Dalam dunia bisnis memanjakan pembeli hingga menjadi pelanggan setia adalah suatu tujuan yang ingin dicapai oleh para pemilik bisnis. Karena dengan adanya pelanggan setia, maka secara otomatis pengeluaran untuk promosi dapat ditekan dan juga bisa mendapatkan pemasukan dari mereka dalam waktu yang panjang. Disamping itu, pelanggan yang sudah loyal dan setia akan secara otomatis mempromosikan produk Anda kepada teman dan keluarganya yang artinya kita mendapatkan promosi secara gratis, sangat menyenangkan bukan?

Tetapi untuk mendapatkan pelanggan setia dan loyal, Anda perlu menyediakan produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan mereka yang selalu berubah. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu menyentuh sisi emosionalnya agar mereka betah dan setia dengan Anda, miriplah kaya menjalin hubungan Anda dengan si dia. Kesetiaan tercipta saat sisi emosional atau hati sudah tersentuh hehehe…

Untuk membuat mereka loyal dengan Anda diperlukan usaha yang tidak main-main dan perlu perhatian yang sungguh-sungguh. Apa yang kita tabur adalah apa yang nantinya kita tuai. Untuk membuat mereka loyal kepada Anda, ada beberapa hal yang perlu diterapkan dalam bisnis Anda.

  1. Gali Kebutuhan Pelanggan Lebih Dalam

Apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda? Untuk menggali hal ini lebih dalam di dunia online, Anda bisa menanyakan langsung kepada pelanggan, atau bisa juga melalui link untuk mengisi kritik dan saran ata pelayanan dan juga produk yang Anda jual.

Saat kita bisa memenuhi kebutuhan mereka secara baik, maka secara otomatis mereka akan bisa loyal dengan kita karena sudah tersentuh rasa nyamannya. Konon katanya dari nyaman akan berlanjut ke sayang… Saat dia mengeluhkan atas produk atau jasa Anda jangan pernah memotong omongannya, jangan lupa mengatakan maaf dan terimakasih untuk kemudian memperbaiki pelayanan kita kepada mereka.

  • Berikan Garansi Kepada Pelanggan

Semua orang yang melakukan jual beli atau bertransaksi pasti menginginkan rasa aman. Salah satu cara membuat mereka merasa aman adalah dengan memberikan garansi atas produk atau jasa yang kita jual. Garansi adalah jaminan bahwa barang atau jasa Anda memiliki kualitas yang bagus.

Saat produk atau jasa kita baik, maka jangan pernah takut memberikan garansi untuk waktu tertentu. Karena dengan garansi ini mereka merasa aman dan nyaman dan bisa membuat mereka menjadi loyal kepada produk atau jasa Anda.

  • Berikan Bonus Kepada Pelanggan

Pada dasarnya pelanggan di Indonesia menyukai “bonus”. Jangankan mereka, kitapun pasti menyukai semua hal yang berhubungan dengan bonus. Anda harus senantiasa berpikir dan mengembangkan sistem bonus kepada pelanggan secara kreatif. Misalnya, 10 kali belanja, dapat 1 bonus “powerbank” (pikirkan produk atau jasa yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan Anda, agar mereka menginginkan bonus tersebut).

Gunakan sistem yang membuat pelanggan mengejar bonus yang ada, sehingga mereka akan kembali dan kembali lagi. Misalnya, jika pelanggan berhasil mengumpulkan 10 kupon (yang didapat jika ia berbelanja sebesar minimal tertentu), ia akan mendapatkan sebuah bonus. Hal ini akan mendatangkan pelanggan setia, karena pelanggan akan mengunpulkan kupon untuk mendapatkan bonusnya.

  • Perhatikan Hal-Hal Kecil

Layaknya seorang wanita, pelanggan pun senang diperhatikan dari hal-hal yang kecil. Apalagi jika mereka mendapatkan perhatian dari hal-hal personal dan berarti. And abis amemberikan penawaran menarik via chat secara personal saat dia ulang tahun ataupun di hari hari besar tertentu.

Dengan cara itu mereka merasa diperhatikan oleh Anda dan kemungkinan besar akan menjadi loyal kepada produk atau jasa Anda.

  • Gunakan Bahasa Yang Mudah Dimengerti

Jangan gunakan berbagai istilah bisnis yang tidak dipahami oleh kalangan umum, seperti “Anda mau pakai COD atau installment?”;  “Anda mau tipe X710 atau model Chungcing 107”? Bahasa “dewa” seperti ini belum tentu dipahami oleh pelanggan Anda. Karena itu, sederhanakan bahasa Anda dalam proses komunikasi dengan pelanggan. Mereka tidak peduli dengan istilah internal perusahaan Anda, apalagi jika hanya Anda dan tim Anda yang mengerti. Mereka hanya ingin memahami produk yang mereka beli, lalu menikmatinya.

  • Berikan Potongan Harga atau Diskon

Memberikan potongan harga di awal merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian para pelanggan. Namun, seringkali setelah tak ada potongan harga lagi, pelanggan pun ikut lenyap. Agar tak terjadi seperti itu, Anda disarankan untuk tetap memanjakan pelanggan dengan memberikan diskon. Misalnya, dengan membuat kartu diskon untuk pelanggan setia (dengan program membership). Jadi, pelanggan tertarik untuk menjadi “pelanggan setia” itu, demi program diskon yang hanya diberikan kepada member itu.

  • Dengarkan dan Tampung Keluhan Pelanggan

Saat pelanggan mengeluarkan uneg-uneg, kritik, atau keluhan dan saran dengarkanlah baik baik dan tampung keluhan mereka. Jika mereka menyampaikan dalam sebuah chat, tetap respon dengan baik dan gunakan emot senyum.

Karena bagaimanapun masukan dari mereka adalah vitamin untuk memperbaiki kinerja dalam bisnis Anda. Jangan mudah tersinggung pada apa yang dikatakan pelanggan. Siapkan catatan khusus yang berisikan seluruh keluhan dan kekesalan pelanggan Anda, bahas catatan keluhan tersebut dengan seluruh staf Anda, pastikan setiap keluhan ditindak lanjuti, dan perbaiki segera bisnis Anda berdasarkan masukan tersebut.

  • Cepat Tanggal (Fast Respons)

Di era sosial media ini banyak sekali pelanggan yang mengeluhkan produk atau jasa sebuah brand di dalam sana. Jika Anda mendapati hal tersebut maka balaslah keluhan mereka dengan cepat. Lakukan hal yang sama saat mereka sedanag menanyakan produk atau jasa Anda di sosial media atau aplikasi chat.

Semakin cepat respons Anda maka akan semakin merasa nyaman mereka berinteraksi dengan Anda, sehingga semakin besar kemungkinan penjualan terjadi dan menjadi pelanggan yang loyal.

  • Periksa Kualitas Produk Anda

Anda sudah melakukan banyak penjualan di awal, tapi kenapa tidak ada repeat order padahal Anda telah memberikan gimmick berupa hadiah dan juga diskon?

Jika hal ini terjadi bisa jadi produk atau jasa Anda tidak membuat kangen atau malah lebih parah lagi, bisa jadi produk Anda jelek dan membuat pelanggan kapok beli produk atau jasa kepada Anda.

Oleh sebab itu lakukanlah pemeriksaan produk secara berkala, jika perlu berikan survey kepada pelanggan atas kepuasan dari produk atau jasa yang Anda jual. Dengan begitu kualitas produk dan jasa yang Anda jual dapat selalu terjaga dan memungkinkan pelanggan untuk beli lagi dan lagi.

  1. Sampaikan Value Perusahaan Anda

Untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan akan bertahan lama di pasaran, mereka harus bisa menghidupkan nilai perusahaan. Salah satu caranya yaitu melalui pelayanan kepada pelanggan. Anda dapat menunjukkan apa dan bagaimana bisnis Anda melalui tata cara dan teknik Anda dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Setiap karyawan yang dimiliki harus tahu cara ini, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan bertemu dengan salah satu pelanggan Anda di luar sana.

Anda pun juga bisa mengadakan gathering khusus kepada pelanggan Anda, sehingga tidak hanya bertemu di dunia online tapi juga berkomunitas di dunia offline. Dengan begitu tingkat loyalitas mereka akan lebih erat dengan brand Anda.

Dengan 10 cara ini Anda bisa membuat pelanggan menjadi loyal dan kembali lagi kepada Anda.

21 Hari Kuliah Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.