Melihat ke tahun 2010 hingga 2015, bisnis online identik dengan bisnis kecil dan tidak jelas potensi pasarnya. Karena kebanyakan yang bermain di bisnis online adalah beberapa toko online kecil dengan omset yang tidak menentu.

Namun kian hari, bisnis online semakin dilirik oleh banyak pengusaha dan digital marketing mulai dilirik sebagai salah satu metode yang mampu memasarkan bisnis mereka  dengan lebih efisien dan murah.

Perubahan proses belanja manusia dari konvensional atau off line ke digital dan semakin menjamurnya penggunaan media sosial berdampak pada banyaknya media dan bisnis konvensional terpaksa gulung tikar.

Koran mulai mengurangi produksi mereka, bahkan sudah ada yang melakukan PHK massal. Pemilik mall mulai mengeluhkan semakin lamanya balik modal untuk operasional sebuah mall. Pemilik toko ritel mulai mengeluhkan pembeli yang terus menurun, dan masih banyak lagi.

Bisnis konvensional yang tidak mampu menyesuaikan dengan perkembangan era digital akan terus tergerus dan mau tidak mau harus melambaikan bendera putih jika tidak menyesuaikan diri.

Persaingan mereka bukan lagi dengan sesama toko atau mall lain. Persaingan mereka sekarang adalah dengan internet, handphone, dan media sosial. Global Market.

Coba perhatikan, dalam sehari seberapa banyak manusia yang membuka smartphone lalu menemukan barang-barang unik di media sosial? Dan sudah terbukti tak sedikit dari mereka yang akhirnya membeli barang tersebut secara online.

Dibandingkan dengan mall, berapa kali seminggu seseorang mengunjungi mall? Itu pun mungkin cuma sekali saat akhir pekan dan di lokasi mall yang berbeda-beda.

Jumlahnya tentu jauh lebih banyak orang yang berbelanja lewat online dibandingkan berbelanja di mall.

 

Jika sebuah bisnis konvensional tidak mampu mengubah strategi marketing mereka menjadi digital, tak perlu menunggu lama untuk bisa tergeser karena pelanggan mereka ‘direbut’ oleh pemasar-pemasar online tadi.

Jadi digital marketing itu sangatlah penting. Kian hari, jumlah pebisnis yang terjun ke dunia online akan semakin banyak dan persainganpun akan semakin ketat.

Tentu semakin lama anda menunda belajar digital marketing, semakin besar juga peluang anda dikalahkan oleh pesaing-pesaing Anda.

Semoga menginspirasi!

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.