Kualitas foto atau presentasi produk yang menarik, akurat dan mampu menonjolkan keunikannya adalah hal yang pentin pagi penjual online.

Karena calon pembeli tidak bisa melihat dan menyentuh produk yang ditawarkan. Itu sebabnya foto produk adalah satu-satunya cara untuk menarik minat calon pembeli.

Walaupun produk yang Anda jual sangat cantik dan trendi, tapi produk Anda akan sulit terjual kalau kualitas fotonya buruk, pencahayaan gelap atau latar belakang yang kurang rapih. 

Memang tidak berlebihan bila ada anggapan bahwa kredibilitas sebuah toko online tergantung dari kualitas foto produknya.

Jika Anda menginginkan sebuah foto yang berkualitas dengan latar bekalang mewah yang Anda foto di studio yang Anda buat sendiri.

tapi tidak tau cara membuatnya, di artikel kali ini, akan membahas tips dan trik membuat studio mini untuk foto produk Anda. 

Berikut cara membuat studio foto mini :

Siapkan Produk

Produk yang Anda jual harus ditonjolkan dan terlihat sempurna dalam foto. Jika Anda menjual pakaian, setrikalah pakaian tersebut hingga rapih dan licin. 

Jika Anda menjual aksesoris, pastikan aksesoris tersebut sudah dilap dengan rapih dan bersih. pada dasarya ada teknik mengedit foto dengan berbagai aplikasi yang dapat membuat foto Anda terlihat maksimal. 

Namun penggunaan teknik editing yang terlalu berlebihan bisa merusak kualitas foto dan kualitas tampilan produk Anda.

Usahakan untuk menggunakan aplikasi editing hanya untuk detail-detail kecil sebagai finishing.

Gunakan Background

Gunakan background berwarna solid seperti putih atau abu-abu untuk menonjolkan warna, bentuk dan ukuran produk. 

Hindari menggunakan kertas yang memantulkan cahaya karena akan membiaskan warna asli produk.

Anda juga bisa menggunakan kain putih, art paper atau art cartoon lalu bentuklah bagian bawahnya seperti melengkung untuk menghasilkan background yang mulus dan pas.

Baca juga : 6 Instagram Software Automation Terbaik Untuk Bisnis Anda

Pencahyaan Yang Maksimal

Pencahayaan yang maksimal kunci utama dari semua foto. Seperti asal kata fotografer yang berarti “melukis dengan cahaya”.

Jika biaya terbatas, Anda tidak perlu membeli perlengkapan lighting yang mahal, cukup gunakan pencahayaan dari jendela sebagai sumber.

Anda juga bisa menggunakan lampu senter berwarna putih untuk menambah pencahyaan. 

Namun letakan lampu di posisi yang agak jauh dari produk, agar memberikan kesan natural.

Jika biaya bukan masalah, Anda bisa mulai menginvestasikan uang Anda untuk membeli perlengkapan studio lighting yang lengkap.

Yang terdiri dari lampu, soft-box, c-stand (tripod untuk lampu), dan trigger untuk kamera.

Reflektor

Anda bisa menggunakan stereofoam yang besar, berwarna putih sebagai reflektor. Anda juga bisa menggunakan alumunium foil yang ditempelkan pada kardus atau papan tipis. 

Fungsi dari reflector itu sendiri adalah memantulkan cahaya dari sumber cahaya, jadi setiap sudut produk mendapat pencahayaan yang baik.

8 Tips Pecah Telor Di Penjualan Pertama Anda : Baca disini.

Kamera 

Tentu saja tanpa kamera, tidak akan ada foto. Jika Anda tidak memiliki biaya lebih untuk membeli kamera, pakai kamera apa pun yang Anda miliki, maksimalkan fungsinya. 

Smartphone Anda bisa menghasilkan foto yang baik dengan pencahayaan yang maksimal. Disarankan untuk tidak menggunakan flash karena hasil foto akan terlihat datar.

Jika Anda menggunakan kamera saku atau DSLR, gunakan mode manual untuk mengatur aperture dan shutter speed kamera. Set aperture kamu di kisaran 8-11 untuk mendapatkan fokus yang menyeluruh. 

Kisaran nilai shutterspeed Anda adalah 1/40 – 1/250 detik. Atur ISO kamera Anda di posisi paling rendah, misalnya 100 atau 200.

Perlu dicatat, pengaturan tersebut hanyalah panduan yang tentunya disesuaikan lagi dengan pencahayaan.

Baca juga : Sebagai Pebisnis Online, Inilah Aplikasi Yang Wajib Anda Miliki.

Tripod

Umumnya, penjual toko online harus memperlihatkan produknya dari berbagai sisi yang jelas, makanya dibutuhkan tiga hingga lima frame foto untuk sebuah produk. 

Dengan tripod, Anda tidak perlu berulang-ulang mengatur posisi kamera, hanya perlu mengubah posisi produk. Pilih tripod dengan dudukan kamera dan kaki yang kuat agar kestabilan terjaga.

Editing

Ada beragam aplikasi untuk mengedit hasil foto yang Anda potret. Pilih aplikasi yang mudah digunakan sesuai dengan kamera yang Anda gunakan. 

Hindari melakukan editing yang berlebihan karena akan mengubah warna asli produk. Tentunya, Anda tidak ingin mendapatkan respon yang buruk tentang produk yang dijual, kan?

Selain foto produk yang menarik dengan kualitas yang baik, Anda juga bisa menggunakan sosial media sebagai tempat Anda untuk mempromosikan produk Anda.

Salah satu sosial media yang paling banyak di gunakan oleh pebisnis online adalah instagram. Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada di instagram untuk memperkenalkan produk jualan Anda secara detail. 

Instagram story salah satu fitur instagram yang bisa menaikan penjualan Anda, dengan memaksimalkan fitur ini Anda dapat memberikan informasi tentang produk Anda secara menarik.

Tips Membuat Instagram Story Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis : Baca Disini.

Selain itu Anda juga bisa meminta bantuan influencer untuk mempromosikan produk Anda di akun sosial medianya. 

Karena influencer memiliki banyak followers di sosial medianya sehingga peluang produk Anda terlihat oleh banyak orang akan lebih besar. 

Baca juga : Cara Endorse Artis Atau Selebgram Untuk Branding Dan Promosi Produk

Bukan hanya itu untuk menambah memaksimalkan usaha Anda dalam berbisnis online di instagram, Anda juga bisa mempelajari cara membuat konten yang menarik.

Sehingga konten tersebut mendatangkan banyak followers baru setiap harinya. kelas ini yang akan membantu Anda mewujudkan berbisnis sukses di instagram.

Manfaat ikut kelas ini :

  • Mendatangkan lebih banyak traffic untuk meningkatkan omset bisnis Anda.
  • Tau cara mendatangkan followers real dan tertarget.
  • Toko online dan bisnis Anda menjadi terkenal di instagram
  • Bisa membuat konten di instagram tanpa harus pusing memikirkan konten setiap harinya.

Anda juga akan mendapatkan ini :

  • Rahasia memproduksi konten yang mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan followers baru setiap harinya.
  • Rahasia mendatangkan interkasi di akun instagram Anda dan optimasi agar followers meningkat.
  • Rahasia melejitkan pertumbuhan followers di instagram tanpa ribet dalam waktu singkat.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan, agar produk Anda banyak di lirik oleh calon pembeli. Pilih cara yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ikuti trend yang sedang berkembang jadi Anda dapat melakukan inovasi baru terhadap produk Anda, sehingga produk yang Anda jual memang yang di butuhkan oleh calon pembeli. 

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.