Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha biasanya erat kaitannya dengan kata-kata sifat seperti penuh integritas, dedikasi, punya passion yang tinggi, disiplin, efisien, hardwork dan seseorang yang optimis. Ya, sifat-sifat tersebut memang penting untuk dimiliki oleh seorang pengusaha tapi bukan berarti orang yang kurang optimis tidak bisa menjadi pengusaha sukses. Lebih dari itu pribadi kurang optimis akan melihat suatu masalah dari banyak sudut untuk menemukan titik lemahnya kemudian menyiapkan rencana-rencana cadangan untuk mengantisipasi masalah itu.

Semua orang memang dibolehkan menjadi pengusaha mandiri, tapi tidak semua orang memiliki apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha. Berikut ini merupakan beberapa ciri atau sifat pada manusia yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Anda yang ingin punya usaha sendiri mulailah menyiapkan daftar catatan tentang mana saja karakter di bawah ini yang sudah ada pada diri anda dan mana yang harus dimunculkan. Sedangkan anda yang punya semua tanda sifat di bawah ini atau sebagian besarnya tapi belum jadi pengusaha, mungkin sudah saatnya anda membelokkan jalur karir anda.

1. Banyak Akalnya

Anda selalu berada dalam situasi di mana semuanya seperti berjalan seperti yang Anda inginkan? Mungkin anda pernah mendapati diri anda bisa bertahan hidup di tengah hutan ketika tersesat saat mendaki gunung bersama dengan teman-teman? Meskipun anda mungkin tidak pernah mengalami kejadian ekstrim seperti itu, poinnya adalah banyak akal merupakan salah satu sifat yang penting bagi seorang pengusaha. Karena dalam berbisnis pasti ada saat-saat di mana sumber daya yang dimiliki kurang ideal dengan yang dibutuhkan tapi mau tidak mau anda dituntut untuk senantiasa mampu memanfaatkan apa yang anda miliki.

2. Mudah Beradaptasi & Bersosialisasi

Sifat pengusaha yang bisa jadi kekuatan anda selanjutnya adalah mudahnya Anda beradaptasi terhadap lingkungan sekitar dan terbuka terhadap perubahan. Banyak pengusaha yang tutup buku karena gagal melihat adanya hal-hal yang harus dirubah untuk penyesuaian dengan kondisi pasar (atau malah menolak untuk merubahnya). Padahal, demi bisa meningkatkan penjualan, tentunya produk yang anda tawarkan harus bisa memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi bagi konsumen yang seringkali trennya berubah-ubah.

3. Punya Ketakutan

Pengusaha bisa jadi dicap sebagai orang yang ambisius dan tanpa takut padahal kalau anda lihat dari dekat, emosi itu sebenarnya didasarkan pada perasaan takut atau insecure. Setiap orang pasti punya ketakutan akan kegagalan, bedanya pada seorang pengusaha adalah perasaan ini kemudian digunakan untuk melakukan apa saja agar targetnya tercapai dan tingkat fokusnya jadi lebih tinggi dibanding pengusaha yang aman ada di zona nyaman.

4. Lebih Baik Meminta Maaf Daripada Meminta Izin

Ungkapan itu mungkin adalah ungkapan yang pas untuk menggambarkan perilaku Anda dalam banyak kesempatan. Nyatanya, seorang pengusaha sejati seharusnya nggak pernah puas dengan status quo dan selalu mengambil kesempatan yang menurutnya bisa memberikan pengaruh terbaik bagi usahanya. Ada risiko? Jelas. Tapi itulah pola pikir para pengusaha karena mereka yang selalu berurusan dengan risiko artinya adalah mereka yang aktif dalam mengejar peluang untuk pengembangan diri maupun bisnisnya.

5. Action, Action dan Action!

Menghabiskan banyak waktu berkutat dengan rencana bisnis dan membuatnya terlihat seindah mungkin akan menguras tenaga Anda. Kunci dari keberhasilan seorang pengusaha adalah berada di luar sana dan menjalankan bisnisnya, bukannya hanya menganalisa ini itu tanpa ada aksi berarti yang dilakukan. Anda mungkin banyak mempelajari teori tentang bisnis dari berbagai macam buku tapi pelajaran yang paling berharga adalah pengalaman yang Anda dapatkan selama menjalankan bisnis, bukan dengan membaca buku saja.

Semoga kelima tips di atas bisa menginspirasi terutama bagi anda yang memiliki minat terhadap dunia bisnis dan berencana terjun ke dalamnya tapi masih berpikir soal modal. Jangan khawatir, ada hal yang lebih penting dibandingkan uang yang besar dalam memulai sebuah usaha yang sukses, yaitu mindset/ pola pikir yang sesuai. Karakter yang sesuai. Jika karakter ini sudah ada pada diri anda masalah sukses tinggal menungggu waktu saja. Salam.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.