Pada dasarnya ukuran untuk sebuah postingan Instagram mungkin hanya ukuran squre atau segi empat sama sisi, tapi setelah adanya fitur tambahan seperti Instastory, IGTV, dan Instagram Lives. Mungkin Anda harus mengira – ngira berapa ukuran yang tepat untuk memposting di fitur terbaru tersebut bahkan mungkin juga di postingan Anda.

Jika Anda masih mengira – ngira ukuran untuk sebuah postingan Anda, berikut saya beri gambaran berapa jenis postingan yang bisa Anda atur ukuranya sehingga memaksimalkan koneten yang Anda posting. Baik itu berupa gambar atau Video.

Tapi sebelumnya Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan aspek rasio dan Ukuran yang ditentukan oleh pihak Instagram. Pada dasarnya rasio ini biasanya berupa ukuan perbandingan seperti 4 : 5 atau 9 : 16, dimana digit pertama berarti lebar dan digit kedua itu tinggi.

Sedangkan untuk ukuran sama seperti rasio, yang membedakan hanya angka yang disebutkan berupa piksel. Misal ukuran persegi di Instagram adalah 1080px x 1080px, berarti ukuran tersebut memiliki tinggi 1080px dan lebar 1080px.

Pada dasarnya ukuran minimum yang mendukung untuk sebuah postingan Instagram adalah 320px dan 1080px, yang berarti jika ukuran gambar lebih kecil dari 320px maka secara otomatis pihak Instagram akan meresize menjadi 320px untuk tingginya. Begitupun jika misal lebar melebihi 1080px maka otomatis akan diperkecil menjadi 1080px sesuai standarisasi yang diberikan oleh pihak Instagram.

Tapi ada hal yang harus juga Anda ketahui untuk ukuran gambar konten sebuah postingan, sebenarnya pihak intagram menggunakan beberapa ukuran tersendiri. Sehingga gambar atau video yang ditampilkan di Instagram baik diaplikasi atau di website biasanya akan lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Jadi jika Anda posting gambar dengan ukuran 1080px maka gambar yang akan ditampilkan biasanya 1,81 sampai 2,24 kali lebih kecil dari ukuran sebenarnya, berikut contoh sebuah postingan yang memiliki ukuran lebar 1080px dan tinggi 1339px. Tetapi gambar yang muncul di Instagram dikompres menjadi 478.02px x 597.52px.

Kemudian Anda berpikir, lalu kenapa harus ada ukuran minimal jika nantinya akan di kompres juga? Pihak Instagram memiliki Cloud atau tempat penyimpanan data tersendiri, sama seperti smartphone yang memiliki memory. Batasan yang dimiliki pihak Instagram memang tidak diketahui, tapi dengan cara itu mereka meminimalisir over load untuk kapasitas penyimpanan mereka. Jadi lebih baik posting dengan resolusi tertinggi tetapi tidak terlalu tinggi, karena jika di kompres nantinya, gambar yang dihasilkan memilki kualitas yang baik dan masih nyaman saat dilihat.

Melanjutkan tulisan saya diatas, untuk ukuran postingan Instagram memiliki beberapa jenis yang dapat Anda maksimalkan untuk melakukan poting produk Anda. Beberapa jenis yang bisa Anda buat untuk konten Anda :

  1. Square Post atau Persegi

Pada saat pertama kali Instagram muncul di peredaran, banyak yang memberi respon positif. Dikarenakan konten yang akan di posting lebih menonjolkan sisi tampilan gambar untuk visualisasinya, ditambah terdapat caption yang bisa menjelaskan apa maksud dari gambar yang sudah diposting tersebut. Dan untuk ukuran, mungkin sampai saat ini square post atau persegi adalah ukuran yang masih sering digunakan. Walau sebenarnya ada ukuran jenis lain, rasio yang digunakan biasanya 1 : 1 atau bisa dibilang memiliki ukuran yang sama disetiap sisinya. Coba lah untuk memposting dengan ukuran 1080px x 1080px, kenapa? Supaya ketika pihak Instagram mengkompres ukuran foto asli, foto yang dipadatkan tersebut mendekati 600px x 600px.

  • Instagram Lanscape atau Horizontal

Selain dalam bebentuk persegi ada juga bentuk lanscape atau horizontal, gambar yang dihasilkan biasanya lebih melebar atau wide dibanding dengan foto persegi. Untuk rasio yang direkomendasikan adalah sebesar 1,91 : 1, tapi Anda dapat menggunakan rasio 16 : 9 untuk membuat tampilan wide atau lanscape atau horizontal. Untuk memastikan hasil supaya maksimal atau minimal tidak blur, lebih baik Anda menggunakan ukuran 1080px. Karena setiap foto yang diupload akan di kompres otomatis oleh Instagram, meminimalisir hasil yang kurang memuaskan.

Dibawah adalah salah satu contoh akun Instagram yang memposting dengancara landscape, ukuran foto asli sebesar 1636px x 1080px. Tetapi setelah diuplad dan di kompres oleh pihak Instagram menjadi 598px x 395px.

  • Potrait

Pada dasarnya ukuran rasio yang disarankan oleh pihak Instagram adalah 4:5, jika Anda melebihi Batasan tersebut. Maka secara tidak langsung foto Anda akan terpotong sesuai dengan ketentuan dari pihak Instagram.

Berikut salah satu contoh akun yang menggunakan foto Potrait untuk membuat postingan terlihat tinggi.

Setelah tadi saya jelaskan untuk postingan gambar atau foto, sekarang saya coba bahas untuk postingan video. Video juga terbagi atas square, horizontal dan portrait. Berikut penjelasannya :

  1. Square Video

Sama halnya seperti foto yang sudah dijelaskan di awal, untuk ukuran pun sama rasionya 1 : 1 , dan dengan ukuran 1080px x 1080px supaya hasil maksimal dan tidak blur saat di posting

  • Video landscape atau horizontal

Lebih mudah untuk membuat video dengan jenis seperti ini, Anda hanya cukup memiringkan handphone atau smartphone Anda untuk membuat video. Rasio yang disarankan sama seperti foto yaitu 1,91 : 1 dan 16 : 9,untuk ukuran coba biasakan menggunakan ukuran 1080pcx x 607pcx. Nanti hasilnya akan seperti ini

Video seperti ini biasanya digunakan untuk membuat film pendek atau thrailer, dengan bantuan aplikasi editing video supaya video yang dhasilkan lebih menarik karena membuat rasa penasaran.

  • Video Potrait

Untuk video ini memiliki rasio maksimal setar 4 : 5, itupun jika tidak dipotong atau oleh pihak Instagram. Untuk ukuran sebaiknya menggunakan ukuran 1080px x 1350pcx, dibawah saya berikan bagaimana tampilan jika ingin menggunakan video Potrait.

Video yang menggunakan portrait akan memiliki hasil yang lebih menarik, karena menampilkan 1 layar penuh tanpa ada kesan blur dibagian samping atau terpotong tampilannya.

Nah sekarang membahas untuk ukuran Instastory ya, saya juga akan memberi informasi berapa ukuran yang direkomedasikan oleh pihak Instagram untuk memposting di sebuah Instastory. Untuk rasionya memiliki minimum 1,91 : 1 dan maksimum 9 : 16

Menurut Anda mana yang lebih enak dijadikan sebuah post di Instastory? Kalau saya lebih memilih laya penuh, karena lebih jelas apa yang di post. Jika Anda ingin menggunakan layar penuh, saya sarankan menggunakan ukuran 9 : 16 atau 1080px x 1920px. Semakin jelas Anda membuat cerita pada postingan Instastory Anda maka semakin tertarik followers Anda melihatnya.

Bayangkan jika postingan yang Anda buat tidak jelas, apa followers akan tertarik untuk melihat? Saya rasa tidak, karena saya sendiri pun jika melihat postingan Instagram termasuk Instastory yang memiliki kualitas gambar kurang jelas. Saya akan langsung skip atau next dari postingan tersebut.

Baca Juga : https://blog.amelia.id/instagram/6-pola-menaikkan-engagement-dan-followers-di-instagram/

PRE-ORDER BUKU TEKNIK CLOSNG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.