Belum lama ini ada kabar mengejutkan dari kedua pendiri Instagram yaitu mereka akan mundur dari Instagram dalam waktu dekat. Dua pendirinya, CEO Kevin Systrom dan CTO Mike Krieger kabarnya memutuskan bakal mundur dari jabatannya masing-masing di perusahaan.

 

Alasan sebenarnya sampai detik ini belum diketahui. Tapi sumber berita dari The New York Time mengatakan bahwa Kevin Systrom dan Mike Krieger berencana istirahat sejenak setelah mundur dari perusahaan.

 

Walaupun seperti itu, instagram tetap menjadi primadona dikalangan anak muda karena fiturnya yang selalu update dan kekinian. Seperti halnya Whatsapp, walaupun Jan Koum (founder whatsapp) lebih dulu memutuskan mundur dari perusahaan pada bulan April 2018, whatsapp tetap menjadi salah satu aplikasi chat dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa daya tarik Instagram ada pada goto dan video yang selalu diunggah oleh penggunanya baik untuk keperluan narsis, eksistensi, show off, maupun jualan. Semua difasilitasi dengan baik oleh aplikasi Instagram ini.

 

Gambar dan video di instagram membuat aplikasi ini mudah untuk menceritakan sesuatu ataupun menyampaikan pesan dari penggunanya kepada followers mereka. Hal ini juga yang dimanfaatkan onlineshop untuk melebarkan sayap dan memperluas market dengan menggunakan foto dan video.

 

Saya yakin Anda pun memanfaatkan Instagram untuk berjualan kan?

Jika belum saya sarankan segera taubat dan buatlah akun instagram sekarang juga sebelum Anda terlambat. Karena sosial media seperti instagram ini sangat bagus sekali dimanfaatkan sebagai salah satu chanel jualan Anda.

 

Saya bicara seperti ini bukan tanpa sebab. Karena saya pribadipun telah merasakan manisnya berjualan dengan Instagram dan mendapatkan milyaran dari sana. Bukan hanya itu, reseller saya dan para pembaca buku “Jago Jualan di instagram” (yang bisa Anda dapatkan GRATIS di bukujjdi.com) sudah merasakan manisnya berjualan di sosial media ini.

 

Sekarang saya akan memberitahukan Anda beberapa faktor yang membuat Anda harus memulai jualan di Instagram. Diantaranya adalah:

1. Instagram adalah Sosial Media yang Sangat Pesat Perkembangannya

Pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) Instagram tembus 1 miliar per Juni 2018. Pertumbuhannya paling signifikan dibandingkan Facebook dan Snapchat, yakni mencapai 5 persen dari kuartal ke kuartal (QoQ). Diketahui, pertumbuhan MAU Facebook tiap kuartal hanya 3,14 persen dengan angka terakhir 2,2 miliar. Sementara itu, MAU Snapchat saat ini 191 juta dengan pertumbuhan per kuartal 2,13 persen.

Dari data diatas, Indonesia masuk peringkat ke 4 sebagai negara yang paling banyak menggunakan Instagram dengan total 53 juta pengguna.

Masa kejayaan Instagram ini sudah jelas harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena banyak pengguna sudah pasti akan memudahkan Anda juga untuk mendapatkan banyak income.

Jika hingga detik ini Anda belum memiliki akun Instagram untuk bisnis, segeralah bertaubat dan mulai buat akun khusus untuk jualan di Instagram. Manfaatkan momentum terbaik ini.

 

2. Gambar dan Video

Jika diperhatikan kekuatan utama di Instagram yang awalnya hanya gambar saja, sekarang berkembang ke video juga. Apalagi dengan munculnya fitur Instagram story yang membuat engagemnet antara user dan followers semakin erat.

Gambar dan video inilah yang akan menjadi kekuatan kunci untuk memasarkan produk Anda. Pepatah “Dont judge a book by its cover” tidak berlaku di Instagram. Karena memang semuanya akan dinilai melalui tampilan.

Semakin jago Anda membuat tampilan menarik atau story behind the product dengan media foto, gambar, atau video, maka semakin mudah Anda menarik perhatian banyak calon pembeli di akun jualan instagram Anda.

Jangan sampai Anda mengabaikan hal ini dan menampilkan foto produk yang asal-asalan. Jika Anda melakukan itu, maka bersiaplah Anda akan ditinggal oleh para calon pembeli.

 

3. Sebagai Sarana Branding

Karena banyaknya anak muda yang menggunakan sosial media ini, dan kemampuan “viral” yang cepat. Maka Instagram sangat mudah untuk membuat brand Anda dikenal banyak orang. Tentunya dengan postingan foto atau video yang menarik dan mudah diingat.

Orang-orang bisa menikmati hasil karya Anda di Instagram. Jadi tidak berhenti pada produk fisik saja, melainkan juga produk jasa seperti photografer, designer, property designer, dan lain sebagainya.

Anda dapat dengan bebas leluasa menampilkan karya, produk, atau jasa Anda di Instagram. Jika produk, karya atau jasa Anda ditampilkan dengan baik dan memenuhi ekspektasi calon pembeli, maka Anda akan mendapatkan orderan yang berlimpah dari sosial media ini.

 

4. Mayoritas Pengguna adalah Anak Muda

Mayoritas pengguna Instagram adalah anak muda, jika market Anda adalah anak muda maka sosial media ini sangat cocok sekali untuk Anda. Masa muda adalah masa dimana mereka sangat kekinian, kepo dengan berbagai informasi, dan masih ingin menemukan jati diri.

Jika produk Anda cocok dengan persona seperti ini, maka sangat cocok akun Instagram ini untuk Anda. Manfaatkan sebaik-baiknya sosial media ini untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pembeli.

 

5. Minim Perang Harga

Instagram merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas. Sehingga Anda bisa bermain harga dengan leluasa, mereka lebih memilih kenyamanan dan keamanan dibandingkan dengan sekedar “harga murah.”

Caranya adalah dengan menampilkan foto, gambar, atau video yang bagus di feed atau Instagram story akun jualan Anda. Saya dan reseller dropshipaja.com sudah membuktikan berjualan di Instagram bisa mendapatkan profit lebih banyak dibandingkan dengan di marketplace.

Ilustrasinya seperti ini:

Anda pasti rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli sebuah iphone di store Apple karena tempatnya bersih, nyaman, dan juga garansi yang lebih kredibel dibandingkan dengan di toko biasa (distributor) yang asal usul barangnya belum jelas.

Rasa aman, nyaman, dan tampilan menarik inilah yang banyak dicari oleh para pengguna Instagram. Sehingga membuat Anda sebagai penjual juga nyaman berjualan disini dengan karakter orang yang rela membayar lebih untuk sebuah keamanan dan kenyamanan.

 

6. Promosi Sangat Mudah

Di instagram ini banyak sekali strategi yang bisa Anda terapkan dengan mudah hanya dengan modal gadget yang Anda pegang saat ini. Anda bisa membaca banyak tips dan triknya di website ini. Setelah banyak membaca, maka strateginya bisa langsung Anda terapkan dalam bisnis online Anda yang memanfaatkan Instagram sebagai chanel pemasaran.

 

7. Fitur Instagram for Business

Instagram mengeluarkan fitur business untuk Anda yang menjual barang disana. Dengan fitur Instagram for Business ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan data lengkap sehingga Anda mudah untuk mengambil keputusan strategi marketing selanjutnya.

Di fitur ini, Anda kan bisa mendapatkan data berupa:

  • Insight postingan mana yang paling banyak engagemnetnya dengan customer
  • Data orang yang melihat IG story dan jumlah impressinya
  • Jumlah engagement yang terjadi pada postingan Anda
  • Usia followers Anda
  • Waktu efektif posting yang sesuai dengan market Anda
  • Dan banyak lagi lainnya

Baca Juga : cara cepat jualan di instagram

Nah 7 alasan inilah yang membuat Anda harus cepat masuk ke Instagram untuk berjualan. Walaupun founder Instagram nanti jadi keluar, tapi sosial media ini akan tetap menjadi primadona untuk banyak orang, termasuk Anda.

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.