Seperti yang sudah banyak orang tahu dan juga pastinya Anda juga bahwa mempromosikan sesuatu di era sekarang lebih asik melalui chanel sosial media. Dimana chanel ini sudah pasti lebih low cost dengan impact yang luar biasa besar bagi sebuah brand, produk, maupun jasa.

Dan salah satu cara ampuh yang bisa digunakan untuk promosi di masa sekarang adalah dengan video, dimana visual dan audio dapat melebur dan mempengaruhi alam bawah sadar orang yang menontonnya, termasuk mempengaruhi Anda sebagai pengguna sosial media.

Baik di Instagram, Facebook, maupun Youtube sudah hal biasa melihat konten iklan yang berisikan video di dalamnya. Jika video Anda menarik, lucu, ataupun bisa menyentuh hati para penonton maka akan dengan mudah Anda mendapatkan share dari orang yang menontonnya.

Tapi sebelum Anda memanfaatkan video sebagai senjata dalam berpromosi baik di Instagram, Facebook, ataupun youtube, ada 9 hal yang perlu Anda perhatikan dan akan saya ulas lengkap disini. Anda bisa siapkan catatan agar apa yang saya tulis bisa langsung Anda praktekkan nantinya.

  1. Rencanakan dulu video marketing yang ingin Anda buat

Membuat sebuah kerangka perencanaan dalam sebelum proses pembuatan video dibuat akan membuat konten Anda bisa dikembangkan dengan efektif. Tahapan perencanaan video dapat dimulai dari riset market atau audiens Anda dengan mengetahui kesukaan mereka, ketakutan mereka, bahasa seperti apa yang digunakan, bagaimana habit mereka, dan berbagai seluk beluk tentang market Anda agar video yang dibuat dapat dekat dengan kehidupan mereka.

Kemudian Anda juga bisa membuat rancangan anggaran dalam memproduksi videountuk memasarkan produk atau jasa Anda. Membuat video memang tidak mudah, tapi bukan berarti sulit juga. Dengan handphone yang Anda miliki sekarang pun bisa digunakan untuk membuat video promosi yang menarik. Anda bisa cari cara membuat dan edit video dengan handphone di youtube. Kemudian Anda juga bisa menggunakan teman sebagai talent Anda agar budget produksi video tetap minim hehehe…

  • Membuat Cerita yang Menarik

Kesuksesan promosi melalui video ada pada alur cerita yang dibungkus dengan menarik. Cerita yang menarik sangat penting karena hal tersebut bisa mempengaruhi emosi seseorang dan Anda perlu melakukan itu pada audiens Anda.

Anda mungkin sering melihat iklan asuransi dari Thailand atau China?

Ya iklan tersebut sering sekali viral di Facebook maupun Instagram karena memiliki cerita yang menarik dan menyentuh hati para penontonnya, sehingga mereka rela klik tombol share di sosial medianya.

Ada juga iklan sebuah es krim di Indonesia yang jenaka, dimana disitu ada seorang pria naik naga tapi menggunakan GPS gadget untuk menuju lokasi sang kekasih yang sedang kesulitan. Iklan tersebut memiliki alur cerita yang lucu dan nyeleneh sehingga bisa memancing orang tertawa dan bisa viral dimana-mana.

Anda tidak perlu membuat video sebaik mereka, hanya saja ambil alur cerita yang menarik, lucu, atau menyentuh hati untuk dijadikan bahan promosi Anda.

  • Maksimalkan detik detik awal video

Pada tahun 2015, majalah Time mengutip sebuah penelitian yang dilakukan oleh Microsoft yang menyatakan bahwa rasa ketertarikan manusia akan sesuatu lebih singkat daripada ikan mas. Penelitian itu mengatakan bahwa manusia kehilangan ketertarikannya setelah 8 detik berlalu dan Anda bisa mengira bahwa angka itu akan semakin berkurang setelah memasuki tahun 2019 nanti.

Media sosial mempersingkat rentang perhatian seseorang dan sebagai pengiklan, kita hanya memiliki beberapa detik sebelum audiens kita merasa bosan. Itulah alasan kenapa Anda harus memaksimalkan detik-detik pertama dalam video untuk mendapatkan perhatian audiens dan mendorong mereka untuk menyaksikannya hingga akhir.

Pastikan pembukaan video Anda sangat menarik! Anda harus bisa membuat audiens merasa penasaran tentang kelanjutannya.

  • Fokus pada kualitas video yang dibuat

“Kualitas di atas kuantitas”, hal itu juga berlaku untuk video pemasaran Anda.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mendapatkan perhatian audiens itu penting, tapi menjaga agar audiens bisa tetap tertarik pada konten video jauh lebih penting. Ketika Anda menginginkan audiens Anda untuk menyaksikan video yang Anda buat hingga habis, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat konten dengan kualitas tinggi.

Selalu ingat kata-kata “kualitas di atas kuantitas”, karena video dengan kualitas yang buruk tidak akan bisa viral dan yang sedang kita bicarakan bukan hanya kualitas video (1080p), melainkan tentang keseluruhan video mulai dari cerita yang disampaikan dan tujuan dari video yang Anda buat.

“Stories Are Everywhere” milik Instagram, mampu menunjukkan bahwa video bisa berbentuk sederhana, namun tetap menyenangkan dan juga high-quality. Pembuatnya berfokus pada kegiatan sehari-hari yang beragam dan mengabadikannya pada Instagram Stories. Tujuannya untuk mempromosikan kegunaan fitur Stories dan merka berhasil melakukannya.

  • Gunakan durasi video yang tidak terlalu panjang

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, mempertahankan durasi video tetap singkat dengan menghapus bagian-bagian yang tidak diperlukan merupakan tahap pertama untuk mendapatkan kualitas video yang bagus. Karena rasa ketertarikan seseorang pada konten video semakin menurun, maka sangat penting bagi Anda untuk mengisinya hanya dengan hal-hal yang relevan dan juga menarik, tanpa menambahkan hal-hal yang tidak diperlukan.

Maka dari itu, maksimalkan video Anda sebagai pancingan untuk mendapatkan perhatian audiens agar mereka penasaran akan kelanjutannya.

  • Gunakan Subtitle

Subtitle bisa membuat audiens lebih mudah memahami isi video terutama bagi mereka yang tidak berbicara bahasa yang sama dengan Anda dan juga bagi mereka yang punya masalah dalam pendengaran.

Alasan lain untuk Anda menambahkan subtitle dalam video adalah karena dalam beberapa sosial media, konten berupa video akan terputar dalam mode senyap, yang berarti jika Anda tidak menuliskan subtitle, Anda akan gagal menarik perhatian audiens kecuali jika mereka mengaktifkan suaranya.

  • Tambahkan Animasi

Baru-baru ini, penggunaan animasi dalam pembuatan video untuk konten marketing semakin sering digunakan. Video dengan animasi terlihat akan mendominasi pada tahun 2019 mendatang.

Animasi dapat membantu Anda untuk menjelaskan isi dari video Anda dengan cara yang menyenangkan bagi audiens. Konten dengan tema yang kompleks dapat divisualisasikan dengan cara yang informatif, jelas dan menarik.

  • Pilih sosial media yang tepat

Memilih sosial media yang tepat dapat membantu Anda untuk menyebarkan video yang Anda buat. Setiap sosial media memiliki kriteria khusus untuk setiap video yang akan dibagikan dan Anda harus memikirkan baik-baik tentang hal ini.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membagikan video Anda melalui platform Instagram, Anda harus membuat video Anda berada dalam rentang waktu 60 detik sesuai ketentuan Instagram. Beda halnya dengan Facebook, yang mengizinkan Anda untuk membagikan video hingga 240 menit.

Hal yang terpenting pada bagian ini adalah tentukan platform yang akan Anda gunakan sebelum mulai membuat video. Buat video Anda sesingkat dan semenarik mungkin.

  • Tambahkan Call to Action

Fungsi utama dari call to action adalah untuk memberitahukan pada audiens tentang apa yang seharusnya mereka lakukan ketika menemukan iklan Anda (entah dalam bentuk tulisan, gambar, animasi, dan sebagainya) baik dalam promosi model softselling maupun hardselling. Karena setelah mereka menyaksikan sampai habis tentang video Anda, mereka butuh arahan tentang apa yang harus mereka lakukan selanjutnya untuk bisa terhubung pada Anda.

Contoh paling mudah dari bentuk call to action dalam video promosi di Instagram adalah bentuk swipe up atau cek profile pada konten yang diiklankan.

Selalu masukkan instruksi call to action yang jelas pada akhir video Anda agar upaya Anda menghasilkan video yang menarik tidaklah sia-sia.

Konten promosi dalam bentuk video merupakan kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis dan engagement dengan audiens Anda. Saya harap tips yang saya bagikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.