Sudah tau kan kalau saat membuat Instastory di Instagram bisa membuat polling? Ya, Polling atau Jajak Pendapat di Instastory selain untuk membuat followers atau calon konsumen Anda melihat dan penasaran dengan postingan atau produk Anda. Bisa juga dijadikan suatu alat untuk membuat kepercayaan followers atau calon konsumen meningkat, bahkan bisa juga menjadi alat dimana Anda menciptakan peluang  sebuah pilihan atau masukkan yang diinginkan pada followers atau calon konsumen.

Polling atau Jajak Pendapat saat ini memiliki 2 tipe, yaitu :

  1. Memilih pendapat atau masukan
  2. Penggeser emoji

Sebelum melanjutkan, Anda harus mengetahui dulu bagaimana Polling atau Jajak Pendapat ini bekerja. Biasanya 1 akun hanya dapat mengambil suara 1 kali disetiap Anda melakukan Polling atau Jajak Pendapat, jadi usahakan apa yang akan Anda buat Polling atau Jajak Pendapat memang menarik bagi followers atau calon konsumen Anda.

Yuk kita bahas cara kreatif memaksimalkan Polling atau Jajak pendapat di Instastory akun bisnis Instagram Anda.

  1. Gunakan Sebagai Feedback atau Umpan Balik

Bagaimana Anda dapat mengetahui kepuasan konsumen jika tidak bertanya langsung dengan konsumen Anda? Nah Polling atau Jajak Pendapat ini bisa dijadikan Alat supaya Anda mengetahui bagaimana kualitas bahkan respon dari konsumen Anda setelah membeli produk Anda, atau mungkin seberapa tertariknya followers atau calon konsumen Anda dengan produk yang Anda tawarkan.

Dalam hal ini biasanya yang harus Anda lakukan adalah memberi pilihan kepada konsumen atau followers Anda untuk menjawab Polling atau Jajak Pendapat yang Anda lakukan, misal Anda  post produk unggulan Anda dan memberi  pilihan untuk konsumen atau Followers bahkan calon konsumen Anda untuk sebuah Feedback. Atau bisa juga jika Anda memiliki produk baru yang akan launch atau Anda memiliki design produk terbaru yang Akan Anda jual nantinya. Dari Polling Instastory tersebut Anda dapat mengetahui bagaimana respon Followers atau calon konsumen, dan model seperti apa yang mereka inginkan.

Membawa suara followers atau konsumen bahkan calon konsumen untuk terikat terhadap produk Anda, akan membuat Anda mengerti bagaimana sebenarnya yang diinginkan pasar dari produk Anda. Tapi jangan lupa, Polling ini bersifat sementara. Sama halnya seperti Instastory pada umumnya, hanya bertahan selama 24 jam. Setelah waktu Polling yang Anda buat berakhir, jangan lupa untuk membagikan hasilnya kepada konsumen, followers atau calon konsumen Anda. Kenapa? Karena disitu mereka juga akan mengetahui, kalau Anda tidak hanya memberi mereka pilihan untuk menjawab.Tetapi Anda juga akan menjawab apa yang mereka butuhkan dari Polling yang Anda lakukan, seperti contoh dibawah ini. Akun tersebut tidak hanya membuat Polling, tetapi juga membagikannya setelah dia mendapat jawaban dari Followersnya

Terlihat bukan bagaimana akun tersebut membagikan ulang hasil dari Polling yang dibuat, ada alasan kenapa seperti itu. Jika hasil dari Polling tersebut bisa membuat dampak untuk perubahan positif dari akun Anda, biarkan Follower, Konsumen bahkan calon konsumen Anda mengetahui perubahan yang akan Anda buat. Mereka pun akan merasa dihargai jika jawaban yang sudah mereka lakukan memberikan dampak positif. Disitu akan terjadi interaksi yang lebih sering terhadap apapun yang Anda posting.

  • Gunakan untuk mempelajari Followers

Apa Anda yakin bahwa Anda sudah mengerti bagaimana kriteria followers yang Anda miliki? Bagaimana Anda mengetahui tentang followers Anda? Mudah, berikan mereka pertanyaan. Kriteria followers yang dimiliki itu berbeda-beda, Polling adalah cara terbaik jika Anda ingin mengetahui akan hal tersebut. Apa yang mereka suka, tidak suka, bahkan sesuatu yang ingin mereka sering lihat dari sebuah postingan Anda. Apa mereka lebih suka melihat konten produk saja? Tips dan trik? Atau kegiatan Anda dibalik layar dari produksi yang Anda lakukan. Semua akan Anda ketaui dengan bertanya kepada mereka.

  • Manfaatkan Menuju Link (Swipe Up)

Di Instastory Anda dapat menambahkan link eksternal yang menuju ke suatu situs yang sudah Anda buat, mungkin website Anda atau mungkin langsung menuju ke kontak Whatsapp Anda. Semua tergantung link apa yang Anda letakkan di instastory Anda, pilih website atau kontak Anda untuk link tersebut. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan Polling terlebih dahulu, bagaimana maksudnya? Posting produk terbaru Anda yang akan launching, buat Polling dimana Anda menyuruh followers Anda untuk menebak berapa kisaran harga yang akan Anda bandrol untuk produk terbaru Anda. Kemudian setelah itu, Anda tampilkan hasil jawaban mereka lalu buat Instastory baru dengan menambahkan link eksternal untuk memberi kepastian berapa harga produk Anda tersebut. Seperti ini contohnya :

Gambar diatas menunjukkan berapa kisaran harga untuk pakaian tersebut, dan setelahnya memberikan link eksternal untuk menuju website atau kontak untuk memberi kepastian berapa harga pakaian terserbut. Atau Anda dapat membuat perbandingan harga produk Anda lebih murah dibanding dengan pesaing Anda, tentunya dengan produk yang sama.

Setelah mereka selesai menuju link yang Anda masukkan, buat kembali Instastory dengan Polling tentang jawaban mereka. Lebih besar atau sesuai dengan harga yang Anda bandrol untuk produk tersebut.

Jadi selain Anda membuat mereka menebak, Anda juga harus membuat bagaimana hasil jawaban mereka. Sesuai atau tidak.

  • Gunakan Emoji Slider

Anda ingin membuat Polling dimana bukan hanya mendapat 2 pilihan jawaban? Bisa, gunakan fitur Emoji Slider. Bukan hanya sekedar Emoji Slider, Anda dapat memberikan nilai untuk pilihan tersebut. Misal Anda membuat posting Instastory tentang produk unggulan Anda, Anda dapat meminta kepada Followers Anda berapa nilai dari produk tersebut. Maka dari itu Anda harus menuliskan juga berapa nilai dari kualitas produk tersebut untuk membuat Followers Anda menentukan sendiri tentang produk tersebut. Saya buat contoh untuk mempermudah Anda memahaminya, berikut contohnya :

Bukankah penilaian suatu produk itu penting untuk melihat bagaimana respon pasar?

  • Gunakan Polling Untuk Hiburan

Tidak harus selalu tentang produk yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah Polling, sesekali Anda harus membuat sebuah selingan atau hiburan supaya Followers Anda melihat bahwa dibalik akun bisnis Anda terdapat manusia yang juga memiliki seorang idola. Anda dapat memanfaatkan seorang artis yang mungkin memakai produk sama yang seperti Anda jual, dan buat mereka memilih siapa artis idola mereka. Selain mengetahui idola followers Anda, disitu juga Anda secara tidak langsung melakukan soft selling untuk produk yang Anda jual. Bisa saja mereka mencari barang yang dipakai sama seperti idola mereka, bukan begitu?

Sebuah akun luar yang memanfaatkan hal itu adalah “fanclubclothing”, selain menanyakan idola followersnya. Akun tersebut juga secara tidak langsung menjual produk yang digunakan oleh artis tersebut, berikut cotohnya :

Walau terbilang artis lawas atau artis yang terkenal pada era kejayaannya dahulu, tapi fokus mereka bukan kepada artisnya saja. Tetapi kepada pakaian yang artis tersebut gunakan, kalau pepatah berkata “Sekali dayung, 2 -3 pulai terlampaui”.

Jadi jangan sampai Anda tidak memanfaatkan fitur yang sudah disediakan Instagram untuk memaksimalkan bisnis Anda, salah satunya Polling atau Jajak Pendapat ini. Daripada Anda memusingkan hal yang belum pasti tentang pasar, ada baiknya Anda mencoba hal ini untuk melihat apa saja kebutuhan pasar tentang produk yang Anda jual.

lihat juga : https://blog.amelia.id/uncategorized/terapkan-10-tips-instagram-marketing-ini-agar-omzet-kamu-melejit/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.