Di era yang semakin maju ini, hampir semua orang menggunakan Media Sosial. Entah untuk berbisnis, mencari uang, atau kesenangan. Tergantung pribadi masing-masing, kalau Anda termasuk yang mana? Apapun itu, manfaat Media Sosial di zaman sekarang sudah terbilang sangat penting. Mungkin dulu hanya untuk sebuah eksistensi semata, atau hanya sekedar “punya” akun Media Sosial. Supaya saat kumpul bareng teman bisa menjawab nama akun Media Sosialnya jika ditanya, bukan begitu?
Belakangan ini fungsi Media Sosial bukan hanya sebuah platform untuk ketenaran, tetapi juga bisa dijadikan untuk mengembangkan bisnis Anda. Karena Media Sosial sudah menjamah ke berbagai kalangan, baik usia muda bahkan sampai yang usia lanjut. Jadi, jangan heran kalau hampir semua orang itu bisa memiliki lebih dari 1 akun di 1 platform Media Sosial, entah untuk branding atau untuk berbisnis.
Platform apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan bisnis Anda, bukan hanya sekedar eksistensi diri Anda sendiri. Jadi, sebisa mungkin manfaatkan platform Media Sosial tersebut dengan bijak, jangan sampai Anda menggunakan platform Media Sosial hanya untuk menyebarkan berita hoax atau berita yang belum tentu benar adanya.
Menurut data yang sudah di himpun oleh beberapa peneliti Media Sosial, saat ini hampir 40% orang di Indonesia sudah menggunakan Media Sosial. Anda bisa bayangkan market yang Anda tuju, sebanyak apa? Jadi ini kesempatan Anda memanfaatkan keuntungan dari Media Sosial tersebut untuk kemajuan bisnis Anda, jangan sampai kesempatan ini Anda hilangkan begitu saja.
Beberapa platform Media Sosial yang banyak digunakan saat ini adalah:

 

1. Youtube

Anda pernah mendengar istilah Youtube lebih dari TV? Yap, ini bisa dibilang benar, bisa juga salah. Tergantung persepsi Anda ingin melihat dari sudut pandang yang mana, yang beranggapan benar kah, atau salah.
Apakah Anda tahu kalau Youtube memiliki 1 miliar penggguna aktif didalamnya? Dan apakah Anda tahu kalau dalam 1 bulan, rata-rata orang menghabiskan waktu untuk menonton Youtube lebih dari 6 miliar jam. Jadi Anda bisa kalkulasikan berapa nyamannya saat orang menonton Youtube, karena mereka rela menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam 1 hari hanya untuk menonton konten di YouTube.
Pada tahun 2017, pengguna YouTube di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 49% pengguna aktif. Kenaikan yang sangat fantastis, karena mungkin informasi yang diberikan bisa lebih gamblang diterima oleh calon konsumen Anda.
Artis, stasiun televisi, Industri musik dan perfilman biasanya memanfaatkan Youtube untuk melakukan branding atas produk mereka. Jadi, saat Anda melakukan branding di YouTube, maka market yang Anda tuju untuk produk Anda sudah ada di kolam. Setelah sudah ada di kolam, Anda hanya perlu untuk memancing emosional calon konsumen supaya produk Anda di kunjungi oleh market yang Anda butuhkan.

 

2. Facebook

Platform Media Sosial yang satu ini bisa dibilang sarang market dari produk Anda, ada sekitar 106juta pengguna Facebook aktif setiap bulannya. Sementara 41% aktif setiap hari, Facebook juga menjadi salah satu platform Media Sosial terbanyak setelah YouTube. Penggunanya sekitar 48% dibawah YouTube yang 49%, kalangan di Facebook pun bermacam-macam. Dan Anda bisa melihat biografi pengguna dari usia, lokasi bahkan pekerjaan mereka untuk melihat market yang sesuai dengan produk Anda.
Anda dapat menaikan branding Anda di Facebook dengan cara memasang iklan berbayar atau biasa disebut dengan Facebook Ads. Karena memiliki pengguna terbanyak setelah YouTube, Facebook bisa Anda manfaatkan untuk melakukan branding dan penjualan untuk produk yang Anda jual. Jadi manfaatkan market yang ada untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang dengan cara melakukan iklan berbayar atau Facebook Ads.

 

3. Instagram

 

Siapa yang tidak mengenal Instagram? Anda? Sudah pasti harusnya Anda mengetahui soal platform ini, Media Sosial yang banyak digandrungi oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Instagram lebih menitikberatkan kepada visualisasi konten, jadi jika Anda ingin berbisnis menggunakan platform Media Sosial Instagram. Anda harus bisa membuat konsumen tertarik dengan produk yang Anda posting, jika Anda hanya posting sesuai keinginan Anda dan terlihat tidak menarik. Konsumen pun akan malas untuk melihat produk yang Anda jual.
Di Instagram ada yang namanya Instagram Ads, Anda bisa menargetkan konsumen Anda sesuai insight produk Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan Selebgram atau orang yang memiliki followers banyak seperti artis atau model untuk membantu memasarkan produk Anda dengan cara Endorse. Anda juga bisa menggunakan jasa Paid Promote untuk membantu Anda memasarkan produk Anda sesuai dengan target audiens Anda.

 

4. Twitter

Dahulu sebelum ada Instagram, mungkin Twitter bisa dibilang sebagai platform Media Sosial dengan pengguna teraktif. Tapi setelah muncul Instagram, beberapa pengguna beralih ke Instagram sebagai media branding diri mereka atau produk mereka. Eitsss, jangan salah. Ternyata masih ada pengguna aktif di Twitter, sekitar 38% orang di Indonesia masih aktif menggunakan Twitter untuk mencari informasi atau bahkan barang yang mereka butuhkan.
Twitter memiliki Twitter Ads untuk media pemasaran produk Anda di Twitter, atau Anda dapat menggunakan jasa Buzzer untuk mengiklankan akun Anda. Dengan 140 karakter yang dimiliki Twitter, Anda akan dengan mudah membuat konsumen tertarik dengan tulisan Anda. Jadi manfaatkan copywriting untuk membuat konsumen tertarik dengan produk yang Anda jual.

 

5. Google+

Menurut penelitian, sekitar 36% orang di Indonesia menggunakan Google+ sebagai Media Sosial mereka. Mereka bisa mendapatkan informasi berupa biografi diri konsumen, bahkan sampai rekomendasi tempat yang asik untuk liburan. Selain itu Google+ bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda, karena platform Media Sosial ini dibuat oleh Google. Maka secara tidak langsung, pihak Google pun akan membantu anda untuk memasarka produk Anda, mungkin saja produk Anda bisa tampil di halaman awal Google jika Anda menggunakan platform Media Sosial besutan Google ini.
Fitur yang dimiliki oleh platform Media Sosial Google+ ini hampir sama dengan Facebook dan Twitter, Google+ lebih tertuju pada penyampaian kata-kata untuk melakukan branding atau penjualan. Tapi jangan salah, kebanyakan pengguna Google+ adalah orang-orang yang aware terhadap konten yang terdapat didalamnya. Dan kebanyakan pengguna Google+ adalah orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan jabatan yang tinggi di perusahannya, karena Google+ bisa menjadi bahan perkenalan diri mereka selain LinkedIn.

 

5 Platform diatas bisa menjadi sarana Anda untuk memasarkan produk Anda, jadi sebisa mungkin Anda manfaatkan platform Media Sosial tersebut dengan baik untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda. Dan, pilihlah platform Media Sosial yang Anda rasa cocok dengan target market Anda. Karena, 5 Platform Media Sosial tersebut, sudah memiliki cara masing-masing untuk memasarkan produk Anda.
- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.