Bukan sebuah rahasia umum lagi kalau Instagram di era sekarang bukan hanya sekedar untuk membagikan foto atau video dari aktifitas yang dilakukan, sekarang Instagram bisa dibilang sudah menjadi sebuah wadah atau tempat yang dijadikan oleh banyak orang untuk berbelanja. Sehingga banyak juga yang memanfaatkan hal ini untuk menjadikan akun Instagramnya menjadi akun berjualan atau membuat akun lain untuk berjualan, mungkin juga Anda adalah salah satu dari orang tersebut yang memanfaatkan media sosial ini.

 

Dari tujuan Anda yang mengubah akun Instagram Anda, ada langkah-langkah optimal yang harus Anda lakukan supaya bisnis Anda diketahui atau dikenal oleh target market Anda. Anda harus melakukan Instagram marketing untuk membuat bisnis Anda dikenal, banyak cara yang bisa dilakukan. Anda dapat membuat iklan dengan Instagram Ads atau Anda dapat melakukan endorsement ke salah satu influencer atau selegram untuk membantu Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda.

 

Endorsement memang sudah terbukti efektif untuk membantu memperkenalkan bisnis Anda bahkan mendapatkan penjualan dari cara tersebut, namun banyak juga yang beranggapan Instagram Ads lebih effektif. Karena Instagram Ads ini sudah dilakukan oleh kebanyakan penggiat bisnis, baik itu bisnis yang besar maupun yang kecil. Jika Anda jeli dalam memperhatikan iklan yang muncul di beranda Anda, Anda akan melihat bahwa Instagram Ads itu ada beberapa macam. Walau pada dasarnya konten yang dipasarkan hanya foto atau video, tapi tampilan yang dibuat beragam. Berikut akan dibahas tipe Instagram Ads yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan brand Anda:

 

  1. Photo Ads (Iklan Foto)

Iklan ini bisa dikatakan adalah sebuah tampilan iklan yang sederhana, karena seperti Namanya. Iklan ini hanya berupa foto dalam format persegi atau landscape dan hanya menambahkan caption untuk menjelaskan lebih lanjut maksud dari foto yang Anda post.

 

  1. Carousel Ads (Iklan Carousel)

Tipe iklan ini berbeda dengan tipe iklan diatas yang hanya menampilkan 1 foto. Yang membedakan adalah konten yang diupload tidak hanya satu foto saja, Anda bisa menggunakan 2 sampai dengan 10 foto bahkan Anda dapat mengkombinasikan dengan video juga. Iklan tipe ini biasanya dilakukan untuk menampilkan pilihan produk atau detail suatu produk yang Anda jual.

 

  1. Video Ads (Iklan Video)

Kebanyakan pebisnis online merasa bahwa foto saja tidak cukup untuk menjelaskan suatu produk yang dijual, karena visualnya terbatas. Biasanya mereka akan membuat cara lain supaya penyampaian tentang produknya jelas, mungkin Anda juga salh satunya. Yaitu dengan menggunakan video, karena konten ini bukan hanya sekedar visual saja. Tapi Anda akan memperkenalkan produk Anda secara audio visual, durasi maksimal yang bisa Anda upload adalah 60 detik. Formatnya pun bisa persegi atau landscape.

 

  1. Stories Ads (Iklan Cerita)

Tipe ini berbeda dengan jenis iklan sebelumnya yang sudah dijelaskan diatas, iklan cerita ini akan tampil dalam deretan Instastory. Iklan yang Anda buat akan muncul saat followers Anda atau target market Anda melihat kumpulan Instastory di akun mereka. Iklan cerita bisa dalam bentuk foto atau video.

 

Tipe iklan diatas adalah tipe iklan yang biasanya muncul di beranda semua pengguna Instagram, dan semua tipe iklan tersebut memiliki tombol yang akan menuju ke akun Anda atau website Anda. Tombol tersebut disebut CTA (Call-To-Action), penamaan tombol CTA tersebut pun beragam. Ada Apply Now, Call Now, Contact Us, Book Now, Download, Learn More, Send Message, Request Time, Shop, Get Directions, Sign Up, Listen Now, Watch More, Subscribe, Get Showtime, dan sebagainya.

Anda dapat memanfaatkan tombol CTA ini untuk meningkatkan traffic website, atau mengisi profil calon customer atau lain – lain. Gunakan sesuai kebutuhan Anda untuk meningkatkan penjualan Anda.

 

Nah dari tipe diatas mana yang lebih sesuai untuk memulai Instagram Ads? Kalau ditanya seperti itu, jawaban saya semuanya sesuai. Tapi Anda juga harus mempertimbangkan banyak faktor yang akan terjadi jika memilih mana tipe iklan yang ingin Anda jalankan, termasuk kecepatan internet target market Anda. Video, dibandingkan dengan foto, video itu memerlukan data lebih besar dan koneksi internet yang stabil. Karena jika koneksi internet yang kurang stabil, akan membuat video yang Anda post hanya terus menerus loading.

 

Foto pun juga memiliki kekurangan, walau terbilang lebih sedikit menggunakan data. Kekurangan yang terjadi jika menggunakan foto adalah pesan yang disampaikan lebih sedikit dan mungkin sebagian orang melihatnya kurang menarik, begitupun dengan carousel. Walau bisa slide dan memuat banyak foto, saat menggesernya pun terkadang memerlukan waktu untuk loading gambar atau video yang dijadikan satu.

 

Saran saya, jika hanya ingin menggunakan foto. Ada baiknya Anda menyampaikan pesan Anda secara jelas dengan foto yang Anda upload, buat gambar yang menarik. Supaya apa yang Anda maksud dengan promo iklan Anda menggunakan Instagram Ads bisa tersampaikan dengan baik di mata calon konsumen.

 

Anda masih bingung memilih mana tipe iklan yang ingin Anda gunakan? Baiklah, disini akan saya coba beri gambaran bagaimana Anda menentukan tipe Instagram Ads yang ingin Anda gunakan. Sebelum Anda memulai untuk mengiklankan produk Anda, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan Anda menggunakan Instagram Ads. Karena tujuan Anda beriklan itu penting, selain menentukan bagaimana nantinya iklan Anda akan ditampilkan. Hal itu juga sangan berpengaruh dengan harga pemasangan iklan Anda. Berikut ini saya coba jelaskan tipe iklan mana yang dapat Anda gunakan tergantung tujuan Iklan Anda

 

  1. Brand Awareness

Buat orang mengenal brand Anda, apa yang Anda jual dan bagaimana produk Anda. Buat Instagram Ads supaya orang bisa mengetahui tentang brand Anda, lalu tipe mana yang bisa Anda pilih untuk tujuan ini? Jika tujuan Anda adalah Brand Awareness, maka semua tipe Instagram Ads diatas bisa Anda gunakan.

 

  1. Traffic (kunjungan)

Tujuan iklan ini lebih untuk menaikkan traffic di website Anda, selain memperkenalkan brand Anda. Disini Anda juga akan memperkenalkan website Anda, dan menaikkan traffic website Anda supaya web Anda terbantu untuk naik ke page atau baris yang lebih tinggi di halaman google

 

  1. Engagement (Ketertarikan)

Tujuan iklan ini adalah untuk meningkatkan ketertarikan target market Anda untuk mengunjungi akun Instagram Anda, selain itu juga efektif untuk meningkatkan interaksi dalam post yang Anda upload. Anda bisa memilih tipe Instagram Ads dalam bentuk foto atau video untuk tujuan ini.

 

  1. Conversions (penjualan)

Ini sebenarnya adalah tujuan dari semua iklan yang dijalankan, yaitu meningkatkan konversi atau penjualan produk yang Anda jual. Anda dapat membuat target market Anda untuk melakukan pembelian dengan di toko online Anda, Anda juga dapat melacak berapa banyak transaksi yang terjadi jika Anda menggunakan Instagram Ads ini. tipe Instagram Ads yang bisa Anda pilih untuk tujuan ini bisa semua tipe.

 

  1. Reach (Jangkauan)

Reach berbeda dengan Brand Awarenes walaupun pada fungsinya sama yaitu menyebarkan informasi tentang bisnis Anda, tapi yang membedakan antara reach dan brand awareness adalah target market yang dibidik. Reach lebih mengarah kepada orang yang belum mengetahui tentang jenis bisnis Anda atau orang yang belum mengetahui produk Anda, kalau brand awareness lebih mengarah kepada mereka yang sudah mengetahui jenis bisnis Anda tapi belum mengetahui brand dan produk Anda. Bisa dikatakan bahwa, reach harus menjangkau lebih luas untuk target marketnya, sedangkan brand awareness lebih sedikit tertarget untuk marketnya.

baca juga : Sebagai Pebisnis Online, Inilah Aplikasi Yang Wajib Anda Miliki

 

Setelah ini Anda dapat memikirikan tipe Instagram Ads mana yang ingin Anda gunakan dan dengan tujuan yang seperti apa yang Anda inginkan untuk memulai beriklan

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS -
marketing instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.