Semakin berkembangnya teknologi di dunia, semakin banyak pula kecanggihan-kecanggihan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Salah satunya adalah media komunikasi yaitu media sosial, yang hingga saat ini sudah tidak bisa lepas dari perhatian masyarakat, khususnya para generasi muda. 

Media sosial pada awal kemunculannya memang hanya di gunakan untuk berkomunikasi, namun seiring berjalannya waktu media sosial kini di manfaatkan untuk berbisnis. Kenapa begitu? 

Karena di zaman yang sudah serba digital sekarang ini, hampir semua orang punya media sosial, seperti instagram, youtube, twitter, facebook dan masih banyak lagi. 

Dengan jumlah pengguna yang banyak dan akan bertambah setiap harinya menjadikan media sosial sebagai tempat yang paling efektif untuk berbisnis online dan memasarkan produk.

Karena strategi pemasaran terbaik adalah melalui online. 

Strategi pemasaran online yang di lakukan melalui media sosial, karena selain tidak berbayar tapi turut memiliki pengaruh yang besar.

Semakin banyak pengikut yang Anda miliki di akun media sosial bisnis Anda, maka semakin banyak calon konsumen yang akan melihat bisnis Anda.

Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak pemilik bisnis yang berlomba-lomba untuk meningkatkan followers yang ada di akun sosial media. 

Untuk meningkatkannya, Anda bisa meng-endorse selebgram/influencer untuk membantu Anda dalam memperkenalkan bisnis dan produk Anda. 

Apa itu Endorse

Endorse berasal dari kata endorsement yang artinya adalah mendukung atau setuju terhadap sesuatu. 

Endorse biasanya dilakukan oleh para artis, selebgram, dan orang-orang sejenisnya untuk mempromosikan produk yang dijual oleh suatu toko, perusahaan, atau online shop.

Endorse Bukan hanya untuk meningkatkan followers, tapi endorse juga dapat meningkatkan penjualan Anda tergantung dengan strategi endorse yang Anda pilih. 

Baca juga : Perhatikan Hal ini, Sebelum Memita Endorsement Ke Selebgram/Influencer. 

Jika bisnis Anda saat ini belum memiliki strategi online, maka Anda harus sesegera mungkin melakukannya. 

Melalui strategi pemasaran dengan cara endorse ini Anda akan membuat target pasar dari bisnis Anda menjadi lebih luas.

Lalu bagimana memilih strategi endorse yang tepat? Baca artikel ini sampai habis maka Anda akan tau tips endorsement yang tepat untuk bisnis Anda. 

Yang harus Anda pikirkan adalah endorse tidak selalu ke selebgram/influencer dan artis besar. Ada 2 hal yang harus Anda cermati :

1. Circle Besar

Circle ini adalah lingkaran, maksudnya circle besar itu mereka yang memiliki nama besar, seperti Artis yang sering tampil di TV, Selebgram dengan followers besar, atau Influencer yang memiliki pengikut tinggi.

2. Circle Kecil

Circle kecil ini adalah mereka yang sebetulnya dibilang artis bukan, dibilang selebgram juga bukan, tapi memiliki power kuat di lingkarannya.

Contohnya : Anda menjual produk kecantikan dengan nama brand beauty, kemudian Anda membuat akun sosial medianya dengan nama beauty-inaja.

Lalu Anda mulai memposting produk tersebut dengan penjelasan yang lengkap dan menarik. Anggap saja akun itu sudah siap.

Untuk strategi awal Endorse-nya, Anda tidak akan langsung ambil Circle Besar, karena di Circle besar itu jelas, biaya lebih mahal. Kecuali uang bukan masalah bagi Anda.

Jadi Anda bisa ambil Circle kecil, yang berada di daerah Anda. caranya bagaimana?

Pertama Anda harus mencari mereka yang related dengan produk Anda, yang pasti suka dengan dunia kecantikan dan mereka yang ingin menjadi cantik. 

Cari dan gaet orang yang suka ber-make up dan sering di mintai tolong untuk mendandani teman atau orang lain untuk berbagai macam acara.

Karena mereka yang punya power, mereka yang punya suara dan didengar oleh yang lain.

7 Cara Mendapatkan Followers Instagram Tertarget : Baca Disini.

Ini yang akan Anda dapat jika Anda sudah menemukan orang yang tepat di circle kecil : 

  • Foto dengan produk Anda secara profesional 
  • Menjelaskan produk Anda di caption dengan cara bercerita. 

Meskipun followers mereka cuma 1000, 2000 tapi karena mereka memiliki power di cirlce nya, itu akan menjadi kekuatan. Selain biaya yang cenderung lebih murah.

Bahkan bisa gratis. tapi cara ini sangat-sangat powerfull, untuk menarik orang-orang dibawahnya.

Setelah Anda menemukan circle kecil di tempat Anda, Anda sudah bisa mencari ke tempat lain. Tapi Anda harus ingat, jangan pikirkan seberapa banyak followers yang mereka punya. Lupakan itu dulu. 

Anda harus mengumpulkan lingkaran-lingkaran kecil ini menjadi banyak sehingga, sehingga foto-foto endorse di akun jualan Anda juga banyak, konten Anda punya variasi.

Setelah selesai, barulah mulai dengan masuk ke circle yang besar, ke kalangan artis, Selebgram atau Influencer.

Yang jelas punya followers dan fanbase yang tinggi dan related dengan produk jualan Anda.

Setelah berhasil dengan circle kecil Anda bisa menggunakan circle besar seperti memakai jasa selebgram/influencer dengan jumlah followers ratusan ribu bahkan jutaan followers

Dengan menggunakan circle besar pastinya Anda harus mengeluarkan banyak biaya karena endorse selebgram/influencer yang punya banyak followers dan sudah terkenal bayarannya pun akan lebih mahal. 

Karena bayarannya mahal, Anda jangan sia-siakan kesempatan ini, mintalah selebgram/influencer yang Anda pilih bekerja lebih keras lagi.

Anda bisa meminta foto dan video produk Anda dengan selebgram/influencer sebagai modelnya.

Beres melakukan endorse di 2 circle tersebut, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang iklan di sosial media yang Anda punya. 

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan semua fitur yang di berikan oleh setiap media sosial dengan maksimal. 

Baca juga : 4 Trik Efektif Cara Meminta Endorsement Ke Artis Dan Selebgram. 

Anda juga dapat menjalankan iklan paid promote di feed dan instastories akun Anda.

Dengan cara ini calon pelanggan akan melihat iklan Anda, dan membuka akun Anda, maka kepercayaan calon pelanggan terhadap akun, brand dan produk Anda akan tinggi.

Dalam mengelola bisnis di media sosial salah satu kuncinya adalah jumlah followers yang banyak. Kenapa begitu? Karena untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada produk dan bisnis Anda. 

Lantas, bagaimana meningkatkan jumlah followers tanpa ribet? 

Mudah sekali, Anda cukup mengerjakan tantangan selama 21 hari yang di berikan oleh Rico Huang dan Aaron Blenda di kelas 21HKIG. Setelah mengerjakan tantangannya Anda akan mendapatkan ini : 

  • Rahasia memproduksi konten yang mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan followers baru setiap hari.
  • Rahasia mendatangkan interaksi di akun Instagram Anda dan optimasi agar followers meningkat.
  • Rahasia melejitkan pertumbuhan followers di Instagram tanpa ribet dalam waktu singkat.

Bukan hanya rahasia itu yang bisa Anda dapatkan, Anda juga akan mendapatkan akun instagram dengan tampilan yang menarik.

Segudang ide konten siap di upload yang membuat akun instagram Anda ramai dengan pengunjung setiap harinya. 

7 Cara Promosi Produk Di Internet : Baca Disini.

Strategi pemasaran dengan menggunakan metode Endorse memang sangat efektif dan terbukti menghasilkan.

Namun Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilih selebgram/influencer yang akan Anda ajak bekerja sama. 

Ini yang harus Anda perhatikan sebelum bekerja sama dengan selebgram/influencer :

  • Teliti keaslian followers 
  • Sesuaikan dengan target pasar Anda 
  • Followers : berapa banyak yang megikutinya sebagai fans dan berapa banyak yang mengikutinya sebagai haters
  • Perhatikan kualitas konten yang di tampilkan
  • Pastikan jasa selebgram tersebut sesuai dengan bugdet Anda 
  • Pastikan selebgram yang Anda pilih memiliki banyak platform / sosial media 

Strategi-strategi ini bisa Anda terapkan dengan baik dan benar dalam bisnis online Anda.

Sehingga bisnis online Anda semakin berkembang. Anda harus ingat pilih startegi pemasaran yang memang sesuai dengan bugdet Anda.

Semoga bermanfaat! 

Jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.