Sebelum membaca tulisan ini saya sarankan Anda untuk mengambil notes dan pen untuk mencatat hal penting dan insight yang Anda dapatkan. Karena dengan cara seperti itu, selain Anda membaca Anda juga menulis dan hal itu akan lebih memudahkan Anda dalam mengingat tips dan trik yang saya berikan.

Oke,

Salah satu strategi dalam instagram marketing yang bisa meningkatkan omset bisnis Anda adalah dengan cara endorse selebgram atau artis. Karena dengan pola ini maka produk / jasa Anda bisa dilihat oleh followers mereka yang banyak nan bejibun itu.

Dan itu tandanya produk / jasa Anda makin buanyak dilihat oleh netizen di dunia instagram. Walaupun sudah pasti Anda akan mengeluarkan budget lebih untuk melakukan strategi ini, tapi hal itu tidak mengapa asalkan keuntungan yang didapat lebih dari apa yang Anda keluarkan.

Keuntungan disini bisa jadi profit yang didapatkan atau juga branding dengan efek nama brand / OLshop Anda menjadi lebih diingat oleh orang lain.

Tapi sebelum Anda membayar selebgram atau artis untuk endorse, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Biar ga boncos boncos banget waktu bayar

1. Perhatikan Market Selebgram

Saat ingin membayar jasa endorse ke selbgram, Anda harus tahu dulu karakter selebgram tersebut dan followersnya. Karena ga mungkin kan Anda jualan hijab tapi endorse si awkarin atau younglex? Karena marketnya ga masuk!

Carilah selebgram yang memiliki ketertarikan yang sama dengan produk hijab Anda. Misalkan si ayuindriati atau ayupratiwi atau siapa aja deh selebgram yang berhijab nan cantik menawan.

Karena jika salah endorse orang yang terjadi yaitu pengeluaran yang berlebihan

 

 

2. Cek Engagement

Pasti Anda udah tau kan kalo sekarang di Instagram banyak yang jual followers fake. Orang biasapun bisa jadi selebgram ala ala sekarnag ini. Jadi cek engagement akun selebgram tersebut, cek dari jumlah like atau komentar. Engagement yang bagus itu biasanya memiliki likes rata-rata minimal 0,5% dari jumlah followersnya. Followers ga perlu banyak banyak amat sih gapapa, asalkan engagementnya bagus.

 

 

3. Riset Harga

Bandingkan harga satu selebgram / artis dengan yang lainnya. Perhatikan harga, jumlah followers, dan engagement yang tercipta. Setelah menemukan beberapa perbandingan, barulah eksekusi.

 

 

4. Cek Endorse yang Masuk ke Selebgram

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa endorse seorang selebgram, perlu Anda follow dulu si dia dan pantau IG story atau feed instagramnya dalam waktu 1 – 2 minggu. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui berapa banyak endorse yang masuk ke selebgram itu dalam kurun waktu 1 minggu.

Jika dalam 1 minggu banyak sekali endorse yang masuk dan terkesan menjadi spam baik di IG story nya ataupun feed instagram, lebih baik urungkan niat Anda untuk menggunakan jasanya.

Karena terlalu sering upload iklan akan membuat followers malas melihat dan cenderung lebih sering me-skip IG story atau feed instagramnya. Jika sudah begini, kemungkinan iklan produk Anda dilihat followers menjadi jauh lebih kecil jika tetap memaksakan menggunakan jasa selebgram tersebut.

 

 

5. Pastikan Stok Produk Anda Banyak

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan endorse, pastikan stok produk Anda berlimpah. Karena biasanya orderan akan melimpah setelah dipromosikan oleh artis atau selebgram.

Dengan 5 tips ini, akan meminimalisir Anda dari keboncosan. Tapi tentunya setelah eksekusi jasa endorse, lakukan evaluasi. Karena Anda bisa mengukur efektivitasnya setelah melakukan endorse. Padukan pola berbayar ini dengan pola gratisan dengan tools www.amelia.id .Perpaduan ini akan menghasilkan pola yang maknyus dengan waktu yang lebih terurus.

 

Selamat mencoba ^^

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.