Bisnis online di zaman sekarang mungkin sudah menjadi sebuah hal lumrah, bahkan terbilang mudah untuk membuka bisnis online. Anda hanya memerlukan sebuah smartphone dan koneksi internet untuk memulai berbisnis online.
Apakah berbisnis online perlu modal? Ya, karena tidak ada bisnis yang tidak memerlukan modal begitupun bisnis online yang berbasis dengan koneksi internet. Modal yang dimaksud tidak harus berupa uang, tetapi modal dalam bentuk lain. Smartphone, koneksi internet, relasi bahkan konsistensi juga terbilang sebuah modal yang harus Anda miliki.
Saat Anda memulai berbisnis online, mungkin Anda bingung bagaimana untuk memulai bisnis online. Anda tidak perlu stock barang sementara waktu, Anda bisa menjadi seorang dropshipper atau reseller. Selain tidak butuh stock barang, Anda juga bisa menaikkan harga jual sesuai keinginan Anda.
Sebelum membahas apa itu reseller dan dropshipper, apa saja keuntungan dan kerugiannya. Disini akan membahas aplikasi apa saja yang harus Anda miliki untuk memulai berbisnis online.

 

1.Aplikasi Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain, menjadi aplikasi yang wajib Anda miliki untuk memulai berbisnis online. Karena, saat ini orang atau target market Anda lebih sering membuka media sosial untuk mencari barang yang mereka butuhkan dibanding mereka harus menggunakan kolom search di Google.
Bukan berarti kolom search di Google tidak berguna untuk mencari barang, tetapi biasanya kebanyakan orang atau target market beranggapan lebih mudah untuk mencari barang yang mereka inginkan di media sosial.
Cara berjualan atau pemasaran di media sosial pun termasuk mudah, Anda hanya melakukan aktifitas rutin seperti upload produk atau konten yang berkaitan dengan apa yang ingin Anda jual di media sosial Anda. Sebisa mungkin, bedakan akun media sosial pribadi dengan akun untuk berbisnis online, kenapa? Supaya Anda bisa fokus dalam mengupload barang yang Anda jual dan tidak menjadi sebuah postingan yang di anggap spamming oleh followers Anda yang mungkin kebanyakan adalah teman Anda di dunia nyata.
Media sosial Anda harus memiliki followers yang tertarget atau orang – orang yang membutuhkan barang yang Anda jual, supaya kemungkinan besar terjadi penjualan di akun media sosial Anda. Cara pemasaran pun di zaman sekarang sudah banyak, bahkan Anda bisa menggunakan jasa untuk memanage pemasaran akun media sosial Anda.
Jadi pastikan Anda memiliki akun media sosial untuk berbisnis online.

 

2. Aplikasi Chatting

Setelah Anda memiliki media sosial, Anda juga harus memikiki aplikasi chatting online sebagai komunikasi Anda dengan calon customer. Aplikasi yang bisa Anda install di smartphone Anda itu seperti Whatsapp, Line, atau Bbm. Untuk Line, Anda bisa menggunakan line@ guna menunjang bisnis online Anda. Selain bisa dikhususkan untuk berbisnis, aplikasi line@ juga terpisah dari akun Line pribadi Anda. Jadi Anda tidak akan terganggu dengan postingan-postingan lain, Anda hanya fokus untuk memposting produk yang Anda jual.
Whatsapp sendiri pun sekarang sudah memiliki akun khusus bisnis, bernama Whatsapp Business. Akun line@ bisa multiple atau lebih dari satu akun didalamnya, bahkan admin pun bisa lebih dari satu akun. Kalau untuk WhatsApp Business hanya bisa di kelola oleh 1 admin, sama seperti akun pribadi.
Anda bisa melakukan transaksi atau tanya jawab seputar produk Anda dengan calon customer di aplikasi chatting tersebut, selain menghemat pulsa karena menggunakan akses internet juga. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa mendapatkan database lengkap dari calon customer yang sudah menjadi customer, dan Anda bisa melakukan promosi sekaligus dengan cara broadcast.

 

3. Aplikasi Photo Editor

Ini salah satu aplikasi wajib yang harus Anda miliki saat berbisnis online, dengan aplikasi ini Anda bisa membuat calon customer tertarik dengan produk yang Anda jual. Karena tugas Anda adalah memposting produk yang Anda jual di media sosial Anda, jadi sebisa mungkin Anda harus membuat calon customer Anda tertarik dengan foto produk Anda.
Buat foto produk Anda sebaik dan semenarik mungkin, Anda bisa foto produk Anda secara detail. Tampak depan, belakang, samping bahkan foto detail dari produk Anda yang Anda unggulkan dari pesaing Anda. Atur kecerahan, contrast ataupun hal lain yang dapat membuat foto produk Anda terlihat menarik. Anda pun bisa membuat foto itu menjadi kolase, jadi Anda bisa memasukkan tampak depan, belakang, samping bahkan detailnya dalam satu foto.
Hal itu bertujuan supaya calon customer bisa melihat langsung detail dan produknya dalam satu waktu, tidak harus mencari-cari foto lain untuk melihat produk Anda secara detail. Dalam foto pun Anda dapat menambahkan keterangan produk yang Anda jual, baik dari kode produk, ukuran, warna dan lain-lain.
Untuk rekomendasi beberapa aplikasi Photo Editor yang bisa Anda download untuk menunjang foto produk Anda adalah Pic Collage (Photo Editor), Photogrid, Photo Editor Collage Pro dan Canva.

 

4. Watermark

Anda sudah tau apa itu watermark? Ya, watermark adalah penanda untuk produk Anda. Persaingan semakin ketat, pebisnis online semakin menjamur. Jika Anda tidak ingin foto yang sudah Anda ambil dan edit dengan susah payah dicuri oleh pesaing Anda, berikan watermark di foto produk Anda. Bisa berupa tulisan nama toko online Anda atau berupa logo bisnis Anda, aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat watermark adalah My Watermark, InstaMark, dan PicsArt. Anda dapat mengunduhnya di Play Store atau App Store.

 

5. Save Instagram Post

Ini merupakan aplikasi untuk mengunduh atau mendownload foto dari Instagram, jika melalui aplikasi Instagram langsung, Anda tidak akan dapat mengunduh atau mendownload postingan tersebut.
Aplikasi ini sangat berguna jika Anda adalah seorang dropshipper atau reseller dari produk yang Anda jual, karena Anda tidak perlu repot-repot lagi menscreenshoot satu persatu foto produk supplier Anda untuk Anda posting di akun bisnis online Anda.
Beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh atau download : InstaSave, InstaSaver dan Insta Download.

 

6. Aplikasi Tracking Paket

Saat terjadi penjualan di bisnis online Anda, pasti Anda akan menggunakan jasa pengiriman untuk mengirimkan produk Anda ke customer. Baik dalam kota maupun luar kota. Aplikasi ini juga berguna untuk bisnis online Anda. Karena Anda bisa memantau atau mengetahui kapan produk Anda diterima oleh customer melalui nomer resi paket dari jasa pengiriman yang Anda gunakan.
Tidak mungkin kan jika Anda harus menelpon pihak jasa pengiriman hanya untuk mengetahui keberadaan produk yang Anda kirim ke customer, jadi aplikasi ini mempermudah Anda untuk melihat sudah sampai sejauh mana produk Anda dikirim ke customer.

 

7. Aplikasi Mobile Banking

Bisnis online berbasis kepercayaan, tetapi jika Anda hanya percaya tanpa mencari bukti. Sama saja hal yang sia-sia, karena semua transaksi pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening Anda. Jika Anda memiliki aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk mondar mandir ke ATM hanya untuk mengecek apakah customer Anda sudah transfer untuk pembayaran atau belum.
Ini akan mempermudah Anda juga mempersingkat waktu Anda supaya tidak terbuang percuma hanya untik mengecek transaksi pembayaran. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan registrasi ke Bank terkait untuk mengaktifkan fitur ini.

 

8. Autotext

Dalam dunia online shop tidak bisa dipungkiri salah satu senjata utamanya adalah “chatting” dengan customer. Hal ini akan sangat memakan banyak waktu jika Anda lakukan secara manual dalam membalas chat.
Misalkan memberikan greeting messages, nomor rekening, format orderan, ucapan terimakasih, dan lain sebagainya. Jika Customer Anda sedikit mungkin hal ini tidak akan terasa, tapi saat orderan Anda melimpah maka akan sangat terasa jika Anda masih melakukan chat dengan manual.
Dibutuhkan satu aplikasi untuk membuat aktifitas chatting Anda menjadi mudah. Salah satu aplikasi yang memudahkan adalah “Selly.” Anda bisa download di Play Store atau App Store. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk:
  1. Autotext
  2. Cek ongkir otomatis
  3. Cetak label pengiriman
  4. Dan lain sebagainya.
Agar lebih efisien, Anda bisa langsung download semua aplikasi yang berguna untuk bisnis Anda.
Selamat mencoba 🙂

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.