 

Justru cara ini banyak diadopsi banyak pebisnis. Terasa ada semacam pembaharuan di mata konsumen meski itu sebatas merubah kemasan produk saja.

Jadi pikirkan dengan baik inovasi yang akan Anda buat untuk produk Anda, agar bisa memberikan dampak yang baik untuk bisnis atau perusahaan Anda. 

6. Company profile

Usaha sepi bisa jadi dikarenakan perusahaan belum cukup dikenal, ini biasa dialami perusahaan yang baru muncul. Supaya dikenal, perusahaan kerap membuat suatu event atau promo.

Cara ini punya resiko tinggi, apa lagi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk membuat perkenalan pada pasar, ada cara yang lebih ramah, yaitu lewat company profile

Bahkan untuk perusahaan modern, company profile merupakan suatu keharusan. Dengan catatan, komposisi desain company profile yang dibuat harus unik juga efektif.

Adanya company profile yang Anda share ke sosial media, membuat audeins atau calon pelanggan Anda lebih cepat tau usaha atau bisnis Anda bergerak di bidang apa dan produk apa saja yang Anda jual. 

Baca juga : Bisnis Sukses dan 5 Potensi Ancamannya yang Harus Di waspadai. 

7. Ambil modal Anda yang ada pada orang lain 

Strategi paling umum yang banyak di pakai, yaitu dengan menitip barang, yang bisa diartikan dengan menitip modal.

Padahal, makin banyak modal di tangan orang lain, makin besar pula peluang bisnis menjadi sepi karena dana operasional jadi kian terbatas.

Masalah usaha yang sepi, membuat banyak pebisnis jadi malas meminta kembali modal yang sudah di tanam atau modal yang di pinjamkan kepada orang lain. 

Modal yang Anda titipkan berarti hutang dan itu hak Anda. jadi Anda harus mendapatkan modal itu kembali sebagai pemasukan atau modal untuk membangun usaha Anda lagi. 

8. Berhemat

Selain dengan berhemat, tidak ada cara yang lebih baik lagi yang bisa diambil saat usaha sepi. Dalam berbisnis juga mengalami up dan down. Anda harus mulai belajar berhemat di kedua situasi tersebut.

Agar di saat usaha Anda sepi, Anda punya modal lagi untuk mengembalikan kejayaan bisnis Anda sedikit demi sedikit. Berhemat juga dapat menjaga arus kas keuangan bisnis Anda agar tidak semakin bobol. 

Contoh lain, kalau strategi pemasaran yang Anda ambil terlalu memakan biaya, ini harus di ubah. Dengan strategi pemasaran yang lebih efektif dan memilih segmentasi yang tertarget. 

Strategi yang Anda ambil pastinya harus dengan budget yang masuk akal dan sesuai dengan perhitungan Anda. Hal ini harus di lakukan untuk menjaga kestabilan keuangan Anda.

9. Kembangkan ide baru

Konsumen pasti akan merasa jenuh ketika diberikan desain produk yang itu-itu saja. Harus ada sesuatu yang baru yang bisa membuat konsumen bergairah supaya mau kembali lagi membeli produk Anda. 

Satu yang bisa dicoba yaitu dengan menawarkan promo atau program khusus ke konsumen. Ini bisa membuat rasa penasaran konsumen dan tertarik melirik perusahaan Anda lagi. 

Cara lainnya dengan melibatkan partisipasi konsumen dalam suatu event sebagai bentuk penghargaan dari perusahaan.

Kembangkan inovasi yang menarik dan sedang nge-trend di masyarakat. Anda juga bisa shareing dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama dengan Anda, yaitu memiliki bisnis yang sukses.

untuk memudahkan Anda mencari informasi apa yang sedang ngetrand dan berkembang di masyarakat.

Mau tau Cara Cepat Jualan Laris di Instagram dengan Dana lebih : Baca Disini.

10. Memaksimalkan media sosial untuk pemasaran 

Di jaman yang serba digital ini membawa banyak perubahan, termasuk untuk urusan pemasaran. Anda bisa menggunakan media sosial seperti website, youtube, blog, twitter, dan instagram sebagai tempat berpromosi. 

Apa lagi untuk menjangkau target audiens yang lebih luas, sosial media bisa sangat membantu Anda dan memberikan pengaruh yang signifikan untuk bisnis Anda.

Pemasaran dengan cara online ini sah-sah saja dan tidak meninggalkan cara offline-nya juga, keduanya bisa Anda gunakan secara bersamaan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kembali am memilih strategi pemasaran yang harus Anda perhatikan adalah keuangan Anda.

pilih yang memang cocok dengan keuangan Anda dan pikirkan dengan baik kekurangan dan keutungan dari kedua strategi tersebut.

11. Ganti usaha

Ganti usaha salah satu pilihan yang tepat buat Anda jika sudah tidak bisa lagi mempertahankan bisnis Anda padahal Anda sudah melakukan segala cara agar bisnis Anda kembali ramai dan di lirik oleh para pelanggan. 

Dari pada terus merugi lebih baik Anda mengganti bisnis Anda dengan bisnis baru yang sedeng ngetrend di kalangan masyarakat.

Seperti bisnis online makanan, pakaian, sepatu dan bisnis print on demand yang memberikan produk sesuai keinginan pelanggannya.

Dengan pengalaman pernah gagal dalam berbisnis Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih bisnis dan strateginya. 

Belajar dari kesalahan agar bisnis Anda tetap bertahan dan berumur panjang. Jika Anda memakai media sosial instagram untuk memudahkan bisnis online Anda.

ada baiknya Anda memakai software instagram bisnis online yang berfungsi untuk membantu Anda mengelola akun instagram bisnis Anda.

Mau tau 6 Instagram Software Automation Terbaik Untuk Bisnis Anda : Baca Disini. 

Bukan hanya mengelola, Software instagram bisnis online juga dapat meringankan pekerjaan Anda, sehingga Anda bisa melakukan pekerjaan lainnya.

jangan pernah berhenti untuk belajar dan lakukan setiap metode pemasaran dengan tepat.

lebih cermat dan bijak dalam memilih strategi bisnis karena Sukses atau tidaknya sebuah bisnis memang sangat bergantung pada strategi yang Anda pilih.

dan teliti dalam memilih sumber daya yang ada tunjuk dan Anda percaya untuk membantu Anda.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.